CRM
Engagement
February 20, 2022

CRM Manajemen Hubungan Pelanggan

CRM Manajemen Hubungan Pelanggan

CRM Manajemen Hubungan Pelanggan, Dalam dunia bisnis penggunaan CRM sangat diperlukan untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. CRM adalah kependekan dari Customer Relationship Management atau Manajemen Hubungan Pelanggan. Tanpa keberadaan CRM, sebuah bisnis tidak bisa memelihara ikatan dengan pelanggan yang mungkin akan berimbas pada hasil penjualan.

CRM

CRM adalah sebuah sistem yang dapat mengumpulkan data pelanggan, percakapan, dan produk-produk yang diminati oleh para pelanggan. Seluruh informasi tersebut akan tersimpan dalam satu database yang bisa diakses kapan pun. Sistem ini memungkinkan perusahaan atau sebuah bisnis untuk lebih mengetahui kebutuhan pasar jika dilihat dari para pelanggannya. Sebelum melangkah lebih jauh, ketahui dahulu apa itu CRM.

Pengertian CRM

CRM adalah sistem yang digunakan sebagai sarana pendekatan terhadap konsumen dengan berbagai cara. Salah satu contoh CRM adalah e-CRM atau yang disebut sebagai elektronik CRM. Sistem ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk terus terkoneksi dengan para pelanggannya, baik melalui web browser maupun email.

Tak hanya mampu menjaga hubungan dengan pelanggan, CRM juga dapat digunakan sebagai alat bantu manajemen kontak, proses alur kerja, dan produktivitas. Oleh karena itu, CRM tak hanya berhubungan dengan hasil penjualan, melainkan juga dengan kinerja para karyawannya.

Tahapan dalam CRM

Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga tahapan dalam penggunaan CRM, mulai dari mendapatkan pelanggan, memberikan nilai produk, hingga mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Berikut penjelasannya.

  1. Mendapat pelanggan baru

Proses pertama yang dapat dilakukan oleh CRM adalah memperoleh pelanggan baru. Hal ini bisa didapatkan dengan cara memberikan kesan yang baik pada pelanggan, sehingga mereka merasa disambut ketika mengunjungi bisnis Anda.

2. Memberikan nilai produk

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga manajemen hubungan pelanggan adalah dengan melakukan cross selling dan up selling. Cross selling merupakan upaya pemasaran yang dilakukan dengan cara merekomendasikan produk tambahan untuk melengkapi produk yang telah dimiliki oleh konsumen.

Sementara itu, up selling adalah teknik pemasaran dengan mempromosikan jenis produk yang sama dengan kualitas yang lebih baik. Kedua cara tersebut dapat Anda lakukan untuk meningkatkan intensitas hubungan dengan pelanggan.

3. Mempertahankan pelanggan

Tak hanya fokus mencari pelanggan baru, dalam berbisnis juga diperlukan kemampuan untuk mempertahankan pelanggan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara menanggapi setiap saran maupun keluhan dari mereka, serta melakukan evaluasi untuk memberikan produk dan pelayanan yang lebih berkualitas kedepannya.

CRM adalah manajemen hubungan pelanggan yang penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Berkaitan dengan CRM, Convergence.id sebagai perusahaan yang berkecimpung dalam peningkatan pelayanan dan kepuasan pelanggan, menyediakan berbagai solusi bisnis untuk usaha yang sedang Anda jalankan. Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

One Response

Comments are closed.

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...