Uncategorized @id
January 17, 2023

Penting! Ini Skill yang Harus Dimiliki Customer Service

Seperti yang kita pahami bawah customer service menjadi salah satu bagian penting yang tidak terpisahkan dari sebuah bisnis. Hampir semua bisnis memiliki customer service sebagai dukungan kepada para pelanggan, baik itu sebelum atau sesudah membeli dan menggunakan produk atau layanan Anda. Oleh sebab itu, penting untuk memahami skill yang harus dimiliki customer service.

Di era yang serba digital ini, terdapat beberapa kemampuan customer service yang harus dikuasai supaya bisnis dapat memberikan pelanggan layanan yang paling baik. Customer service terbaik disini artinya mereka yang bisa memenuhi harapan pelanggan, dari mulai kemampuan bahasa yang baik sampai kemauan untuk terus belajar demi meningkatkan kualitas layanan.

Skill yang Harus Dimiliki Customer Service

Untuk Anda yang memiliki bisnis atau perusahaan namun bingung dalam mencari kandidat customer service yang profesional dan terpercaya, maka Anda bisa menggunakan jasa customer service yang tersedia di perusahaan outsourcing. Tentunya, customer service yang mereka sediakan sudah memenuhi kriteria dan menguasai beberapa skill di bawah ini:

  1. Memiliki Kemampuan Bahasa yang Baik

Skill yang harus dimiliki customer service pertama yaitu memiliki kemampuan bahasa yang baik. Apabila ada pelanggan yang menghubungi, maka tentu mereka menemukan masalah pada produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Jadi tak heran jika mereka marah atau merasa kecewa.

Akan tetapi. terlepas dari kemarahan pelanggan, agen customer service ini harus tetap positif dan mempunyai kemampuan berbahasa yang baik. Kemampuan untuk mengarahkan percakapan ke arah yang positif dengan penggunaan bahasa yang baik sangat penting untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

  1. Problem Solving

Berikutnya, kemampuan yang harus dimiliki adalah problem solving. Pemecahan masalah akan melibatkan banyak keterampilan layanan, hal ini ditandai dengan pendekatan profesional dan juga komunikasi yang konstans serta jelas secara keseluruhan.

Salah satu kunci keberhasilan problem solving ini yaitu identifikasi masalah secara jelas. Ketika pelanggan menyampaikan keluhan, maka cobalah untuk menyimpulkan kembali masalah yang dihadapi pelanggan. Hal ini bertujuan untuk menangkap cerita mereka dengan benar.

  1. Sabar dan Berempati

Customer service harus terbiasa dan sabar dalam menghadapi pelanggan yang marah atau mungkin berkata kasar ketika menyampaikan keluhan atau kendala. Menjaga ketenangan diri adalah hal yang sangat penting untuk memberikan layanan terbaik.

Apabila Anda tidak sabar, maka hal itu akan menyulitkan diri Anda sendiri dalam menghadapi pelanggan. Itulah kenapa, sabar menjadi salah satu poin penting yang harus ada dalam setiap customer service.

Itulah beberapa skill yang harus dimiliki customer service. Saat ini, sudah banyak perusahaan outsourcing yang menyediakan agen customer service untuk perusahaan lain yang membutuhkan. Salah satunya adalah Covergene.id yang juga menawarkan agen customer service yang sudah profesional dan menguasai berbagai skill yang telah disebutkan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Bagus Lainnya

GBA Indonesia – April 2023 Pada tanggal 13-18 April 2023, Bapak Denis Guittet – CEO GBA Global BPO Solutions – telah mengunjungi kantor perusahaan CONVERGENCE...

Memiliki perusahaan dengan kualitas sumber daya manusia yang terbaik adalah investasi jangka panjang. Untuk itulah banyak perusahaan yang menggunakan BPO atau Outsourcing yang terpercaya untuk...

Alih-alih negara maju, bisnis atau Perusahaan Business Process Management kebanyakan terkonsentrasi di negara berkembang. BPO adalah landasan bagi organisasi yang ingin berkembang di pasar karena...