Beberapa waktu terakhir remote working atau bekerja dari jarak jauh cukup banyak dilakukan. Banyak perusahaan yang mulai menyesuaikan sistem kerja tersebut dengan memanfaatkan teknologi, kebijakan, dan komunikasi yang tepat. Jika perusahaan sudah menyediakan hal tersebut, lalu bagaimana dengan Anda sebagai pekerja jarak jauh menyesuaikannya?
Remote Working
Sistem kerja jarak jauh atau remote working ini biasanya diterapkan oleh para freelancer atau bisa juga diterapkan oleh pekerja start up, dimana Anda bisa secara fleksibel bekerja dari mana saja tanpa harus pergi ke kantor sama sekali. Sistem kerjanya juga cukup bebas karena Anda tidak begitu terikat dengan aturan perusahaan.
Meskipun begitu, bekerja jarak jauh tetap memerlukan keterampilan, sumber daya, dan juga kemampuan berbeda-beda dari para pekerjanya. Sebagai pekerja Anda juga perlu memiliki inisiatif dan juga manajemen waktu yang baik agar pekerjaan bisa selesai sesuai dengan target yang telah ditentukan.
Remote working membebaskan Anda untuk menciptakan dan mengatur lingkungan kerja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Saat bekerja, Anda, rekan kerja, maupun klien akan berkomunikasi secara digital, bisa menggunakan email, panggilan video, ataupun panggilan telepon.
Untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja jarak jauh ini, tentunya Anda memerlukan berbagai platform atau aplikasi seperti Google Suite, Slack, dan aplikasi penting lainnya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.
Mengapa banyak orang tertarik dengan sistem kerja jarak jauh ini? Tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah pekerja yang bekerja secara remote semakin bertambah setiap tahunnya. Tentunya ada beberapa alasan yang membuat remote working menjadi incaran beberapa pencari kerja, diantaranya adalah,
- Â Â Â Dengan adanya teknologi digital, memungkinkan Anda bisa terhubung dari mana saja.
- Â Â Â Adanya kesempatan untuk mendapatkan lingkungan kerja yang lebih tenang dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
- Â Â Â Kesempatan mendapatkan work life balance, karena selain waktu untuk bekerja, Anda tidak perlu menghabiskan waktu bermacet-macetan di jalanan untuk berangkat ke kantor. Waktu tersebut bisa digunakan untuk berbagai hal yang tidak terkait dengan pekerjaan.
Tips Bekerja Jarak Jauh
Sebagai pekerja jarak jauh, tentunya Anda perlu menunjukkan kepada perusahaan nilai-nilai yang Anda miliki, bahwa meskipun diberikan kebebasan dalam menyelesaikan pekerjaan, Anda tetap bisa produktif dan layak berada di perusahaan tersebut. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah,
- Menjaga komunikasi dengan baik
Saat bekerja jarak jauh, komunikasi menjadi satu hal penting yang harus dijaga dengan baik. Komunikasi membuat koordinasi Anda dengan rekan kerja yang lain menjadi lebih optimal. Saat bekerja, Anda juga harus responsif dan mudah dihubungi oleh tim.
- Punya jam kerja
Meskipun Anda bisa bekerja dari mana saja, bukan berarti Anda seenaknya mengatur waktu kerja. Tetap ada batasan jam kerja tetap setiap harinya.
Jam kerja ini tentunya akan lebih memudahkan Anda dan rekan lainnya dalam berkoordinasi, sehingga saat diperlukan suatu hal yang penting atau saat harus mengadakan video conference, semua anggota sudah siap dalam posisinya masing-masing.
- Kreatif dengan berbagai platform
Selain kedua hal tersebut, tunjukan juga bahwa Anda mahir menggunakan berbagai platform. Saat bekerja, tentunya ada banyak platform atau aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan juga menyelesaikan pekerjaan, seperti Google Suite, Google Sheet, Google Meet, Zoom, Slack, dan lainnya.
Itulah beberapa hal tentang remote working atau bekerja jarak jauh yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan dan berminat menjadi pekerja jarak jauh, segera cari informasi lowongan kerja melalui website http://career-page.com/convergence.