Mungkin sudah tidak asing lagi jika Anda berkunjung ke suatu tempat misalnya : kantor, bank, perusahaan, dan tempat-tempat lainnya melihat adanya Customer Service atau CS sebutannya. Terlebih lagi dalam dunia bisnis keberadaan CS sangatlah penting, makanya banyak pula saat ini yang menginginkan posisi tersebut. Untuk lebih memahami customer service artinya apa mari Kita simak penjelasan berikut ini!
Diantara faktor kemajuan suatu bisnis ternyata juga masih ditentukan dari customer service suatu perusahaan maupun kantor terkait. Sebuah layanan yang diberikan oleh perusahaan tertentu di mana tugasnya adalah sebagai pusat informasi, sarana konsultan, sarana pemecahan masalah bagi pelanggan atau klien.
Kenapa sebuah perusahaan atau kantor harus memiliki Customer Service?
- Keberadaan customer service merupakan representasi dari suatu brand image
Posisi CS ini sangat penting di garda depan karena dia berperan sebagai cerminan suatu bisnis terkait. Makanya CS dilatih untuk memiliki tanggung jawab dan peran yang besar sebagai wakil dari sebuah perusahaan.
- Tolak ukur untuk menghasilkan customer yang puas
Jika pelanggan puas dan bahagia dengan pelayanan CS maka sebagai Tim CS pun juga akan bahagia, puas dan percaya diri dengan kinerjanya. Karena memang tugas utama CS adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan. Mereka harus siap melayani dan menghadapi berbagai komplain.
- Memiliki peran penting sebagai konsultan
Segala pengaduan dari pelanggan baik permasalahan kecil atau besar selalu diajukan dan dituju langsung kepada customer service. Maka dari itu penting sekali keberadaan CS untuk menjadi konsultan di perusahaan terkait, dengan begitu CS dituntut juga untuk mampu memberi solusi bagi setiap masalah.
- Mengidentifikasi masalah
Keberadaan CS yang baik maka dengan mudah perusahaan tersebut dalam mengidentifikasi masalah yang ada. Data komplain yang didapat dari pelanggan bisa dijadikan acuan perbaikan.
Setelah mengetahui apa artinya kemudian pentingnya keberadaan CS dalam suatu perusahaan atau kantor, berikutnya coba amati kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang CS.
- MelayaniÂ
- Respek
Sebagai CS Anda harus memiliki respek yang tinggi kepada pelanggan, jadikan mereka orang yang sangat penting.
- MendengarÂ
CS harus bisa menjadi pendengar yang baik untuk pelanggan, dengan begitu CS dapat membantu memberi solusi terbaik.
- Pengertian
- Responsif
Artinya harus bisa memberi respon atau tanggapan setiap permasalahan pelanggan.
Semua komponen tersebut harus ada dan dilatih pada setiap Mereka yang akan menjadi customer service. Sebenarnya saat ini sudah terdapat perusahaan outsourcing yang menyediakan jasa dan tenaga kerja ahli. Misalnya saja Anda bisa mencari jasa CS lewat convergence.id.
Demikian beberapa penjelasan tentang customer service artinya apa dan hal-hal terkait lainnya. Semoga bermanfaat Terima Kasih.