Engagement
June 13, 2022

Tips Melamar Kerja Agar Bikin HRD Terkesan

Saat melamar pekerjaan di satu perusahaan, tentu kamu bukan satu-satunya kandidat. Oleh karena itu, penting bagimu untuk tahu cara melamar kerja yang dapat membuat HRD terkesan. Dengan begini, peluangmu mengalahkan kandidat lainnya akan lebih besar.

HRD

Berikut ini adalah beberapa cara melamar kerja yang tepat dan perlu kamu ketahui.

1. Pilih Bidang Yang Sama

Ketika Anda resign dari perusahaan dan tidak lama kemudian perusahaan lain membuka lowongan pekerjaan serta tertarik untuk melamar ke perusahaan tersebut, ada baiknya untuk melamar pekerjaan ke bidang atau divisi yang sama seperti sebelumnya. Kamu bisa menggunakan pengalaman kerja yang ada saat ini atau sebelumnya, untuk meningkatkan posisi tawaranmu. Dengan demikian, perekrut bisa yakin, kamu kandidat yang menekuni bidang yang dilamar, dan memang memiliki kualifikasi pada bidang tersebut.

2. Mengasah Keterampilan

Salah satu caranya yaitu asah keterampilan Anda agar lebih menonjol dibandingkan kerumunan pencari pekerjaan lain. Kalau Anda sudah menemukan jenis pekerjaan yang pas dengan keterampilanmu, lebih baik selalu diasah. Coba Anda mengasah dua atau tiga keterampilan paling terkuatmu. Pastikan keterampilan tersebut sesuai syarat lowongan pekerjaan terkait.

3. Cari Tahu Tentang Perusahaan Terkait Yang Ingin Dilamar

Banyak pencari kerja asal memasukkan lamaran ke perusahaan. Tetapi ketika dipanggil wawancara, maka mereka bingung dikarenakan tidak tahu jelas seputar perusahaannya. Daripada Anda masuk ke suasana yang kurang mengenakan seperti itu, lebih baik sebelum melamar maka Anda cari tahu perusahaan tersebut.

4. Pasang Foto Profesional

Jika kamu memang menyertakan CV, pastikan fotomu nampak profesional. Hindari menggunakan berbagai efek demi membuat wajah lebih cantik, atau lebih tampan di foto. Pasalnya, hal ini justru akan membuat fotomu nampak tidak profesional, dan akhirnya membuat HRD mengurungkan niatnya untuk merekrut mu. Ingatlah untuk mengenakan pakaian formal, seperti blazer saat membuat pas foto. Ini menjadi akan nilai plus di mata HRD.

5. Mempunyai Manajemen Waktu Terbaik

Jika kita menjadi karyawan, maka kita dituntut membuat prioritas tertentu. Sehingga yang namanya manajemen waktu adalah poin penting lainnya. Kita tak dapat lagi bersantai dikarenakan setumpuk pekerjaan yang selalu menanti.

6. Memposisikan Diri Sebagai Orang Paling Tepat

Dengan cara ini, maka dapat membuat kita menonjol dari kerumunan pencari pekerjaan lain. Hal ini karena HRD akan sering mengingat Anda. Ceritakan keterampilanmu yang dapat menjadi solusi untuk perusahaan tersebut. 

Melamar pekerjaan merupakan proses yang kompleks dan butuh kesabaran. Proses awal yang harus dilalui adalah dengan mengirimkan surat lamaran, dan menunggu dipanggil untuk jadwal interview.

Selamat Mencoba!!!

More Great Article

Tips Untuk Memilih Partner Outsourcing Seringkali perusahaan menghadapi permintaan yang lebih besar dari kemampuan mereka, baik mereka yang memulai bisnis dengan modal kecil, maupun perusahaan...

Penyandang Disabilitas Punya Kesempatan Untuk Bekerja Bekerja menjadi hal yang esensial bagi manusia. Dengan bekerja manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Tuntutan akan pemenuhan kebutuhan dan...

Apa itu Call Center dan Tujuannya ? Apa itu call center dan tujuannya ? Pengertian Call Center adalah sebuah layanan informasi yang disediakan oleh perusahaan...