Semua bisnis tentu ingin memperoleh pelanggan baru setiap harinya. Tapi, apakah Anda tahu apa yang lebih penting dari hal tersebut? Jawabannya yaitu mempertahankan pelanggan yang sudah ada atau yang biasanya disebut dengan retensi pelanggan atau customer retention.
Retensi pelanggan ini akan mendorong peningkatan penjualan karena pelanggan lama akan kembali berbelanja di toko Anda. Akan tetapi, untuk memperoleh hal tersebut, Anda perlu memberikan pengalaman terbaik untuk meningkatkan loyalitas dari para pelanggan.
Mengelola retensi pelanggan ini merupakan bagian yang sangat penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Menurut penelitian, perusahaan yang meningkatkan retensi pelanggan senilai 5 persen mampu meningkatkan keuntungan senilai 25 hingga 95 persen.
Cara Meningkatkan Retensi Pelanggan dengan Tepat
Cara meningkatkan retensi pelanggan ini akan berbeda di setiap bisnis. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan industri, brand, dan juga audiens Anda sebelum nantinya menggunakan cara yang tepat untuk mempertahankan pelanggan.
Berikut ini adalah beberapa strategi terbaik yang bisa Anda ikuti dalam meningkatkan retensi pelanggan, antara lain:
- Menawarkan Customer Service Terbaik
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan layanan pelanggan, yakni:
- Memberikan pengalaman yang kohesif serta konsisten. Dimana pelanggan harus selalu merasa memperoleh perhatian yang sama, baik itu saat Anda berbicara dengan mereka via email, telepon, atau live chat.
- Menyediakan beberapa platform untuk mengakomodasi preferensi komunikasi.
- Mengarahkan agent yang tepat ke pelanggan yang tepat dengan menilai keperluan pelanggan dan menugaskan agent yang paling ahli di bidang tersebut.
- Gunakan Data yang Sudah Ada
Pelanggan sebenarnya ingin Anda mengetahui riwayat pembelian mereka. Detail relevan lainnya juga akan memungkinkan Anda untuk memberikan layanan yang dipersonalisasi. Untuk mencapai hal tersebut, maka berikan tim Anda akses ke semua data yang mereka perlukan untuk bisa memberikan layanan tersebut.
Walaupun privasi tidak boleh dianggap sepele, namun pembeli biasanya terbuka untuk bisnis yang melacak ataupun menyimpan informasi yang bisa membantu meningkatkan pengalaman pelanggan.
- Gunakan Media Sosial
Salah satu strategi terbaik untuk mempertahankan pelanggan yaitu media sosial yang melibatkan followers Anda dan menciptakan rasa komunitas di sekitar brand. Itu artinya, Anda dapat membagikan konten yang dibuat oleh pelanggan, menanggapi komentar, dan mengomentari postingan mereka.
Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan juga Twitter bisa membantu brand Anda menjangkau pelanggan, membangun hubungan, dan kepercayaan.
- Menghargai Loyalitas Pelanggan
Menghargai loyalitas pelanggan merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan customer retention. Pelanggan akan lebih suka saat brand menghargai mereka. Anda dapat menawarkan program loyalitas, kode diskon, ataupun penawaran khusus.
Hal itu akan memotivasi pelanggan untuk terus membeli dari toko Anda. Tak hanya itu saja, program loyalitas ini juga bisa membantu toko Anda mengumpulkan data pelanggan yang lebih detail lagi.
- Kumpulkan Feedback dari Customer
Feedback dari para customer ini sangat penting dalam strategi retensi pelanggan. Apabila Anda ingin mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak untuk pelanggan Anda, maka lebih baik Anda mendengarnya langsung dari para customer tersebut.
Mengumpulkan feedback dari para customer ini memungkinkan sebuah bisnis untuk lebih mempersonalisasi pelayanan dan juga memperbaiki sesuatu yang kurang.
- Meningkatkan Layanan Dukungan Pelanggan
Menawarkan fitur live chat ataupun helpdesk bisa memberikan customer support yang lebih tepat dan cepat. Balasan yang cepat ini bisa meningkatkan tingkat kepuasan para pelanggan. Anda juga dapat memberikan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah mereka.
Jadi, pelanggan lebih bersedia untuk menunggu bila mereka mengetahui bahwa Anda secara aktif bekerja mencari solusi.
- Berikan Informasi Terbaru Terkait Bisnis Anda Kepada Pelanggan
Buatlah pelanggan tetap mengetahui produk dan launching terbaru dari brand Anda. Perlu diingat bahwa pelanggan Anda tidak dapat menebak-nebak atau bahkan membaca pikiran.
Dibandingkan dengan hanya berasumsi bahwa mereka mengetahui pembaruan terbaru dari brand Anda atau hanya melihat postingan terbaru Anda. Anda juga perlu usaha untuk memberitahu atau menjaga mereka tetap berhubungan melalui pesan broadcast.
Demikian penjelasan mengenai cara yang tepat dalam meningkatkan retensi pelanggan. Selamat mencoba.