jasa outsourcing
Article
October 22, 2022

5 Tips Pendekatan Positif Terhadap Pelanggan Jasa Outsourcing

Jasa Outsourcing atau para tenaga kerja berstatus kontrak (outsourcing) nyatanya banyak dicari oleh banyak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Terutama perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam perdagangan digital (e-commerce), perusahaan yang bergerak dalam layanan langganan internet, langganan TV Kabel, dan berbagai perusahaan lain yang membutuhkan tenaga kerja yang fokus terhadap pendekatan kepada para pelanggannya.

Dengan menggunakan jasa tenaga kerja outsourcing untuk kebutuhan pekerjaan tersebut, hal itu ternyata sangat menguntungkan buat para perusahaan. Baik keuntungan guna menghemat pengeluaran anggaran perusahaan, sekaligus perusahaan itu semakin akrab dan memperbanyak pelanggannya dari kinerja para tenaga kerja outsourcing tersebut.

Keunggulan PT Konvergensi sebagai BPO atau Jasa Outsourcing Terpercaya

Untuk itulah, PT Konvergensi Mitra Solusi hadir dan ada guna memenuhi kebutuhan para mitra atau klien perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja outsourcing, atau Jasa Outsourcing. Keberadaan PT Konvergensi sudah bergerak aktif sejak tahun 2016 sebagai perusahaan yang beroperasi sebagai Business Process Outsourcing (BPO).

Dengan mitra atau klien perusahaan yang lebih dari 30 perusahaan yang rata-rata sudah ternama dan dikenal oleh masyarakat luas, yakni perusahaan yang bergerak dalam dunia pertelevisian, bisnis clothing, perusahaan perdagangan online dan sebagainya. Mereka semua memercayai PT Konvergensi di dalam kebutuhan akan tim kerja yang bisa melayani para pelanggan mereka dengan baik. Baik dalam segi merespons pertanyaan pelanggan, memberikan perhatian dan sikap cepat atas komplain dari pelanggan, atau berbagai kesulitan yang dihadapi pelanggan dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Ini sangat penting mengingat di era media sosial seperti saat ini, seperti adanya media Instagram, Facebook, Tiktok, Whatsapp dan sebagainya, maka tidak bisa dihindari jika kita bisa melihat postingan tentang keluhan dari pelanggan sebuah layanan perusahaan. Biasanya postingan keluhan dan kritikan yang kurang direspons baik oleh sebuah perusahaan terkait akan banyak dilihat orang, dan diperhatikan oleh para penggiat media sosial. Hingga dampak buruk bisa terjadi terhadap kinerja perusahaan tersebut. Selain bisa terjadi penurunan jumlah pelanggan, sekaligus perusahaan juga langsung mengalami penurunan omset dan keuntungan akibat postingan dari pelanggannya.

Tips Layanan Positif Pendekatan pada Pelanggan

Untuk itulah jangan menunggu hal itu terjadi. Kerja cerdas dalam mendekati para pelanggan adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para perusahaan. Mengingat kebutuhan itu, PT Konvergensi menyediakan para tenaga kerja outsourcing yang khusus mempunyai wawasan di dalam pekerjaannya sebagai Telemarketing Outbound.

Adapun oleh PT Konvergensi, semua pekerja dibekali pengetahuan cara berkomunikasi yang baik dengan para pelanggan dari perusahaan yang telah mengontraknya. Adapun mereka harus mempunyai beberapa hal keahlian seperti berikut, yakni:

  1. Ahli mendengar apa yang disampaikan oleh para pelanggan secara detail dan cepat memahami, baik itu pertanyaan ringan hingga berat. Bahkan kritikan hingga komplain dari seorang pelanggan harus didengar secara seksama;
  2. Tim layanan pelanggan harus bersikap tertarik dan antusias terhadap apa yang disampaikan oleh pelanggan. Suara staf layanan pelanggan harus terdengar jelas, tegas, sekaligus ramah terhadap apa pun yang dinyatakan oleh pelanggan;
  3. Para staf yang bekerja sebagai layanan pelanggan harus berempati terhadap keluhan, ketidakberdayaan dan kesulitan yang dihadapi pelanggan yang terkait akan penggunaan jasa dan produk dari perusahaan terkait. Respons cepat harus diambil sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan tersebut.
  4. Staf pelayanan pelanggan harus bersikap sebagai Dewa Penolong. Yakni siap membantu apa yang diminta dan dikeluhkan oleh pelanggan. Sekaligus siap juga memberikan jawaban yang tegas, jelas dan akurat, serta tidak bertele-tele guna merespons keluhan pelanggan;
  5. Staf pelayanan pelanggan atau customer service, atau call centre harus melakukan follow-up, atau tetap melakukan komunikasi yang berkesinambungan dengan para pelanggan. Dengan sikap yang ramah dan menyenangkan, pelanggan juga akan senantiasa loyal, memberikan respons positif, dan bisa saja membantu kita dalam memeroleh calon pelanggan-pelanggan baru dari keluarga dan kerabat mereka. Ini sangat menguntungkan, bukan?

Demikian ulasan tentang Jasa Outsourcing dari PT Konvergensi Mitra Solusi. Butuh SDM Handal? Maka Convergence adalah solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...