Apa Itu IT Service Management
Article
February 27, 2022

Apa Itu IT Service Management?

Apa Itu IT Service Management?

Apa Itu IT Service Management? Teknologi Informasi atau yang biasa kita sebut IT sudah menjadi komponen yang dapat membantu meningkat segala kebutuhan bisnis yang perusahaan miliki. Setiap perusahaan pastinya sudah memiliki layanan teknologi informasi mereka masing-masing dan tentunya ingin selalu memperbagus layanan tersebut.

Apa Itu IT Service Management

Diketahui juga bahwa dalam upaya memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, penerapan teknologi informasi sangat diperlukan sebagai alat bantu agar organisasi tersebut dapat lebih maju dan berkembang. Terdapat suatu proses atau metode yang bernama Information Technology Service Management (ITSM) yang memiliki banyak manfaat apabila dipraktikan dan juga dikembangluaskan oleh perusahaan atau organisasi yang menggunakan proses ini. Lantas, apa yang dimaksud dengan ITSM? Manfaat apa saja yang diperoleh dari penggunaan ITSM itu sendiri? berikut merupakan penjelasannya. 

Pengertian IT Service Management

nformation Technology Service Management (ITSM) atau Manajemen layanan TI sendiri singkatnya merupakan sebuah aktivitas yang mengacu dan terlibat pada proses membuat, merancang, mendukung, menyampaikan, dan mengelola siklus hidup layanan teknologi informasi itu sendiri. ITSM juga dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk mengelola sistem IT yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan IT terhadap perusahaan dan juga manfaat ITSM. ITSM juga dapat diartikan sebagai suatu kemampuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan. Berbeda dengan praktik manajemen IT yang biasanya lebih terfokus pada teknologi, seperti perangkat keras, jaringan, atau sistem. 

Apa Saja Manfaat dari IT Service Management ?
  1.  Meningkatkan Kualitas dan Efisiensi

Kualitas dan juga efisiensi merupakan hal yang selalu diinginkan dalam penyediaan suatu layanan. Dengan menggunakan IT Service Management sendiri dapat dipastikan akan memaksimalkan segala sumberdaya yang ada dan menjadikan tingkat keefisienan bertambah yang menghasilkan kualitas yang sempurna. Manajemen layanan TI juga menyediakan high quality dan technical support service yang berproses selama 24 jam penuh.

  1. Memberikan Pelayanan Extra dalam Pengalaman Pelanggan 

Tentunya customer experience menjadi salah satu aspek utama dalam menjadikan berkembangnya service yang diberikan oleh suatu perusahaan apalagi jika harus menggunakan layanan IT untuk memaksimalkan hal tersebut. Diketahui juga untuk menyelaraskan setiap aktivitas dan juga kebutuhan bisnis akan terjadinya proses strategi layanan membutuhkan sistem IT yang mumpuni. Sistem IT tersebut dapat juga membantu untuk menanggapi setiap laporan insiden ataupun permintaan layanan yang diterima. Dengan begitu, memiliki IT Service Management yang menjanjikan dapat menjadikan point plus dalam suatu bisnis atau perusahaan yang dijalankan. 

  1. Menghemat Waktu dan Bisnis Biaya 

Pastinya memiliki suatu service yang dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan waktu yang singkat dan juga tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya merupakan impian setiap perusahaan. Dengan menggunakan IT Service Management sendiri anda dapat mewujudkan impian tersebut. ITSM sendiri memiliki suatu proses yang bernama Manajemen Pengetahuan yang dimana dapat membantu menemukan kembali  informasi yang sudah pernah dimiliki dan menjadikan kebutuhan bisnis dalam melakukan informasi tersebut akan berkurang dan otomatis akan menghemat waktu pekerjaan. Dari proses Manajemen Pengetahuan ini sendiri nantinya dapat dikembangkan juga untuk mendorong penghematan biaya. 

  1. Membantu Meningkatkan Kolaborasi Antara Divisi Bisnis 

Dengan menggunakan IT Service Management sendiri, akan lebih mudah apabila suatu departemen atau divisi ingin membantu ataupun berkolaborasi dengan department lain dan tentunya akan lebih efektif kedepannya. ITSM sendiri dapat membantu departemen lain seperti Finance untuk meningkatkan dan juga mengoptimalkan IT Investment ataupun mereka dapat berkolaborasi dengan department Facility untuk meningkatkan dan juga memastikan kokohnya keamanan informasi yang dimiliki. 

Itulah penjelasan mengenai IT Service Management dan juga manfaat yang dapat diperoleh dalam penggunaannya. Convergence.id tentunya menyediakan solusi IT Service Managament untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan rencana bisnis anda. Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...