Baik itu solusi inbound dan outbound call center jarak jauh, call center pada dasarnya memiliki beberapa kualifikasi dan kriteria yang menunjukkan seberapa berkualitas dan andal layanannya. Bagi Anda yang saat ini sedang mempertimbangkan opsi layanan call center jarak jauh untuk kebutuhan bisnis, tentu Anda perlu ketahui apa saja kriterianya, kan?
Secara garis besar, berikut ini adalah kriteria layanan inbound dan outbound call center profesional dan andal yang perlu Anda ketahui. Selamat membaca!
Daftar Isi
Punya Wawasan Baik tentang Bisnis dan Pelanggan
Mengingat betapa krusialnya peran layanan inbound dan outbound call center, maka masing-masing SDM-nya harus punya insight dan pengetahuan yang mumpuni mengenai bisnis dan pelanggan. Bahkan jika Anda menggunakan layanan inbound dan outbound call center pihak ketiga sekalipun, Anda perlu pastikan bahwa tim memiliki bekal wawasan tentang bisnis dan pelanggan Anda yang mumpuni.
Cermat Sampai ke Detail-Detailnya
Tidak mudah jadi agen call center, terutama mengingat pekerjaannya cenderung repetitif atau berulang. Jika tidak diimbangi dengan kecermatan dan ketelitian sampai ke detail, salah-salah agen malah langsung berasumsi kalau mereka sudah paham apa yang dihadapi pelanggan tanpa konfirmasi dan klarifikasi. Oleh karena itu, atensi terhadap detail sangat penting bagi agen layanan inbound dan outbound call center, terutama untuk memberikan solusi yang paling ideal bagi pelanggan.
Kemampuan Mengorganisir yang Baik
Kriteria layanan inbound dan outbound call center profesional dan andal berikutnya adalah kemampuan dalam mengorganisir yang baik. Bahkan meskipun sudah dibantu teknologi CRM sekalipun, tanpa skill organisir yang baik seorang agen akan tetap merasa keteteran saat harus menyelesaikan tugasnya.
Tetap Tenang dalam Tekanan
Kriteria penting lainnya yang wajib dimiliki agen layanan inbound dan outbound call center adalah kemampuan untuk tetap tenang meskipun sedang berada di bawah tekanan. Terlebih lagi, selalu ada potensi bahwa pelanggan yang terhubung dengan agen menyampaikan kebutuhan mereka secara emosional. Jika agen sama-sama “panas”, yang ada malah agen tidak mampu memberikan jawaban dan solusi yang memuaskan pelanggan.
Kemampuan Komunikasi yang Baik
Dan pastinya, layanan inbound dan outbound call center yang andal dan profesional harus punya skill komunikasi yang baik. Hanya saja, skill komunikasi bukan hanya soal keterampilan berbicara, tapi juga mendengarkan, memahami informasi, dan memberikan solusi dengan cepat serta efektif. Dengan begitu, agen bisa mendengarkan untuk memahami dan mencerna apa kebutuhan pelanggan dari informasi yang diterima, menemukan solusinya yang tepat, dan menyampaikan solusi tersebut agar mudah dipahami pelanggan dan bisa diterapkan untuk mengatasi masalah yang ia alami.
Memang benar bahwa melatih agen call center bukanlah proses yang mudah. Oleh karena itu, Anda bisa gunakan solusi inbound dan outbound call center jarak jauh pihak ketiga seperti Convergence untuk opsi kebutuhan agen call center berkualitas tanpa harus merekrut dan melatih sendiri.