Kemampuan Customer Service
Engagement
February 13, 2022

Tips Meningkatkan Kemampuan Customer Service

Tips meningkatkan kemampuan Customer Service, Customer Service adalah salah satu bagian dari sebuah perusahaan yang berperan penting dalam melakukan pelayanan kepada pelanggan secara langsung. Posisi ini bisa dikatakan sebagai jembatan antara perusahaan dan pelanggan. Kepercayaan dan kesetiaan pelanggan bisa diraih lewat pelayanan customer service yang baik. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan kemampuan customer service. Simak enam tips berikut ini untuk membantu tim customer service memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para pelanggan.



Pahami betul skill dasar yang harus dikuasai

Sebagai seorang customer service, pada dasarnya ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki, yakni kemampuan untuk mengatur dan memilih apa yang dibutuhkan pelanggan. Dengan begitu, para pelanggan bisa puas dengan pelayanan atau informasi yang diberikan. Tim customer service harus memiliki beberapa keahlian untuk menunjang pekerjaannya.

Pertama, kesabaran dan perhatian. Kedua hal ini wajib dimiliki oleh customer service karena mereka akan berhadapan langsung dengan pelanggan. Pelanggan memiliki sifat yang berbeda-beda, mereka juga melakukan komplain dengan cara yang berbeda-beda. Jika customer service tidak memiliki kesabaran yang besar, akan besar pula kemungkinan perusahaan kehilangan pelanggan.

Selain itu, customer service juga harus memahami apa yang pelanggan butuhkan. Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu memahami apa yang dibutuhkan konsumennya. Hal ini bisa dimulai dari pihak yang langsung berhubungan dengan pelanggan, yaitu tim customer service. Jika pelanggan merasa dipahami dan didengar, mereka akan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Mereka pun akan menunjukkan loyalitas mereka dengan kembali membeli atau menggunakan produk dan jasa Anda.

Kemampuan customer service lain yang harus dimiliki adalah komunikatif dan responsif. Customer service harus mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan memberikan layanan yang responsif, ramah, serta menggunakan bahasa yang positif. Usahakan jangan membuat pelanggan menunggu terlalu lama dan berikan respons sesegera mungkin.

Aktif ikut training session

Ada baiknya tim customer service aktif mengikuti sesi training dan sharing. Kedua sesi ini bisa membantu meningkatkan kemampuan customer service. Dengan mengikuti sesi-sesi ini, tim customer service akan mendapatkan wawasan baru yang bisa diaplikasikan dalam pekerjaannya. Anda juga bisa bergabung dalam sebuah komunitas tertentu atau mengikuti webinar untuk menambah wawasan terkait pekerjaan Anda.

Up-to-date dengan informasi terkini

Sebagai orang yang selalu berhadapan dengan pertanyaan-pertanyaan pelanggan, customer service harus selalu mengetahui informasi terkini tentang hal yang terkait dengan perusahaan. Jika Anda bekerja untuk perusahaan yang menjual produk, pastikan untuk selalu tahu detail produk yang dijual dan menguasai setiap elemen cara kerja yang ada dan yang terjadi di dalam perusahaan.

Salah satu tujuan pelanggan menghubungi customer service adalah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang dijual. Dengan mengetahui segala informasi secara detail, Anda bisa menyampaikan informasi tersebut kepada pelanggan dan hal ini juga yang akan mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian.

Fokus pada tujuan

Tujuan utama dari tim customer service adalah memenuhi kebutuhan pelanggan. Saat pelanggan menghubungi customer service, terutama ketika mereka mengalami pengalam tidak menyenangkan mengenai produk perusahaan Anda, berusahalah untuk mengendalikan situasi dengan tenang dan fokus pada tujuan utama.

Meningkatkan kemampuan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Fokuslah pada tujuan dan evaluasi kinerja Anda untuk tahu bagian mana yang perlu ditingkatkan. Tim customer service yang memiliki pelayanan memuaskan bisa membuat pelanggan membeli produk yang Anda tawarkan. Terlebih lagi, mereka bisa merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.



Maka dari itu, penting untuk menguasai kemampuan customer service yang baik. Tak kalah penting adalah membekali tim customer service dengan sistem perangkat terbaik yang bisa Anda dapatkan dari Convergence.id. Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.



2 Responses

Comments are closed.

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...