contact center
Uncategorized @id
October 31, 2022

Cara Kerja Contact Center Dalam Layanan Perusahaan

Tahukah Anda dengan sebuah layanan call center dan contact center?

Keduanya dibutuhkan dalam sebuah perjalanan bisnis baik dari awal hingga perkembangan lanjutan. Tujuannya adalah agar konsumen bisa mendapatkan sebuah solusi, informasi dan komplain yang sesuai harapan.

Apa itu contact center?

Contact center adalah sebuah bagian yang khusus menangani layanan komunikasi konsumen baik panggilan, sms, atau aplikasi chat lainnya. Contoh, Anda pernah membuka sebuah website lembaga pengaduan di kantor pemerintahan, bagian bawah halaman muka websitenya tersebut akan muncul nomor yang terhubung dengan wasap, fb, atau panggilan lainnya. Nah, inilah yang disebut dengan contact center. Operator yang melayaninya tentu paham dan bisa dengan berbagai model.

Contact center juga melayani konsumen melalui email, live chat dan sebagainya. Biasanya, pelanggan menyukai pelayanan yang fast respon atau respon cepat tanggap baik itu nantinya digunakan atau tidak tetapi menjadi sebuah indikasi bahwa instansi atau kantor tersebut riil.

Bagaimana Cara Kerjanya

Contact center sama halnya dengan admin sebuah website atau lembaga dengan orang di balik layar sebagai tenaga yang melayani. Saat ada panggilan masuk maka orang yang bertugas akan menerima panggilan tersebut, jika ada kebutuhan panggilan keluar maka segera menghubungi pihak yang bersangkutan. Selain itu, admin juga harus aktif mengelola dunia medsos karena setiap postingan akan memberikan respon yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

Seberapa pentingkah? 

Sangat penting karena dengan adanya layanan tersebut membuat nilai kepercayaan konsumen lebih tinggi, apalagi saat ini semua model usaha memakai website sebagai sarana promosi. Ketika nilai kepercayaan meningkat maka sebuah rasa kepuasan juga meningkat. Efeknya, pelanggan akan sungkan untuk berpindah ke lain tempat karena belum tentu nantinya mendapatkan layanan serupa.

Manfaat adanya perusahaan outsourcing yakni menekan biaya yang mungkin keluar karena faktor jarak, misalnya dengan adanya live chat maka rapat atau komunikasi yang diinginkan lebih fleksibel, tidak harus datang di tempat tujuan.

Cara membuat layanan contact center itu ada sendiri tidak bisa dijadikan satu dengan orang yang duduk di meja kemudian melayani konsumen tetapi ada pelatihannya dan sistem jaringan yang terhubung. Andaikan konsumen hari Senin menghubungi admin A maka kemudian menghubungi kembali hari Rabu maka admin A tersebut akan disambungkan ke konsumen mula tadi.

Mulai sekarang, pilihlah jasa perusahaan outsource yang mendukung usaha Anda ya, dengan adanya contact center maka perkembangan usaha atau layanan Anda semakin memuaskan dan membantu untuk semua kalangan. Lantas bagaimana dengan call center, tugasnya hanya menerima dan menjawab panggilan yang masuk tetapi tidak memberikan feedback ke tujuan lainnya, hanya sebagai pemenuhan apa yang dikeluhkan oleh konsumen saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Bagus Lainnya

GBA Indonesia – April 2023 Pada tanggal 13-18 April 2023, Bapak Denis Guittet – CEO GBA Global BPO Solutions – telah mengunjungi kantor perusahaan CONVERGENCE...

Memiliki perusahaan dengan kualitas sumber daya manusia yang terbaik adalah investasi jangka panjang. Untuk itulah banyak perusahaan yang menggunakan BPO atau Outsourcing yang terpercaya untuk...

Alih-alih negara maju, bisnis atau Perusahaan Business Process Management kebanyakan terkonsentrasi di negara berkembang. BPO adalah landasan bagi organisasi yang ingin berkembang di pasar karena...