Engagement
July 15, 2021

Mengenal Apa Itu Customer Retention dan Keuntungannya

Mengenal Apa Itu Customer Retention dan Keuntungannya

Customer Retention merupakan suatu kegiatan dan tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengurangi Customer Defection. Adapun yang dimaksud dengan Customer Defection adalah Customer yang tidak lagi menjadi pelanggan tetap. Sedangkan Customer Retention adalah upaya tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan Customer agar tetap menggunakan produk dan layanan yang sudah disediakan oleh perusahaan. 

Adapun tujuan dari Customer Retention adalah untuk membantu perusahaan mempertahankan Customer agar loyal terhadap brand perusahaan. Kemudian apa keuntungan dari Customer Retention ini ? Berikut adalah beberapa keuntungan dari Customer Retention diantaranya :

Menaikan Profit Secara Efektif

Mencari customer baru tentu akan  membuat anda  harus mengeluarkan budget marketing yang cukup besar. Tidak heran banyak perusahaan besar sangat menjaga loyalitas konsumen. Dengan menjaga pelanggan yang sudah ada, anda tidak hanya akan menghemat budget marketing, anda juga akan mendapat keuntungan dari pembelian yang lebih banyak.

Loyalitas Pelanggan

Customer Retention berhubungan erat dengan loyalitas pelanggan. Dikarenakan Customer Retention merupakan usaha mempertahankan pelanggan dengan baik agar tidak berpindah ke brand yang lain. Jika anda berhasil melakukan ini, maka pelanggan akan memberikan testimoni yang baik untuk bisnis anda. Inilah yang akan mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap brand anda. Untuk itu diperlukan strategi yang tepat agar tujuan anda dapat tercapai.

Kedua Pihak Saling Diuntungkan

Customer Retention juga dapat menguntungkan kedua belah pihak, pelanggan akan mendapatkan keuntungan dengan benefit-benefit dari program Customer Retention ini.

Sebaliknya, anda sebagai pemilik perusahaan juga mendapatkan keuntungan berupa loyalitas pelanggan dan dapat mengakibatkan bertambahnya pelanggan baru. Keuntungan ini bisa menjadi untuk jangka panjang.

Customer Retention dapat anda perhitungkan untuk mengembangkan bisnis anda. Hal ini dikarenakan strategi Customer Retention dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan anda. Bagaimana ? tertarik dengan strategi ini ? Convergence.id dapat menjadi solusi dalam memberikan pelayanan  berkualitas terhadap pelanggan dan meningkatkan performa pada perusahaan anda. Anda bisa kunjungi situs kami di  Convergence.id atau bisa menghubungi kami di [email protected]  untuk informasi lebih lanjut.

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...