Uncategorized @id
January 15, 2023

Inilah Peranan Customer Service Bagi Perusahaan

Peranan customer service atau CS memang cukup penting dalam pelayanan bisnis dari suatu perusahaan. Oleh karena itu, CS juga harus memiliki berbagai macam keterampilan, mulai dari komunikasi, analisis, problem solving, dan juga berorientasi pada pelayanan.

Semua keahlian tersebut memang sangat penting supaya seorang CS bisa menjalankan tugas serta peranannya dengan baik. Tenaga CS yang bisa bekerja dengan baik, tentu memberikan banyak manfaat untuk perusahaan. Oleh sebab itu, jangan sampai salah memilih kandidat CS untuk perusahaan Anda.

Jika tidak ingin mendapatkan agen CS yang tidak menguasai skill di atas, maka Anda bisa menggunakan agen CS yang disediakan oleh perusahaan outsourcing. Salah satunya adalah perusahaan convergence.id. Dimana perusahaan ini menyediakan agen CS yang profesional dan menguasai berbagai macam skill yang sudah disebutkan di atas.

Peranan Customer Service 

Banyak orang yang beranggapan bahwa CS mempunyai peranan yang sepele. Akan tetapi, saat berhadapan dengan pelanggan, CS juga perlu menjalankan beberapa tugas dan peranan, termasuk diantaranya yaitu:

  1. Public Relation

Dalam kesehariannya, CS adalah tenaga yang akan selalu berhadapan dengan para pelanggan secara langsung. Dalam menjalankan tugasnya, customer service juga harus menjaga citra perusahaan dan memastikan supaya pelanggan puas dengan layanan yang diberikan.

Peranan customer service yang satu ini adalah bagian yang tidak dapat dilepaskan dari tanggung jawab bagian public relation. Pelayanan ramah dari seorang CS akan memberikan kemudahan kepada divisi public relation dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

  1. Tenaga Sales

Tugas dan juga peran penting CS berikutnya yaitu sebagai media penjualan. Beberapa perusahaan menerapkan kebijakan seperti itu. Alasannya sendiri cukup sederhana, sebab bagian CS memiliki tanggung jawab untuk melakukan interaksi secara langsung dengan para pelanggan. Selain itu, CS juga dapat memanfaatkan momen tersebut untuk mendorong angka penjualan.

Peranan customer service sebagai media penjualan ini dapat dilakukan dengan baik saat mereka mempunyai bekal product knowledge yang baik. Pengetahuan tersebut dapat menjadi sarana untuk modal guna menjawab semua keluhan dan juga permasalahan yang datang dari pelanggan.

Di waktu yang bersamaan, kesempatan tersebut menjadi momen yang cukup penting bagi CS untuk menawarkan produk.

  1. Tenaga Entry Data

Pekerjaan sehari-hari yang dilakukan oleh seorang customer service tidak pernah lepas dari kegiatan entry data. Terdapat banyak data yang bisa diperoleh dari CS, mulai dari keluhan pelanggan, data pesanan, dan lainnya. CS sendiri harus melakukan pencatatan berbagai data dengan ringkas dan cepat.

Demikian penjelasan mengenai peranan customer service untuk perusahaan. Bagi Anda yang sedang mencari kandidat customer service untuk perusahaan. Anda dapat menghubungi convergence.id untuk mendapatkan agen customer service profesional dan berpengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Bagus Lainnya

GBA Indonesia – April 2023 Pada tanggal 13-18 April 2023, Bapak Denis Guittet – CEO GBA Global BPO Solutions – telah mengunjungi kantor perusahaan CONVERGENCE...

Memiliki perusahaan dengan kualitas sumber daya manusia yang terbaik adalah investasi jangka panjang. Untuk itulah banyak perusahaan yang menggunakan BPO atau Outsourcing yang terpercaya untuk...

Alih-alih negara maju, bisnis atau Perusahaan Business Process Management kebanyakan terkonsentrasi di negara berkembang. BPO adalah landasan bagi organisasi yang ingin berkembang di pasar karena...