Apa itu OMNI Channel
Article
February 20, 2022

Apa itu OMNI Channel

Apa itu omni channel, Perkembangan zaman dan teknologi mengubah kebiasaan belanja masyarakat. Untuk itu, produsen perlu menyediakan saluran pemasaran yang beragam demi memperkaya strategi pemasaran. Apalagi setiap harinya konsumen melihat berbagai konten dari media sosial. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan intensitas calon konsumen pada produk Anda sehingga saat memikirkan produk tertentu, produk Anda yang muncul pertama kali di dalam pikiran konsumen.

Apa itu OMNI Channel

Strategi yang menggunakan berbagai macam channel ini disebut dengan omni channel marketing. Sebenarnya, apa itu omni channel? Bagaimana cara kerja dan kelebihannya untuk bisnis Anda? Simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Apa itu omni channel?

Omni channel adalah strategi marketing lintas platform. Dengan strategi ini, pengiriman konten di berbagai platform bisa lebih selaras demi memberikan pengalaman konten yang lebih konsisten dan intens untuk konsumen. Strategi omni channel ini dilakukan karena konsumen modern tidak lagi bergantung pada satu platform dalam berbelanja.

Sering kali orang mengira omni channel itu sama dengan multi channel. Padahal, keduanya berbeda karena omni channel lebih menyelaraskan semua saluran yang ada, sedangkan multi channel merujuk pada banyak saluran untuk berinteraksi dengan konsumen.

Bagaimana cara kerja omni channel?

Dari satu website itu, konsumen juga bisa melihat ketersediaan barang di toko offline atau e-commerce yang menjadi mitra toko tersebut. Jadi, dari satu website, segala informasi mengenai satu barang bisa didapat dengan lengkap.

Bagi pemilik toko, sistem omni channel ini bisa memberi insight terkait produk apa yang paling laku terjual, bagaimana selera konsumen, dan lain sebagainya. Singkatnya, omni channel ini mempermudah pemilik toko mendapatkan demografi konsumennya.

Apa saja manfaat omni channel untuk bisnis?
  1. Integrasi berbagai channel, bisnis jadi lebih efisien

Omni channel adalah sebuah strategi yang berfungsi mempersatukan berbagai channel dalam penjualan bisnis ritel. Karena sudah disatukan dalam satu channel pusat, Anda bisa meningkatkan produktivitas bisnis Anda. Tak perlu lagi mengecek satu per satu masing-masing channel penjualan karena Anda bisa merekap dari omni channel ini. Jadi, waktu yang digunakan pun akan lebih efisien.

2. Bantu meningkatkan brand recall

Dengan strategi omni channel ini, Anda juga dapat meningkatkan konsistensi lintas platform. Konsistensi ini membawa konsumen untuk melihat keseluruhan platform yang ada sehingga strategi omni channel dapat memperkuat brand recall bagi konsumen Anda. Makin sering konsumen mengingat brand Anda, maka semakin meningkat pula kemungkinan konsumen membeli produk Anda.

3. Mendukung penyusunan strategi bisnis dari berbagai data akurat

Manfaat lain dari omni channel adalah mendukung penyusunan strategi bisnis Anda. Karena semua channel terpusat, Anda bisa melihat semua data konsumen dari satu channel saja. Misalnya produk apa yang paling disukai, demografi konsumen bisnis Anda, dan lain-lain. Anda pun bisa menyusun strategi pemasaran dari data yang akurat ini, misalnya dengan membuat promo menarik pada produk tertentu dan sebagainya.

4. Meningkatkan hasil penjualan bisnis

Jika loyalitas pelanggan meningkat, maka performa penjualan toko Anda juga akan lebih baik. Brand Anda menjadi brand yang pertama kali diingat konsumen karena tingginya intensitas paparan strategi pemasaran yang Anda susun. Hasilnya, penjualan akan meningkat dibandingkan dengan menggunakan strategi pemasaran non-omni channel.

Kini Anda sudah mengetahui apa itu omni channel dan pentingnya menghadirkan strategi omni channel dalam bisnis Anda.  Untuk mulai menerapkan omni channel pada bisnis, Anda bisa langsung menghubungi Convergence.id. Bersama Convergence.id, Anda bisa membangun customer experience yang lebih baik. Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

 

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...