strategi marketing universitas
Article
November 24, 2022

4 Strategi Marketing Kampus/Universitas yang Saat ini Harus Dilakukan!

Strategi marketing tentu saja tidak hanya untuk perusahaan maupun bisnis saja, saat ini semua hal menjadi kompetisi dari berbagai lini. Universitas atau kampus juga sebaiknya memiliki strategi marketing untuk bisa membuat banyak calon mahasiswa percaya dan memilih universitas tersebut. Strategi marketing kampus/universitas harus bisa disesuaikan dengan trend saat ini dan juga penggunaan teknologi yang ada. Berikut adalah Strategi marketing kampus/universitas yang harus Anda miliki saat ini!

Website Universitas

Strategi marketing kampus/universitas yang pertama adalah website resmi universitas yang harus dimiliki. Tentu saja siapapun akan langsung mengunjungi website universitas ketika akan mencari informasi terbaru dalam bidang apapun. Tidak hanya calon mahasiswa saja, bahkan orang tua mahasiswa juga akan membuka website resmi universitas ketika memilih kampus mana yang cocok untuk anak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sebagai pihak yang dipilih untuk menjalankan strategi ini mulai membenah website. 

Saat ini banyak sekali universitas yang sudah memperhatikan website yang mereka miliki sehingga tampilannya sangat nyaman untuk dilihat. Hal ini mungkin terlihat sederhana dan banyak yang menganggap tidak perlu, tetapi dampaknya sangat besar kepada calon mahasiswa yang ada. 

SEO yang Digunakan oleh Universitas

Strategi marketing kampus/universitas selanjutnya yang sebaiknya digunakan adalah SEO atau Search Engine Optimization yang akan membuat website universitas berada di rangking pertama atau di halaman pertama Google. Website yang ada akan terbukti efektif dan bisa dijadikan sebagai referensi utama karena berada di rangking pertama. 

Cara agar sebuah universitas bisa memiliki SEO yang baik adalah menggunakan kata kunci yang relevan dan juga membuat konten yang relevan dan berkualitas. SEO menjadi cara yang sangat efektif dan membutuhkan waktu untuk bisa mendapatkannya. Anda akan merasakan perbedaan yang sangat besar ketika sudah menggunakan SEO untuk website universitas atau kampus. . 

SEM untuk Strategi Marketing Universitas

Selain SEO, Anda juga harus menggunakan SEM atau Search Engine Marketing yang memiliki perbedaan dengan SEO. Apakah Anda pernah melihat hasil pencarian dengan ikon iklan di sebelahnya? Hal ini adalah salah satu dari SEM yang sudah sangat umum Anda temukan. Pada umumnya hasil pencarian dari SEM akan muncul di 3 teratas hasil pencarian sehingga Anda bisa segera menemukannya. 

Hal ini tentu saja akan membuat informasi yang ingin Anda sampaikan bisa langsung diterima oleh target audiens. Perbedaan dari SEM dan SEO juga terlihat jelas dalam biaya yang harus Anda keluarkan. Tentu saja semuanya akan sangat membuat Anda memiliki banyak pengunjung baru yang akan membuat jumlah calon mahasiswa baru meningkat. 

Strategi Marketing Telemarketing Kampus

Selain Website, SEO, dan SEM, Anda juga sebaiknya menggunakan telemarketing kampus yang bisa segera Anda manfaatkan melalui Convergence sebagai Strategi marketing kampus/universitas. Telemarketing kampus akan membuat penawaran terbaru seperti adanya beasiswa dan juga potongan harga kepada calon mahasiswa bisa disampaikan dengan baik dan tentu saja tidak memaksa. Calon mahasiswa tidak akan merasa bingung lagi ketika ada tawaran dari Telemarketing resmi.  

Strategi marketing kampus/universitas yang sudah dijelaskan di atas akan membuat Anda semakin mudah dalam membuat universitas dikenal dengan cara yang baik. Banyak sekali cara yang bisa membuat Anda bisa memperkenalkan universitas dengan cara yang baik. Website yang dioptimasi dengan SEO dan SEM lalu ditambah dengan layanan Telemarketing yang terpercaya akan menghasilkan image universitas yang sangat baik dan juga profesional. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...