Customer service adalah salah satu bagian penting yang berada pada perusahaan. Dengan adanya customer service yang baik dan berpengalaman, maka akan menambah antusiasme konsumen tradap suatu brand, perusahaan atau produk tertentu. Lalu, apa sih maksud customer service itu sendiri? Yuk temukan jawabannya di bawah ini:
Apa itu Customer Service?
Customer service merupakan layanan khusus untuk pelanggan yang mengurus berbagai kebutuhan pelanggan terkait perusahaan, brand dan produk yang anda tawarkan. Dengan menciptakan customer service yang baik, professional maka akan membantu perusahaan dalam membangun kepuasan serta loyalitas terhadap pelanggan.
Pelayanan customer service menentukan sejauh mana perkembangan bisnis anda. Semakin berkualitas pelayanan customer service maka akan semakin baik pula perusahaan anda kedepannya. Untuk itu, anda perlu menyediakan layanan customer service yang terpercaya dengan menggunakan jasa dari convergence.id
Cara Memaksimalkan Kinerjanya
Setelah mengetahui maksud customer service, berikut kami bagikan tips mudah memaksimalkan fungsi customer service di perusahaan, antara lain yaitu:
- Tingkatkan Kemampuan Berkomunikasi
Bagian penting dalam customer service adalah komunikasi. Pastikan layanan call center perusahaan anda dipegang oleh orang-orang yang pandai berkomunikasi sehingga informasi yang dibutuhkan konsumen dapat terpenuhi secara keseluruhan.
Komunikasi disini, bukan hanya sekedar saling berbincang-bincang saja, namun harus komunikasi yang bisa menguntungkan pihak konsumen, untuk itu pastikan anda melatih para agen customer service dengan baik.
- Tingkatkan Pengetahuan Layanan Perusahaan
Ketika konsumen menghubungi anda, dapat dipastikan mereka membutuhkan informasi salah satunya tentang layanan yang perusahaan berikan, misalnya produk, barang atau jasa. Untuk itu, setiap agen customer service wajib memahami setiap detail produk yang dimiliki perusahaan. Pemberian informasi yang mendetail akan menjadi pertimbangan konsumen untuk menjadi pelanggan tetap.
- Kelola Waktu dengan Baik
Tugas customer service sangatlah krusial bagi perusahaan. Untuk itu, perlu penguasaan manajemen waktu yang baik, sebab panggilan dari konsumen dapat dipastikan akan selalu ada dari waktu ke waktu. Pastikan setiap panggilan diselesaikan dengan efektif.
- Ukur Nilai Kepuasaan Pelanggan
Setiap kinerja customer service sangat memerlukan evaluasi. Salah satunya dengan mengukur kepuasaan pelanggan terhadap pelayanan yang anda berikan. Sekarang ini, banyak metode yang bisa digunakan salah satu yang paling populer adalah Customer Satisfaction Score (CAST).
Dengan menggunakan metode tersebut, anda dapat menerima respon balik dari pelanggan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai acuan meningkatkan layanan customer service yang ada di perusahaan anda.
Demikianlah informasi singkat mengenai maksud customer service dan cara meningkatkan kinerjanya. Bagi anda yang membutuhkan jasa perusahaan outsourcing penyedia layanan call center seperti customer service, percayakan saja ke convergence.id, kami menyediakan agen professional, berpengalaman dan berkualitas di bidangnya dan sudah teruji.