Article
May 25, 2023

Raih Sukses Menggunakan BPO Untuk Produktivitas Bisnis Anda!

Banyak pelaku bisnis disarankan menggunakan BPO demi lancar perkembangannya. Menggunakan BPO untuk produktivitas bisnis memang lebih bermanfaat dan jauh lebih mudah daripada mengembangkan kinerja di dalam perusahaan sendiri. Jika ingin tahu lebih dalam seputar BPO ini, mari bahas bersama pada artikel berikut!

Apa Itu BPO?

Sebelum bahas lebih lanjut seputar cara penggunaan BPO, ada baiknya pahami dulu apa konsep BPO ini. BPO adalah singkatan dari Business Process Outsourcing. Secara sederhana, hal ini adakah konsep bisnis yang menggunakan penyedia layanan luar untuk mendukung kinerja perusahaan dan bisnis Anda.

Pengguna layanan luar bisa meliputi banyak hal, tapi umumnya semua memiliki kesamaan pada bidang spesialisasi tertentu. Contoh saja Anda memilih BPO untuk urusan maintenance server dan network perusahaan. Hal ini akan libatkan perusahaan BPO yang ahli seputar IT dan layanan network kerja.

Menggunakan BPO dipandang jauh lebih baik karena tidak memerlukan perlakuan apapun pada bisnis Anda. Bisnis tidak perlu rekrut orang baru ataupun membuat bagian IT sendiri untuk urusan tersebut. Semua sudah beres dan bahkan ditangani oleh pihak yang ahli pada perusahaan BPO IT yang dipilih tersebut.

Mengapa Produktivitas Bisnis Bisa Naik dengan BPO?

Jika dilihat. manfaat BPO lebih terletak pada spesialisasi kinerja. Hal ini jelas tingkatkan efisiensi perusahaan dalam melakukan bisnis. Apabila perusahaan berjalan lebih efisien, tentu produksi perusahaan dapat meningkat lebih baik.

Selain peningkatan dari segi efisiensi, tingkat keamanan juga lebih terjaga. Keamanan ini lebih terletak pada data yang ditransfer dengan pihak BPO. Karena dapat menggunakan jalur khusus untuk komunikasi dan network perusahaan, pihak luar akan makin kesulitan membobol pertahanan data tersebut.

Kelebihan yang terakhir adalah membantu perusahaan mengembangkan bisnis mereka. Bisnis umumnya berkembang dari ukuran kecil dan menjadi makin besar atau membuka cabang baru. Dalam perkembangan ini, perusahaan harus memastikan memiliki bagian – bagian baru demi mendukung ukuran bisnis yang lebih besar.

Contoh saja saat perusahaan menjadi ukuran menengah, mereka harus lebih serius urusan marketing. Untuk hal ini, mereka dapat digunakan BPO untuk urus platform social media dan juga website mereka. Bagian marketing ini juga gunakan BPO untuk membuat berbagai media pemasaran. Contoh saja artikel blog, video iklan dan graphic post promo.

Semua ini jauh lebih mudah dilakukan lewat BPO dibandingkan melakukan sendiri dalam perusahaan. Karena menggunakan BPO, perusahaan bahkan dapat akses kemampuan para ahli marketing di situ. Tidak perlu hiring ahli marketing sendiri tapi cukup gunakan layanan ahli yang sudah tersedia.

Cara Maksimalkan Penggunaan BPO

Walaupun penggunaan BPO untuk produktivitas bisnis dapat berdampak positif, hal ini masih bergantung cara bisnis menggunakannya. Untuk optimasi BPO, berbagai hal harus dilakukan agar performanya maksimal dan membantu perusahaan makin berkembang.

Cara memaksimalkan performa BPO ini dapat menggunakan hal – hal berikut ini:

  • Pastikan komunikasi dan hubungan dengan BPO dekat. Jadi semisal ada masalah urgent, Anda segera tahu dan dapat membantu menyelesaikannya.
  • Kirim staf ahli Anda sebagai jembatan antara BPO dengan perusahaan inti. Staf ahli dapat menjadi sumber informasi dan wali bagi perusahaan di tempat BPO.
  • Memastikan keseimbangan beban kerja BPO. Pastikan memberikan pekerjaan yang sesuai kapasitas BPO. Jika terlalu berlebihan, operasi BPO dan perusahaan Anda pasti terhambat.
  • Berikan target dan deadline jelas dalam perusahaan. Akan lebih baik lagi jika Anda berikan bonus apabila BPO dapat selesaikan tugas di atas target atau lebih cepat dari deadline.

Dari cara – cara di atas, Anda dapat menggunakan BPO secara maksimal. Walaupun cara di atas efektif, hal yang paling ampuh adalah memilih BPO yang tepat untuk kebutuhan outsource Anda. Selama memilih BPO yang berkualitas dan penuh dengan tenaga ahli, pekerjaan yang Anda berikan ke BPO pasti selesai dengan kualitas bagus juga.

Apakah Anda Tertarik Menggunakan BPO Untuk Bisnis?

Dari penjelasan di atas, Anda tahu bahwa penggunaan BPO dapat memajukan bisnis Anda lebih baik. Apalagi menggunakan cara memaju optimasi kinerja BPO tersebut, pasti sukses yang dicapai jauh lebih cepat dirasakan.

Bagi Anda yang ingin tingkatkan kemampuan bisnis, pastikan coba BPO. Penggunaan BPO untuk produktivitas bisnis yang tepat, dapat memastikan peluang dan kesempatan bisnis lebih terbuka kedepannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...