4 tips membangun Customer Relationship Management Untuk Bisnis Anda

4 Tips Membangun Customer Relationship Management Untuk Bisnis Anda

Pirman -

4 tips membangun Customer Relationship Management Untuk Bisnis Anda

4 tips membangun Customer Relationship Management Untuk Bisnis Anda

Customer Relationship Management atau CRM merupakan salah satu strategi yang efektif dalam membangun hubungan pelanggan serta meningkatkan penjualan.

Oleh karena itu, dibutuhkan management sistem yang baik dan efektif dalam mengelola hubungan dengan pelanggan.

Convergence merangkum 4 tips yang dapat Anda gunakan dalam membangun Customer Relationship Management yang efektif. Mari kita simak!

1. Tingkatkan komunikasi sama pelanggan

Hal ini sangat penting jika anda menyediakan layanan untuk pelanggan Anda. Tapi ketika Anda memberikan layanan jasa kepada pelanggan, maka pendekatan bisa sedikitĀ  lebih pribadi, dan meninggalkan kesan yang baik bersamaan dengan pengalaman yang positif.

2. Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Setiap hubungan perlu dijaga dengan baik supaya selalu erat, begitu juga dengan hubungan pelanggan. Pastikan Anda selalu terhubung dengan semua pelanggan Anda agar bisnis Anda selalu ada dalam pikiran mereka dan tidak berpindah kepada kompetitor. Caranya bisa dengan mengucapkan selamat ulang tahun, mengirimkan kartu hari besar agama, memberikan katalog produk terbaru, atau sekedar mengirimkan email tentang apresiasi Anda terhadap kepercayaan dan kesetiaan mereka.

3. Mengatasi Setiap Keluhan

Dalam menangani masalah semacam ini, Anda harus sudah membuat kebijakan internal yang diketahui dan dipahami oleh semua karyawan. Pengalaman negatif yang didapat sebelumnya akan menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas bisnis Anda.

4. Minta Feedback Secara Teratur

Cara yang lebih baik untuk mengembangkan hubungan pelanggan Anda adalah dengan meminta umpan balik atau feedback pelanggan secara terus-menerus, dan bahkan menggunakannya untuk meningkatkan produk atau layanan yang sudah ada, atau pada akhirnya menghasilkan yang lebih baik.

Pebisnis sukses pasti memahami konsep customer relationship dengan baik dan menerapkannya dalam bisnis mereka. Selain itu, pebisnis yang sukses juga pasti bisa mengelola keuangan usahanya dengan benar agar bisnisnya semakin berkembang.

Dalam meningkatkan hubungan Anda dan pelanggan, Anda memerlukan tools seperti aplikasi CRM (Customer Relationship Management) terbaik yang terintegrasi dengan omnichannel untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran bisnis. Convergence dapat menjadi solusi tepat untuk menjawab persoalan bisnis lebih optimal.

Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

More great articles

Layani Customer dengan Remote Customer Service

Melayani Customer dengan Remote Customer Service Setiap perusahaan memiliki customer service agent untuk menjawab berbagai kebutuhan oleh customer. Customer Service…

Read Story
CRM

CRM Manajemen Hubungan Pelanggan

CRM Manajemen Hubungan Pelanggan CRM Manajemen Hubungan Pelanggan, Dalam dunia bisnis penggunaan CRM sangat diperlukan untuk menjaga hubungan baik dengan…

Read Story
Strategi Desk Collection Dalam Penagihan di Masa Pandemi COVID-19

Strategi Penagihan Collection di Masa Pandemi COVID-19

Strategi Penagihan Collection di Masa Pandemi COVID-19 Masa pandemi mengubah pola interaksi suatu usaha dengan pelanggannya. Masyarakat lebih banyak menghabiskan…

Read Story

Never miss a minute

Get great content to your inbox every week. No spam.

    Arrow-up