BPO

Strategi Sukses dalam Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Convergence

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan satu hal yang penting dalam menjalankan sebuah usaha. Sebagai pemilik usaha, tentunya harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen. 

Hubungan yang baik terhadap pelanggan dapat membantu untuk mengetahui keluhan, kepuasan dan kebutuhan mereka. Tentunya menjaga hubungan dengan konsumen saat ini memberikan keuntungan lebih besar daripada mencari pelanggan baru.

Tidak heran jika banyak perusahaan yang semakin terpuruk karena pelanggan mereka berangsur meninggalkan perusahaan tersebut dan memilih untuk mencari perusahaan lain yang peduli kepada pelanggan-pelanggannya.

Maka jangan pernah biarkan pelanggan yang sudah datang pergi meninggalkan bisnis yang kamu jalankan. Jagalah hubungan tersebut dengan membangun interaksi yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Jika berhasil menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, bisnis akan semakin berkembang. Berikut ini adalah strategi yang dapat membangun hubungan yang baik terhadap pelanggan :

  • Berkomunikasi dengan baik

Dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, tentunya kita butuh komunikasi. Namun jangan hanya berkomunikasi dan merayu pelanggan di awal saja lalu membiarkannya pergi. Tetap menjaga komunikasi tersebut dengan meminta nomor kontak, email dan lainnya baik sebelum, selama atau setelah proses penjualan.

  • Berikan sesuatu yang melebihi harapan

Pelanggan yang datang juga membawa harapan tentang produk yang akan dibeli. Sebagai pemilik usaha, perlu berpikir satu langkah di depan pelanggan. Perusahaan juga perlu meningkatkan standar lebih dari apa yang ditawarkan. Berikan penawaran dan promosi, lalu berikan mereka lebih dari apa yang di promosikan. Berikan pelanggan kepuasan melebihi apa yang mereka duga. Ketika pelanggan terkesan, maka mereka akan kembali lagi.

  • Mendengarkan masukan dari pelanggan

Mendengarkan pendapat para pelanggan di media sosial akan membawa lebih banyak keberuntungan bagi usaha yang kamu jalankan.

Sebaik apapun ide bisnis yang kamu buat, selalu ada kemungkinan akan komentar-komentar negatif dengan usaha yang kamu jalankan, maka sangat penting untuk mendengarkan keluhan pelanggan dengan cermat.

Membangun hubungan dengan pelanggan adalah kunci kesuksesan dari sebuah bisnis dan tidak harus dengan bertemu secara fisik. Meskipun melakukan pertemuan secara fisik dengan pelanggan adalah merupakan hal yang utama.

Convergence.id kini hadir dengan memberikan solusi dan pengalaman terbaik dalam membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan yang baik. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi situs kami di Convergence.id.

More great articles

Customer Service

Layanan Customer Service Seperti Apa yang Dibutuhkan Di Masa Pandemi Covid-19?

Layanan Customer Service Seperti Apa yang Dibutuhkan Di Masa Pandemi Covid-19? Dalam memberikan pelayanan yang baik, Terutama di masa pandemi…

Read Story
Handling Call Center is Complicated, Just Focus on Your Main Business

Call Center Membuat Anda Lebih Fokus dengan Bisnis Utama

  Call Center Membuat Anda Lebih Fokus dengan Bisnis Utama   Call Center merupakan salah satu cara untuk memberikan kepuasan…

Read Story
Customer Service

Customer Service Menjadi Garda Depan Sebagai Pelayanan Publik

Customer Service Menjadi Garda Depan Sebagai Pelayanan Publik Seorang customer service memang bertugas untuk melayani setiap customer atau klien yang…

Read Story

Never miss a minute

Get great content to your inbox every week. No spam.

    Arrow-up