CRM

CRM Manajemen Hubungan Pelanggan

Bemi Hary Sandi

CRM Manajemen Hubungan Pelanggan

CRM Manajemen Hubungan Pelanggan, Dalam dunia bisnis penggunaan CRM sangat diperlukan untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. CRM adalah kependekan dari Customer Relationship Management atau Manajemen Hubungan Pelanggan. Tanpa keberadaan CRM, sebuah bisnis tidak bisa memelihara ikatan dengan pelanggan yang mungkin akan berimbas pada hasil penjualan.

CRM

CRM adalah sebuah sistem yang dapat mengumpulkan data pelanggan, percakapan, dan produk-produk yang diminati oleh para pelanggan. Seluruh informasi tersebut akan tersimpan dalam satu database yang bisa diakses kapan pun. Sistem ini memungkinkan perusahaan atau sebuah bisnis untuk lebih mengetahui kebutuhan pasar jika dilihat dari para pelanggannya. Sebelum melangkah lebih jauh, ketahui dahulu apa itu CRM.

Pengertian CRM

CRM adalah sistem yang digunakan sebagai sarana pendekatan terhadap konsumen dengan berbagai cara. Salah satu contoh CRM adalah e-CRM atau yang disebut sebagai elektronik CRM. Sistem ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk terus terkoneksi dengan para pelanggannya, baik melalui web browser maupun email.

Tak hanya mampu menjaga hubungan dengan pelanggan, CRM juga dapat digunakan sebagai alat bantu manajemen kontak, proses alur kerja, dan produktivitas. Oleh karena itu, CRM tak hanya berhubungan dengan hasil penjualan, melainkan juga dengan kinerja para karyawannya.

Tahapan dalam CRM

Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga tahapan dalam penggunaan CRM, mulai dari mendapatkan pelanggan, memberikan nilai produk, hingga mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Berikut penjelasannya.

  1. Mendapat pelanggan baru

Proses pertama yang dapat dilakukan oleh CRM adalah memperoleh pelanggan baru. Hal ini bisa didapatkan dengan cara memberikan kesan yang baik pada pelanggan, sehingga mereka merasa disambut ketika mengunjungi bisnis Anda.

2. Memberikan nilai produk

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga manajemen hubungan pelanggan adalah dengan melakukan cross selling dan up selling. Cross selling merupakan upaya pemasaran yang dilakukan dengan cara merekomendasikan produk tambahan untuk melengkapi produk yang telah dimiliki oleh konsumen.

Sementara itu, up selling adalah teknik pemasaran dengan mempromosikan jenis produk yang sama dengan kualitas yang lebih baik. Kedua cara tersebut dapat Anda lakukan untuk meningkatkan intensitas hubungan dengan pelanggan.

3. Mempertahankan pelanggan

Tak hanya fokus mencari pelanggan baru, dalam berbisnis juga diperlukan kemampuan untuk mempertahankan pelanggan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara menanggapi setiap saran maupun keluhan dari mereka, serta melakukan evaluasi untuk memberikan produk dan pelayanan yang lebih berkualitas kedepannya.

CRM adalah manajemen hubungan pelanggan yang penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Berkaitan dengan CRM, Convergence.id sebagai perusahaan yang berkecimpung dalam peningkatan pelayanan dan kepuasan pelanggan, menyediakan berbagai solusi bisnis untuk usaha yang sedang Anda jalankan. Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

2 Comments

  1. hilya
    April 13, 2022

    program dari CRM bisa menggunakan loyalty point salah satunya

  2. Outbound Calls Meningkatkan Pelayanan Pelanggan - Convergence
    May 23, 2022

    […] Baca Juga : CRM Manajemen Hubungan Pelanggan […]

More great articles

Apa Itu Desk Collection dan Apa Tugasnya ?

Apa Itu Desk Collection dan Apa Tugasnya ?

Apa Itu Desk Collection dan Apa Tugasnya ? Apa Itu Desk Collection dan Apa Tugasnya ? Desk Collection merupakan salah…

Read Story
Customer Service

Layanan Customer Service Seperti Apa yang Dibutuhkan Di Masa Pandemi Covid-19?

Layanan Customer Service Seperti Apa yang Dibutuhkan Di Masa Pandemi Covid-19? Dalam memberikan pelayanan yang baik, Terutama di masa pandemi…

Read Story
Apakah perusahaan Anda sedang mencari partner outsourcing untuk call center yang tepat dan terpercaya?

Perusahaan Call Center Yang Tepat & Terpercaya

Perusahaan Call Center Yang Tepat & Terpercaya Apakah perusahaan Anda sedang membutuhkan layanan call center? Apakah perusahaan Anda sedang mencari…

Read Story

Never miss a minute

Get great content to your inbox every week. No spam.

    Arrow-up