4 Tips Membangun Customer Relationship Management Untuk Bisnis Anda
Article
June 6, 2022

4 Tips Membangun Customer Relationship Management Untuk Bisnis Anda

4 Tips Membangun Customer Relationship Management Untuk Bisnis Anda

Customer Relationship Management atau CRM merupakan salah satu strategi yang efektif dalam membangun hubungan pelanggan serta meningkatkan penjualan.

Oleh karena itu, dibutuhkan management sistem yang baik dan efektif dalam mengelola hubungan dengan pelanggan.

Convergence merangkum 4 tips yang dapat Anda gunakan dalam membangun Customer Relationship Management yang efektif. Mari kita simak!

1. Tingkatkan komunikasi sama pelanggan

Hal ini sangat penting jika anda menyediakan layanan untuk pelanggan Anda. Tapi ketika Anda memberikan layanan jasa kepada pelanggan, maka pendekatan bisa sedikit  lebih pribadi, dan meninggalkan kesan yang baik bersamaan dengan pengalaman yang positif.

2. Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Setiap hubungan perlu dijaga dengan baik supaya selalu erat, begitu juga dengan hubungan pelanggan. Pastikan Anda selalu terhubung dengan semua pelanggan Anda agar bisnis Anda selalu ada dalam pikiran mereka dan tidak berpindah kepada kompetitor. Caranya bisa dengan mengucapkan selamat ulang tahun, mengirimkan kartu hari besar agama, memberikan katalog produk terbaru, atau sekedar mengirimkan email tentang apresiasi Anda terhadap kepercayaan dan kesetiaan mereka.

3. Mengatasi Setiap Keluhan

Dalam menangani masalah semacam ini, Anda harus sudah membuat kebijakan internal yang diketahui dan dipahami oleh semua karyawan. Pengalaman negatif yang didapat sebelumnya akan menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas bisnis Anda.

4. Minta Feedback Secara Teratur

Cara yang lebih baik untuk mengembangkan hubungan pelanggan Anda adalah dengan meminta umpan balik atau feedback pelanggan secara terus-menerus, dan bahkan menggunakannya untuk meningkatkan produk atau layanan yang sudah ada, atau pada akhirnya menghasilkan yang lebih baik.

Pebisnis sukses pasti memahami konsep customer relationship dengan baik dan menerapkannya dalam bisnis mereka. Selain itu, pebisnis yang sukses juga pasti bisa mengelola keuangan usahanya dengan benar agar bisnisnya semakin berkembang.

Dalam meningkatkan hubungan Anda dan pelanggan, Anda memerlukan tools seperti aplikasi CRM (Customer Relationship Management) terbaik yang terintegrasi dengan omnichannel untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran bisnis. Convergence dapat menjadi solusi tepat untuk menjawab persoalan bisnis lebih optimal.

Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...