Customer Service Penyedia Layanan Informasi dan Apa Saja Skill Yang Harus Dimiliki?
Customer Service sebagai penyedia layanan informasi dan memberikan pelayanan yang berkualitas adalah hal yang utama, karena membuat seorang pelanggan puas dan senang untuk melakukan transaksi dengan perusahaan. Ketika seorang pelanggan tertarik dengan perusahaan, maka pelanggan tidak perlu ragu untuk menanyakan seputar informasi tentang produk atau jasa yang terdapat pada perusahaan.
Untuk menjadi seorang Customer Service yang handal dan profesional, harus memiliki skill yang sudah dikuasai. Skill untuk menjadi Customer Service harus diimbangi dengan pengetahuan umum terhadap cara berinteraksi dengan seorang pelanggan. Menurut topkarir.com skill yang harus dimiliki sebagai Customer Service diantaranya:
1. Berbahasa yang baik
Kemampuan berbahasa yang baik adalah skill utama seorang Customer Service. Ketika menjawab pertanyaan pelanggan, Customer Service harus bisa menggunakan bahasa yang positif. Hal yang sama juga harus dilakukan ketika Customer Service harus memberi informasi yang bakal mengecewakan atau tidak sesuai ekspektasi pelanggan. Kemampuan berbahasa ini sangat penting dimiliki Customer Service.
2. Problem solving
Skill selanjutnya yang wajib dimiliki oleh seorang Customer Service adalah problem solving alias kemampuan menyelesaikan masalah. Seorang Customer Service harus bisa memberikan solusi yang tepat dan cepat kepada pelanggan yang melakukan komplain. Customer Service harus bisa memberikan solusi terbaik yang menguntungkan pelanggan sekaligus perusahaan. Pelanggan yang merasa terbantu akan merasa puas dan tidak jarang kembali lagi untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan perusahaan.
3. Empati
Empati menjadi skill yang harus dimiliki seorang Customer Service. Seorang Customer Service yang baik benar-benar memahami dan mau membantu menyelesaikan masalah customer. Customer Service harus bisa jadi pendengar yang baik. Jangan sampai malah ogah-ogahan ketika dimintai tolong oleh pelanggan yang sedang menyampaikan keluhannya. Tanpa diminta pun, Customer Service yang baik akan menawarkan solusi untuk pelanggannya.
4. Tekun dan Teliti
Ketika menyampaikan informasi dan menerima keluhan dari konsumen, seorang Customer Service harus memasukkan data konsumen dan melakukan cross check alias pemeriksaan ulang. Di sini pentingnya ketekunan dan ketelitian. Jangan sampai Customer Service salah memasukkan data pelanggan yang ujung-ujungnya bisa merugikan pelanggan dan perusahaan sekaligus.
5. Sabar
Ya, seorang Customer Service harus bisa menjadi pribadi yang sabar saat menerima segudang pertanyaan dan komplain dari pelanggan. Jangan sampai Customer Service terbawa perasaan dan ikutan kesal. Seorang Customer Service memang harus kuat mental dan memiliki kesabaran, tidak peduli seberapa banyaknya pertanyaan dan komplain dari customer.Â
Jika Customer Service melayani pelanggan ataupun calon pelanggan dengan baik, maka pelanggan akan bertahan lama kepada perusahaan dan calon pelanggan akan memilih untuk menggunakan produk atau jasa pada perusahaan dibandingkan dengan kompetitor lainnya.
Â
Convergence.id menyediakan berbagai layanan call center terutama Customer Service untuk meningkatkan bisnis perusahaan Anda, Dengan dibekali para agen atau karyawan yang sudah berpengalaman, profesional dan berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan bisa Anda Klik disini!
Â