Akibat dampak dari pandemic covid 19 yang mengguncang perekonomian negara, ide-ide pengelolaan bisnis tentu semakin berkembang untuk beradaptasi dalam keadaan tersebut. Pengalihdayaan bisnis kepada pihak ketiga dengan tujuan efisiensi keuangan, mengurangi resiko pada perusahaan tersebut dan juga membuat perusahaan tersebut lebih fokus kepada bisnis inti yang dititinya dikenal dengan istilah BPO (Business Process Outsourcing) yang tentu tidak asing lagi di kalangan pebisnis.
Sebelum terjun di dunia BPO lebih lanjut lagi, para perusahaan terkait melakukan kontrak dengan vendor penyedia tenaga kerja yang sesuai dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. dalam hal ini, tentu perusahaan secara langsung melakukan negosiasi terhadap vendor. Untuk negosiasi BPO yang tepat, simak beberapa tipsnya di bawah ini. Sebelum itu, ketahui lebih dulu jenis-jenis BPO agar tidak salah memilih layanannya, yuk!
Daftar Isi
Jenis-jenis BPO
Jenis-jenis dari layanan BPO adalah sebagai berikut
1. Knowledge Process Outsourcing (KPO)
Dalam hal ini, vendor disewa tidak hanya untuk meningkatkan kapasitas dan proses bisnis, akan tetapi juga untuk memberikan keahliannya di sekitar
2. Legal Process Outsourcing (LPO)
Seperti namanya, LPO ini berfungsi untuk memberikan legalitas hukum mulai dari penyusunan dokumen hukum, penelitian hukum, dan menawarkan saran bagi perusahaan
3. Research Process Outsourcing (RPO)
RPO merupakan bagian dari KPO di bidang penelitian serta analisis, perusahaan investasi, biotek, serta agen marketing yang termasuk kedalam tipe organisasi yang akan melibatkan RPO dalam pelayanannya
Cara Negosiasi BPO
1. Membuat perjanjian dengan vendor
Tak hanya untuk urusan BPO, akan tetapi hal ini sudah sangat umum dilakukan di semua jenis kegiatan sebelum melakukan pertemuan dengan client. Sebelum memulai negosiasi, pastikan perusahaan telah mengatur waktu untuk mengadakan pertemuan dengan vendor. Hal ini dilakukan agar tidak ada mis komunikasi satu sama lain dengan menyetujui kapan waktu yang tepat untuk mengadakan pertemuan.
2. Tempat pertemuan perusahaan dengan vendor
Pilihlah tempat dengan suasana yang cocok untuk melakukan negosiasi BPO. Hal ini dilakukan agar suasana lebih efisien dan terkendali untuk membahas kontrak, apa yang dibutuhkan perusahaan, dan apa yang ditawarkan oleh vendor
3. Proses Negosiasi
Lakukan proses negosiasi dengan client dengan seefisien dan sebaik mungkin. Salurkan apa yang menjadi tujuan perusahaan Anda dan dari client akan berusaha mengerti akan kebutuhan tersebut, sehingga client akan menawarkan produknya, dan terjadilah proses negosiasi dengan berakhir kesepakatan dalam bentuk kontrak a
Cara Mengelola Kontrak BPO
Apabila sudah teken kontrak dengan vendor, maka perusahaan wajib mengetahui bagaimana melakukan pengelolaan BPO dengan baik. berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengelola BPO
1. Periksa kinerja karyawan BPO secara rutin
Untuk mengetahui perkembangan traffic perusahaan Anda yang menggunakan layanan BPO, maka periksalah bagaimana kinerja karyawan dari vendor penyedia yang sebelumnya sudah teken kontrak dengan perusahaan Anda. Hal ini penting untuk kelangsungan nasib dan perkembangan perusahaan
2. Pengadaan pelatihan untuk karyawan
Di sisi lain dari kinerja yang bagus dari seorang karyawan BPO, trend dunia bisnis akan semakin berkembang pula, dengan mengadakan pelatihan dan pengembangan untuk karyawan BPO Anda, maka akan meningkatkan pengetahuan dan soft skill mereka dengan baik untuk terus memberikan kinerjanya bagi perusahaan Anda
3. Pilih vendor penyedia layanan BPO yang terbaik
Hal ini sangat perlu diperhatikan oleh perusahaan yang akan menggunakan BPO. Vendor BPO terbaik akan mengelola perusahaan Anda dengan baik dan fleksibel, sehingga perkembangan itu nyata dirasakan oleh perusahaan pemakai. Vendor terbaik, Anda bisa mengunjungi http://convergence.id/ solusi aman dan handal, solusi digital berskala, beserta tempat dan infrastruktur teknologi tinggi terbaik bagi kelangsungan bisnis Anda.
Keuntungan Menggunakan BPOÂ
Jika Anda menggunakan layanan BPO dari Convergence, maka perusahaan Anda akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut ini.
- Perusahaan pemakai tidak perlu repot-repot dalam melakukan perekrutan tenaga kerja, karena hal ini akan dikelola dan ditangani oleh Convergence
- Perusahaan akan lebih fokus dengan bisnis inti
- Perusahaan akan mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas untuk perkembangan bisnisnya
- Perusahaan ini sudah terintegrasi dengan SDM yang profesional
Selain yang tertulis di atas, tentu masih banyak keuntungan lainnya yang akan didapatkan. Solusi terbaik bisnis Anda hanya di http://convergence.id/, konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda sekarang!