Article
February 8, 2021

Memaksimalkan Customer Service dengan WhatsApp API

Memaksimalkan Customer Service dengan WhatsApp CRM

 

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Kini pengguna WhatsApp mencapai 2 miliar pengguna aktif di 180 negara. Oleh karena itu, WhatsApp berkembang menjadi salah satu aplikasi yang digunakan untuk melakukan bisnis. Hampir seluruh bisnis menggunakan WhatsApp menjadi media dalam berkomunikasi dengan customer karena hampir seluruh pengguna smartphone menggunakan aplikasi ini.

WhatsApp meluncurkan WhatsApp for Business yang merupakan aplikasi WhatsApp yang khusus digunakan oleh pemilik bisnis yang dapat mempermudah dalam melakukan bisnis. WhatsApp for Business ini yang memiliki fitur pesan otomatis dapat menjadi andalan pelaku bisnis dalam membalas pesan maupun berkomunikasi dengan customer dengan lebih mudah. 

Integrasi WhatsApp dengan Customer Relationship Management (CRM) 

WhatsApp for Business kini menjadi salah satu sarana Customer Relationship Management (CRM) dalam melakukan komunikasi dengan customer. Integrasi WhatsApp dengan sistem CRM ini menjadi sarana komunikasi yang efektif bagi perkembangan bisnis. 

CRM merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk berinteraksi dengan customer untuk membantu meningkatkan perkembangan bisnis serta meningkatkan loyalitas pelanggan. WhatsApp CRM merupakan integrasi WhatsApp dengan sistem yang ada pada CRM memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk berbisnis. 

Manfaat dan Kegunaan WhatsApp CRM

Integrasi WhatsApp dengan sistem CRM memiliki banyak manfaat dan kegunaan dalam berbisnis. Melalui WhatsApp CRM yang dijalankan oleh seorang customer service, maka pekerjaan mereka akan lebih mudah dan efisien. Berikut adalah manfaat dan kegunaan WhatsApp CRM untuk bisnis:

  1. Mempermudah pendataan customer. Sistem CRM akan mempermudah customer service dalam pendataan customer melalui database yang tersimpan secara otomatis. Customer service akan mudah mencari data melalui keyword nama yang tercantum dalam database.
  2. Otomatisasi layanan terhadap customer. Menggunakan WhatsApp CRM akan memudahkan customer service dalam melakukan komunikasi kepada customer. Seorang customer akan menerima pesan otomatis setelah customer menghubungi melalui WhatsApp. Pesan template yang dikirimkan kepada customer, sehingga customer service tidak perlu mengirimkan pesan secara manual dan langsung.
  3. Memudahkan customer berkomunikasi dengan customer service. Melalui integrasi WhatsApp dengan sistem CRM, customer akan dengan mudah berkomunikasi dengan customer service. Sebab WhatsApp CRM akan dioperasikan oleh lebih dari satu customer service, hal itu akan memudahkan customer service dalam melayani customer. Customer akan mendapatkan pelayanan terbaik dan cepat melalui WhatsApp CRM.
  4. Pembayaran akan lebih mudah dilakukan dengan WhatsApp CRM. Customer akan merasa puas karena pembayaran dapat dilakukan secara langsung melalui WhatsApp. Customer service akan dapat langsung memproses pembayaran yang dilakukan oleh customer, hal ini customer tidak perlu menunggu terlalu lama dalam menyelesaikan transaksi.
  5. Menjaga loyalitas customer. Hal paling penting dalam melakukan bisnis adalah menjaga loyalitas customer. Database akan memudahkan customer service dalam melacak customer dan menawarkan produk maupun jasa sebagai bentuk komunikasi kepada customer.

WhatsApp CRM adalah Solusi Bisnis Anda

Perkembangan dunia bisnis mendorong kepada setiap pemilik bisnis untuk melakukan inovasi terbaru di bidang pemasarannya. WhatsApp dengan integrasi sistem CRM merupakan salah satu solusi terbaik untuk berinteraksi dengan customer Anda. Melalui WhatsApp CRM, akan membantu customer service dalam meningkatkan customer satisfaction Anda. Convergence.id menjadi solusi untuk membantu Anda dalam meningkatkan customer satisfaction melalui WhatsApp CRM. Hubungi kami melalui convergence.id atau melalui [email protected].

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...