Hubungan Baik dengan Pelanggan

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Bemi Hary Sandi

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan satu hal yang penting dalam menjalankan sebuah usaha. Sebagai pemilik usaha, tentunya harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Hubungan Baik dengan Pelanggan

Hubungan yang baik terhadap pelanggan dapat membantu untuk mengetahui keluhan, kepuasan dan kebutuhan mereka. Tentunya menjaga hubungan dengan konsumen saat ini memberikan keuntungan lebih besar daripada mencari pelanggan baru.

Tidak heran jika banyak perusahaan yang semakin terpuruk karena pelanggan mereka berangsur meninggalkan perusahaan tersebut dan memilih untuk mencari perusahaan lain yang peduli kepada pelanggan-pelanggannya.

Maka jangan pernah biarkan pelanggan yang sudah datang pergi meninggalkan bisnis yang kamu jalankan. Jagalah hubungan tersebut dengan membangun interaksi yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Jika berhasil menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, bisnis akan semakin berkembang. Berikut ini adalah strategi yang dapat membangun hubungan yang baik terhadap pelanggan :

  • Berkomunikasi dengan baik

Dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, tentunya kita butuh komunikasi. Namun jangan hanya berkomunikasi dan merayu pelanggan di awal saja lalu membiarkannya pergi. Tetap menjaga komunikasi tersebut dengan meminta nomor kontak, email dan lainnya baik sebelum, selama atau setelah proses penjualan.

  • Berikan sesuatu yang melebihi harapan

Pelanggan yang datang juga membawa harapan tentang produk yang akan dibeli. Sebagai pemilik usaha, perlu berpikir satu langkah di depan pelanggan. Perusahaan juga perlu meningkatkan standar lebih dari apa yang ditawarkan. Berikan penawaran dan promosi, lalu berikan mereka lebih dari apa yang di promosikan. Berikan pelanggan kepuasan melebihi apa yang mereka duga. Ketika pelanggan terkesan, maka mereka akan kembali lagi.

  • Mendengarkan masukan dari pelanggan

Mendengarkan pendapat para pelanggan di media sosial akan membawa lebih banyak keberuntungan bagi usaha yang kamu jalankan.

Sebaik apapun ide bisnis yang kamu buat, selalu ada kemungkinan akan komentar-komentar negatif dengan usaha yang kamu jalankan, maka sangat penting untuk mendengarkan keluhan pelanggan dengan cermat.

Membangun hubungan dengan pelanggan adalah kunci kesuksesan dari sebuah bisnis dan tidak harus dengan bertemu secara fisik. Meskipun melakukan pertemuan secara fisik dengan pelanggan adalah merupakan hal yang utama.

Convergence.id kini hadir dengan memberikan solusi dan pengalaman terbaik dalam membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan yang baik. Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

1 Comment

  1. Arlie Burston
    March 23, 2022

    Thanks for attending one of our past events!

    As a member, we will give you exclusive deals and offers from our partners which are not available to the public.

    We will be sending you a few special offers every single day for the next year.

    Our partner: https://www.mrflavour.co.uk

    Kind regards

    Allegra Events Limited
    106 Arlington Road
    Camden Town, London
    NW1 7HP
    United Kingdom
    Registered in England No. 6754003
    Tel: +44(0)20 7691 8800

More great articles

IT

Apa Itu IT Service Management?

Apa Itu IT Service Management? Apa Itu IT Service Management? Teknologi Informasi atau yang biasa kita sebut IT sudah menjadi…

Read Story

Bagaimana Outbound Desk Collection Membantu Bisnis anda menuju TKB 90?

Bagaimana Outbound Desk Collection Membantu Bisnis anda menuju TKB 90? TKB 90 adalah ukuran tingkat keberhasilan penyelenggara fintech-peer-to-peer (P2P) lending…

Read Story
4 tips membangun Customer Relationship Management Untuk Bisnis Anda

4 Tips Membangun Customer Relationship Management Untuk Bisnis Anda

4 tips membangun Customer Relationship Management Untuk Bisnis Anda Customer Relationship Management atau CRM merupakan salah satu strategi yang efektif…

Read Story

Never miss a minute

Get great content to your inbox every week. No spam.

    Arrow-up