Uncategorized @id
December 27, 2022

Apa sih arti Customer Service yang sebenarnya?

Mungkin sudah tidak asing lagi jika Anda berkunjung ke suatu tempat misalnya : kantor, bank, perusahaan, dan tempat-tempat lainnya melihat adanya Customer Service atau CS sebutannya. Terlebih lagi dalam dunia bisnis keberadaan CS sangatlah penting, makanya banyak pula saat ini yang menginginkan posisi tersebut. Untuk lebih memahami customer service artinya apa mari Kita simak penjelasan berikut ini!

Diantara faktor kemajuan suatu bisnis ternyata juga masih ditentukan dari customer service suatu perusahaan maupun kantor terkait. Sebuah layanan yang diberikan oleh perusahaan tertentu di mana tugasnya adalah sebagai pusat informasi, sarana konsultan, sarana pemecahan masalah bagi pelanggan atau klien.

Kenapa sebuah perusahaan atau kantor harus memiliki Customer Service?

  • Keberadaan customer service merupakan representasi dari suatu brand image

Posisi CS ini sangat penting di garda depan karena dia berperan sebagai cerminan suatu bisnis terkait. Makanya CS dilatih untuk memiliki tanggung jawab dan peran yang besar sebagai wakil dari sebuah perusahaan.

  • Tolak ukur untuk menghasilkan customer yang puas

Jika pelanggan puas dan bahagia dengan pelayanan CS maka sebagai Tim CS pun juga akan bahagia, puas dan percaya diri dengan kinerjanya. Karena memang tugas utama CS adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan. Mereka harus siap melayani dan menghadapi berbagai komplain.

  • Memiliki peran penting sebagai konsultan

Segala pengaduan dari pelanggan baik permasalahan kecil atau besar selalu diajukan dan dituju langsung kepada customer service. Maka dari itu penting sekali keberadaan CS untuk menjadi konsultan di perusahaan terkait, dengan begitu CS dituntut juga untuk mampu memberi solusi bagi setiap masalah.

  • Mengidentifikasi masalah

Keberadaan CS yang baik maka dengan mudah perusahaan tersebut dalam mengidentifikasi masalah yang ada. Data komplain yang didapat dari pelanggan bisa dijadikan acuan perbaikan.

Setelah mengetahui apa artinya kemudian pentingnya keberadaan CS dalam suatu perusahaan atau kantor, berikutnya coba amati kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang CS.

  1. Melayani 
  2. Respek

Sebagai CS Anda harus memiliki respek yang tinggi kepada pelanggan, jadikan mereka orang yang sangat penting.

  1. Mendengar 

CS harus bisa menjadi pendengar yang baik untuk pelanggan, dengan begitu CS dapat membantu memberi solusi terbaik.

  1. Pengertian
  2. Responsif

Artinya harus bisa memberi respon atau tanggapan setiap permasalahan pelanggan.

Semua komponen tersebut harus ada dan dilatih pada setiap Mereka yang akan menjadi customer service. Sebenarnya saat ini sudah terdapat perusahaan outsourcing yang menyediakan jasa dan tenaga kerja ahli. Misalnya saja Anda bisa mencari jasa CS lewat convergence.id.

Demikian beberapa penjelasan tentang customer service artinya apa dan hal-hal terkait lainnya. Semoga bermanfaat Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Bagus Lainnya

GBA Indonesia – April 2023 Pada tanggal 13-18 April 2023, Bapak Denis Guittet – CEO GBA Global BPO Solutions – telah mengunjungi kantor perusahaan CONVERGENCE...

Memiliki perusahaan dengan kualitas sumber daya manusia yang terbaik adalah investasi jangka panjang. Untuk itulah banyak perusahaan yang menggunakan BPO atau Outsourcing yang terpercaya untuk...

Alih-alih negara maju, bisnis atau Perusahaan Business Process Management kebanyakan terkonsentrasi di negara berkembang. BPO adalah landasan bagi organisasi yang ingin berkembang di pasar karena...