Apa Itu Customer Service dan Apa Tugasnya?

Pirman -

Apa Itu Customer Service dan Apa Tugasnya?

Tips Menjadi Telemarketing Efektif

Ingin berkarir menjadi customer service? Jika iya, maka harus mengetahui tugas customer service terlebih dahulu. Seperti yang ada di beberapa perusahaan, bahwa customer service menjadi posisi yang paling diincar banyak calon pekerja.

Alasannya karena CS menjadi peran yang sangat penting pada suatu perusahaan. Customer service merupakan layanan perusahaan yang diberikan kepada pelanggan, baik itu sebelum maupun sesudah membeli maupun menggunakan layanan.

Dengan adanya CS atau customer service, maka pelanggan bisa lebih mudah dalam memperoleh berbagai produk maupun layanan. Pada zaman dahulu customer service hanya dapat memberikan pelayanan melalui telepon atau tatap muka langsung.

Biasanya tugas customer service dipegang oleh satu atau beberapa orang tergantung pada kebutuhan perusahaan. Semakin besar jangkauan pasar yang dituju, semakin banyak customer service yang dibutuhkan. Sehingga customer service dapat dikatakan sebagai mediator antara perusahaan dan konsumen. Maka dari itu tim yang satu ini harus memahami tugasnya. Berikut ini adalah tugas dan tips customer service profesional yang harus Anda pahami.

Pada dasarnya, CS mempunyai banyak peran dan fungsi di dalam suatu perusahaan. Paling tidak terdapat dua fungsi paling utama sebagai seorang CS, yaitu menjadi humas terdepan maupun menciptakan kultur perusahaan yang positif.

Tugas Customer Service

1. Sebagai Jembatan Penghubung yang Baik antara Perusahaan dengan Pelanggan

Dari pelayanan yang baik, pelanggan juga akan memberikan kepercayaan kepada perusahaan. Tugas ini meliputi menerima keluhan, konsultasi, hingga mencarikan solusi kepada pelanggan agar mereka lebih mudah mengakses produk perusahaan.

2. Sebagai Komunikator Perusahaan Kepada Pelanggan

Mulai dari memberikan informasi seputar produk, promosi, hingga membantu kesulitan pelanggan dalam mengakses produk tersebut. Semua informasi yang dikeluarkan harus akurat dan valid, sesuai dengan yang ditugaskan oleh perusahaan.

3. Membangun Hubungan Baik Dengan Customer

Tugas utama dari customer service memang membangun hubungan yang baik kepada para pelanggan atau customer. Untuk itu, CS harus memberikan pelayanan yang ramah maksimal dan juga penuh dengan senyuman.

Selain itu, juga bisa menenangkan customer. Jangan sampai terjadi perdebatan atau bahkan customer memarahi pelanggan. Untuk itu, tetaplah bersikap ramah meskipun menjumpai customer yang tidak menyenangkan.

Karena customer service adalah tempat pertama konsumen mencari informasi terkait produk perusahaan, Anda harus memahami semua informasi dasar yang dibutuhkan. Semakin banyak hal yang Anda miliki, akan semakin banyak pula penjelasan dan solusi yang bisa ditawarkan kepada konsumen. Anda dapat melakukan pelatihan dan konsultasi dengan senior atau orang yang bertanggung jawab dalam hal produk perusahaan.

Seringkali konsumen meminta hal-hal yang sebenarnya perusahaan Anda tidak melayani. Jika hal ini yang terjadi, Anda harus berhati-hati untuk tidak memberikan janji manis kepada konsumen. Meskipun niat Anda adalah agar mereka tidak kecewa dengan perusahaan, namun hal ini dapat mempertaruhkan reputasi perusahaan dan juga Anda sendiri. Terutama apabila Anda memberikan janji-janji atau informasi yang salah hanya untuk agar mereka tidak melanjutkan komplain.

Convergence.id menyediakan berbagai layanan Call Center terutama Call Center Customer Service untuk meningkatkan bisnis perusahaan Anda, Dengan dibekali para agent yang baik, berpengalaman, profesional dan handal. Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Pengertian Telemarketing dan Apa Tugasnya ?

Pengertian Telemarketing dan Apa Tugasnya ? Pengertian Telemarketing dan apa tugasnya ? Telemarketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang pada…

Read Story
Customer Relationship Managemen

CRM Sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan, Bagaimana Maksudnya ?

CRM Sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan Bagaimana Maksudnya ? CRM sebagai manajemen hubungan pelanggan, bagaimana maksudnya ? CRM adalah sebuah sistem…

Read Story
Telemarketing

Telemarketing Dapat Meningkatkan Brand Awareness Pada Perusahaan Anda

Telemarketing Dapat Meningkatkan Brand Awareness Pada Perusahaan Anda Brand awareness merupakan suatu istilah strategi pemasaran yang dapat menggambarkan tingkat kesadaran…

Read Story

Never miss a minute

Get great content to your inbox every week. No spam.

    Arrow-up