Article
July 1, 2021

Work From Home Jangan Menjadi Alasan Untuk Tidak Produktif

Work From Home Jangan Menjadi Alasan Untuk Tidak Produktif

Terkait dengan mewabahnya virus corona (Covid-19), pemerintah menetapkan kebijakan agar masyarakatnya bekerja di rumah, atau yang biasa disebut dengan “work from home”. Ketetapan ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 ini mengingat jumlah nya yang sudah begitu banyak terpapar oleh wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia saat ini. Tapi Anda tidak perlu takut dengan kebijakan ini. Karena meskipun Anda bekerja di rumah, Anda juga dapat tetap menjalankannya dengan efektif tanpa harus datang ke kantor. 

Tentunya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri kepada perusahaan dan karyawannya untuk tetap produktif walau terbatas oleh jarak. Kolaborasi yang real-time mengharuskan seluruh anggota tim harus berada di satu tempat secara bersamaan yang tidak mungkin dilakukan ketika sedang work from home seperti sekarang ini. 

Memindahkan pekerjaan dari kantor menuju rumah bukanlah hal yang mudah, apalagi jika belum pernah melakukan sebelumnya. Untuk karyawan yang melakukan kerja dari rumah pertama kali pasti produktivitas akan menurun, belum lagi kalau ada gangguan misal dari koneksi yang kurang stabil, alat yang kurang memadai atau gangguan anak ngajak main. Untuk yang sudah berpengalaman dalam bekerja remot, Work From Home bukan menjadi masalah yang besar karena sudah terbiasa.

Berikut tips meningkatkan produktivitas saat Work Frome Home agar hasilnya tidak berbeda saat kerja on site di kantor.

Pastikan koneksi lancar

Tips kerja dari rumah pertama adalah dengan memastikan koneksi yang lancar. Karena semua pekerjaan dilakukan secara online maka koneksi internet menjadi kunci utama saat work from home.

Koneksi harus aman

Koneksi yang dilakukan pun harus aman, karena work from home mengerjakan pekerjaan kantor yang bersifat penting. Apalagi yang berhubungan dengan data-data sensitif seperti data pelanggan, keuangan dan sejenisnya.

Pastikan laptop normal

Laptop untuk bekerja pastikan normal tidak mengalami kendala yang berarti. Kalau bisa laptop yang digunakan adalah yang biasa dipakai saat bekerja di kantor. Jadi semua aplikasi yang sering digunakan lengkap tidak perlu install-install lagi.

Gunakan tools produktivitas kerja

Karena kerja dilakukan secara online, Anda perlu mempertahankan produktivitas kerja jangan sampai menurun. Work from home bukan menjadi alasan, solusi yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan tools pekerjaan kantor secara online

Komunikasi dengan tim

Nah komunikasi ini menjadi suatu hal yang krusial dalam produktivitas work from home. Jika saat bekerja di kantor Anda dengan mudah bisa memanggil atau diskusi secara langsung dengan rekan satu tim.

Buat meja kerja yang nyaman

Dengan membuat meja kerja senyaman mungkin. Tujuannya agar Anda tidak bosan bekerja dengan suasana yang berbeda dari meja kerja kantor biasanya.

Tetap semangat

Nah yang terakhir adalah selalu tetap menjaga semangat kerja agar  produktivitas kerja tetap tinggi.

Convergence.id menyediakan layanan call center untuk memenuhi kebutuhan Anda meningkatkan produktivitas dan penghematan biaya bisnis Anda selama Work From Home. Anda bisa kunjungi convergence.id atau bisa menghubungi kami di [email protected]  untuk informasi lebih lanjut.

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...