3 cara crm online
Article
December 1, 2022

3 Cara Kerja CRM Online dan Perannya dalam Dunia Bisnis

Seiring berjalannya waktu, para pelaku bisnis semakin sadar akan pentingnya membangun hubungan dengan customer. Karena itulah, sistem Customer Relationship Management (CRM) menjadi salah satu strategi yang paling populer digunakan beberapa tahun terakhir. Apa itu crm online? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa pentingnya dalam dunia bisnis? Dibawah ini detailnya untuk anda!

Pengertian CRM Online

CRM adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam bisnis untuk mengelola interaksi dan hubungan antara pemilik bisnis dengan pelanggannya (customer). CRM hadir dengan membantu mengubah data customer menjadi informasi untuk meningkatkan pengalaman customer dan menciptakan marketing campaign yang lebih efektif.

Melalui sistem CRM ini secara tidak langsung akan mempermudah proses layanan pelanggan, penjualan hingga keuntungan bisnis.

Cara Kerja CRM

Sistem CRM memiliki beberapa fitur yang paling umum ditemui, antara lain:

  1. Otomasi marketing

Dengan adanya CRM, maka tugas telemarketing menjadi lebih mudah. Karena CRM membantu mengirimkan email ke banyak pelanggan, mengirim pesan yang berisi promosi terkini, memposting konten di media sosial dalam waktu tertentu dan lain sebagainya.

Apa tujuannya? Agar anda tetap terhubung dengan pelanggan setiap saat, dan mempermudah mereka ketika tiba-tiba membutuhkan produk atau jasa anda.

  1. Analitik 

Biasanya, saat menjalankan campaign, pebisnis tidak selalu tahu campaign mana yang paling efektif untuk menarik perhatian pelanggan atau meningkatkan penjualan.

CRM online akan membantu anda mengetahui hal tersebut dengan cara memberi informasi analitik yang menunjukkan tingkat kesuksesan setiap campaign. Dari sini anda bisa melihat berapa banyak pelanggan yang membuka pesan tentang promosi, dan berapa banyak dari mereka yang berakhir membeli.

  1. Manajemen lead

Cara kerja CRM yang satu ini adalah membantu bisnis memantau leads semenjak data pertama dimasukkan hingga komunikasi yang dilakukan dengan pelanggan sebagai tahapan dari perjalanannya.

Nah, melalui manajemen lead, pebisnis akan dengan mudah memilah leads yang berpotensi besar menjadi pelanggan tetap.

Pentingnya CRM Online dalam Bisnis 

Setelah memahami cara kerja CRM, penting bagi anda untuk mengetahui peran CRM dalam kemajuan suatu bisnis, yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas produk layanan

CRM memungkinkan anda meminta dan menyimpan hasil feedback pelanggan terkait produk/jasa, misalnya ada produk yang kurang disukai atau kurang baik. Dengan begitu anda bisa cepat mengevaluasi penyebab dan memperbaikinya.

  1. Mengubah pelanggan menjadi advocate

Ketika anda lebih bisa memahami kebutuhan pelanggan, mereka akan lebih puas dengan bisnis dan mungkin akan menjadi advocate anda. Apa itu advocate? Yakni pelanggan yang dengan senang hati dan secara sukarela mau menceritakan dan mempromosikan bisnis anda ke kerabat dekat atau orang lain.

Semakin pebisnis mengerti pentingnya crm online, semakin cepat pula mereka bisa meretensi pelanggan dengan lebih baik. Segera kunjungi convergence.id untuk informasi lebih lanjut mengenai CRM!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...