Engagement
February 6, 2022

WhatsApp Business Meningkatkan Pelanggan

WhatsApp Business Meningkatkan Pelanggan

WhatsApp Business Meningkatkan Jumlah Pelanggan, Dalam melakukan suatu pemasaran kepada calon pelanggan, Anda harus menentukan menggunakan saluran apa yang tepat untuk mencapai target pelanggan Anda. Apakah menggunakan media sosial seperti Facebook atau Twitter atau mungkin LinkedIn? Atau mungkin menggunakan email dan menghubungi melalui telepon? Saat ini kita akan membahas mengenai salah satu platform berbasis teks yang juga memiliki banyak pengguna, yaitu WhatsApp.

WhatsApp menjadi salah satu saluran untuk melakukan pemasaran yang menarik. WhatsApp adalah aplikasi yang dapat membuat user mengirim pesan secara gratis kepada siapapun yang menginginkannya. Tidak hanya untuk mengirim pesan berupa teks, namun WhatsApp dapat digunakan untuk mengirimkan gambar, pesan suara, lokasi, video, dokumen, dan juga GIF. Bahkan Anda juga dapat melakukan panggilan suara dan video.

Saat ini WhatsApp juga menyediakan WhatsApp Business yang dibuat secara khusus dengan mempertimbangkan pemilik bisnis kecil sehingga dapat membantu perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan dan memberikan layanan pelanggan yang dapat dipersonalisasi. Aplikasi WhatsApp Business tersedia untuk Android dan iOS. Bisnis Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan secara efisien dengan dapat mengotomatiskan pesan, menyortir, dan juga cara cepat menanggapi pesan. Beberapa fitur yang terdapat di WhatsApp Business diantaranya adalah :

  1. Business Profile : Perusahaan dapat membuat profil bisnis dengan memberikan informasi yang bermanfaat seperti alamat, nama perusahaan, deskripsi bisnis, email, dan juga website.
  2. Quick Replies : dengan menggunakan fitur quick replies, perusahaan dapat menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering ditanyakan oleh para pelanggan dan yang sering Anda kirimkan sehingga dengan cara yang ini, Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan yang paling sering diajukan dalam waktu singkat.
  3. Automated Messages : sama seperti chatbots, dengan menggunakan fitur automated messages, Anda dapat merespons pesan para pelanggan Anda jam berapapun dan kapanpun bahkan diluar jam operasional perusahaan Anda. Atau Anda dapat membuat pesan selamat datang untuk memperkenalkan calon pelanggan ke bisnis Anda di awal percakapan sehingga terkesan personalisasi dan pelanggan akan senang berkomunikasi dengan Anda.
  4. Message Statistics : Anda akan mendapatkan insight mengenai seberapa banyak pesan yang berhasil dikirimkan dan dibaca oleh para pelanggan Anda.
  5.  Labels : fitur ini bisa memudahkan Anda dalam mengatur kontak atau obrolan dengan label sehingga Anda dapat menemukannya lagi dengan mudah berdasarkan label tersebut.
  6. Product Catalogue : fitur ini membuat pelanggan dapat melihat produk Anda di dalam WhatsApp tersebut. Fitur ini bisa menyortir beberapa produk tergantung dengan produk perusahaan Anda dengan maksimal 500 produk atau layanan. Setiap produk atau layanannya dapat menyertakan judul, harga, deskripsi, kode produk, dan tautan ke situs web perusahaan Anda.’

Setelah akun WhatsApp Business sudah siap, selanjutnya adalah memikirkan cara untuk menjangkau pelanggan Anda. Bagaimana bisnis Anda dapat menyesuaikan diri dengan menggunakan percakapan melalui WhatsApp. Gunakan percakapan yang lebih personal sehingga memberikan kesan bahwa konsumen sedang berbicara dan berkomunikasi dengan Anda. Tahap selanjutnya adalah mulai meningkatkan konsumen melalui WhatsApp Business.

Dengan menggunakan fungsi pesan otomatis, Anda dapat langsung mengirimi mereka penawaran promo. Namun, jangan lupa untuk menawarkan lebih dari sekadar pesan otomatis dengan penawaran promo, namun libatkan mereka sejak awal sehingga Anda dapat mulai membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh WhatsApp Business yang dapat menjawab kebutuhan perusahaan Anda terutama dalam meningkatkan konsumen, Convergence.id perusahaan yang menyediakan WhatsApp Business untuk menjadi salah satu solusi terbaik dalam memaksimalkan bisnis Anda. Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

 

 

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...