Perbedaan Call Center Dengan Contact Center?
Engagement
November 20, 2021

Perbedaan Call Center Dengan Contact Center?

Industri call center atau contact center saat ini sudah berkembang pesat dengan didukung teknologi terkini. Sebelumnya apakah Anda pernah mendengar kata call center atau contact center? atau sudah sering mendengar dua-duanya? Walau istilah call center dengan contact center ini terdengar sama, tetapi sebetulnya ada perbedaan antara kedua profesi ini. berikut beberapa perbedaan dari call center dan contact center.

Call Center adalah service komunikasi penyambung di antara pelanggan dan perusahaan. Penyambung ini sendiri umumnya dikatakan sebagai agent perusahaan dimana pekerjaannya adalah menangani panggilan telepon masuk, keluar, atau kombinasi. Biasanya juga menyediakan layanan lain seperti pemasaran jarak jauh, penagihan, dan fungsi lain terkait pelanggan. Operasional call center bisa bersifat in-house atau dialihdayakan ke vendor atau mitra eksternal yang ahli di bidangnya.

Sedangkan, contact center hampir serupa dengan call center, contact center ini sendiri gampangnya adalah penyambung untuk mengurus komunikasi di antara pelanggan dengan perusahaan dengan beragam service yang disiapkan oleh faksi perusahaan. Seperti layanan call center, contact center beroperasi di dalam organisasi atau dapat dialihdayakan ke mitra. Namun, bedanya, agen contact center berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran, seperti pesan, telepon, aplikasi, teks, email, media sosial, dan web.

Saluran Layanan Suara vs Digital

Seperti disebutkan di atas, perbedaan antara call center dan contact center adalah saluran layanan pelanggan. Agen Call center sebagian besar berkomunikasi melalui telepon, sementara layanan contact center dapat mencakup teks, obrolan web, obrolan video, media sosial, email, dan lainnya. Masing-masing saluran ini didukung oleh teknologi canggih dan dapat dioperasikan dari desktop masing-masing agent.

Layanan Pelanggan Yang Prediktif dan Proaktif

Dengan alat dan analitik baru, layanan pelanggan dapat lebih dari sekadar menjawab permintaan masuk. Memperhatikan perilaku pembeli memungkinkan untuk menjangkau dan menjawab pertanyaan bahkan sebelum panggilan masuk  ke agent.

Meskipun ini dapat dilakukan di Call center, dalam praktiknya, ini tidak berfungsi dengan baik. Pesan keluar dari agent Call center dikirim melalui telepon. Contact center memberinya kelonggaran pada customer untuk pilih cara paling nyaman yang mereka harapkan untuk selalu terkait dengan perusahaan.

Memberdayakan Self-Service

Di contact center, layanan mandiri juga dapat dilakukan melalui pesan teks dua arah, berbasis kata kunci atau dengan chatbot. Apa pun metodenya, layanan mandiri menurunkan waktu yang dihabiskan agent di telepon, yang mengurangi biaya dan waktu tunggu.

​​Customer Experience yang Lebih Baik

Dengan pelatihan agent yang efisien, profile pelanggan, teknologi dan taktik yang oke. Perusahaan bisa membuat pengalaman yang lebih bagus kembali untuk pelanggan setianya. 

Kini, Anda telah mengetahui bahwa call center adalah departemen yang melayani panggilan masuk dan keluar pelanggan, sedangkan contact center merupakan departemen yang menangani interaksi pelanggan masuk dan keluar melalui banyak saluran. Keduanya sama-sama penting untuk menunjang bisnis Anda.

Convergence.id menyediakan berbagai layanan call center untuk meningkatkan bisnis perusahaan Anda. Terutama dengan menyediakan layanan call center inbound dan outbound. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik disini

8 Responses

  1. Full Body Resistance Band Kit – The best and cheapest athletic gear available on the market today.

    Do a full body workout from the comfort of your home. You don’t even need a gym anymore!

    Save 50% OFF + FREE Worldwide Shipping

    Shop Now: https://ametathletics.store

    Thank You,

    Kieran

  2. Hey

    The New Powerful LED Flashlight is The Perfect Flashlight For Any Situation!

    The 3,000 Lumens & Adjustable Zoom gives you the wide field of view and brightness other flashlights don’t have.

    50% OFF + Free Shipping! Get it Now: https://linterna.shop

    Thank You,

    Tessa

  3. Hands Free Automatic Toothpaste Dispenser

    This is A 5 Star Product. With this you will brush your mouth with ease and style. Even your children would love to brush 3 Times daily!

    FREE Worldwide Shipping for a LIMITED Time

    Buy now: https://ecocoshop.online

    Many Thanks,

    Elvira

  4. I’d like to ask you a question. Would you be interested in having me promote your site and you don’t have to pay unless I get you results? Can we do a call this week so I can explain how it works? Email me here:[email protected]

  5. World’s Best Neck Massager Get it Now 50% OFF + Free Shipping!

    Wellness Enthusiasts! There has never been a better time to take care of your neck pain!

    Our clinical-grade TENS technology will ensure you have neck relief in as little as 20 minutes.

    Get Yours: hineck.online

    Many Thanks,

    Rueben
    CRM Convergence – Convergence

  6. Hi there

    Our Medical-Grade Toenail Clippers is the safest and especially recommended for those with troubles with winding nails, hard nails, two nails, nail cracks, deep nails, thickened nails etc..

    Get yours: thepodiatrist.store

    Thanks and Best Regards,

    Joycelyn

Comments are closed.

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...