Article
July 11, 2023

Cara Atur Biaya Lamar Kerja Agar Hemat

Tujuan mencari kerja adalah untuk mendapatkan uang, tapi dalam rangka mencari kerja tentu membutuhkan uang pula. Kalian butuh uang sebagai biaya pembuatan CV, cetak foto dan lain sebagainya. Jadi, bagaimana cara atur biaya lamar kerja agar hemat? Simak penjelasan singkat di bawah ini!

1. Organisir Waktu untuk Mencari Kerja

Bagi fresh graduate yang masih semangat cari kerja, mungkin kalian bisa mengatur waktu untuk mencari kerja. Bukan tidak boleh, hanya saja apabila kondisi ekonomi kalian terbatas maka lebih baik untuk mengorganisir waktu. Hindari melempar lamaran kerja setiap hari karena biaya yang dibutuhkan tentu tidak sedikit. Kecuali lamaran secara online yang tidak membutuhkan biaya besar. 

Lain cerita kalau kalian mencari kerja secara offline dengan mendatangi satu per satu perusahaan maupun kantor. Setiap harinya akan membutuhkan biaya transportasi dan biaya lainnya selama perjalanan. Oleh karena itu kalian direkomendasikan untuk mengatur waktu ketika mencari lowongan kerja. 

2. Pinjam Pakaian Keluarga atau Teman untuk Wawancara

Jangan buru-buru membeli pakaian ketika kalian lulus tahapan pertama untuk wawancara. Memang benar ketika wawancara harus tampil rapi sehingga menarik perhatian. Namun pikirkan kembali biaya yang kalian keluarkan untuk membeli pakaian khusus wawancara. Bukankah lebih baik meminjam pakaian keluarga atau teman? 

Kalian bisa meminta keluarga atau teman untuk meminjamkan bajunya khusus di hari wawancara saja. Jika kalian tidak suka mengenakan pakaian orang lain, belilah baju baru jauh-jauh hari sebagai persiapan sekiranya lulus ke tahap wawancara. Beli baju yang dapat dikenakan untuk keperluan lainnya juga sehingga baju tersebut lebih berguna. 

3. Hindari Perjalanan Wawancara di Luar Kota

Pengeluaran paling besar untuk biaya lamar kerja adalah akomodasi apabila lolos ke tahapan wawancara di luar kota. Kalian tentu harus memikirkan biaya penginapan, transportasi, makan dan lain sebagainya. Jadi sebaiknya hindari melamar kerja di luar kota dengan budget terbatas. 

Namun apabila perusahaan yang mengadakan wawancara menanggung semua biaya perjalanan dan akomodasi, kalian bisa berpikir dua kali untuk menerima atau menolaknya. Pastikan terlebih dahulu persoalan biaya akomodasi dan penginapan calon karyawan pada pihak perusahaan. Jika tidak ditanggung perusahaan, tanyakan pula tentang wawancara melalui video maupun telepon. 

4. Tingkatkan Kemampuan dengan Gratis

Saat mencari pekerjaan dengan kemampuan yang dimiliki tidak beruntung, maka kalian harus meningkatkan kemampuan di bidang lainnya. Hal ini bisa diperoleh dari mana saja karena sudah banyak program pelatihan, magang atau sertifikasi yang menerima peserta secara gratis. Jadi kalian tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk meningkatkan kemampuan. 

5. Jangkau Sekolah

Kalian merupakan alumni dari sebuah sekolah, bukan? Manfaatkan jaringan yang kalian miliki agar bisa menjangkau sekolah tersebut. Biasanya pusat layanan karier pada sebuah universitas kerap menyediakan sumber daya gratis, layanan penilaian karier bagi alumni dan bantuan resume wawancara. Layanan ini bahkan disediakan bagi kalian yang merupakan fresh graduate. 

6. Manfaatkan Teknologi

Kalian para fresh graduate tentu sudah paham betul mengenai teknologi yang semakin canggih. Biaya yang dihabiskan untuk cari kerja menggunakan teknologi akan lebih ringan bagi kalian dengan ekonomi terbatas. Hematlah uang kalian dengan menggunakan paket prabayar dan layanan bundling. Para pemburu kerja dapat menggunakan bundling dan tv kabel selama mencari kerja. 

Bagaimana? Apakah cara atur biaya lamar kerja di atas cukup dipahami? Semoga penjelasan singkat di atas bermanfaat. Dapatkan informasi terkait pekerjaan hanya di http://career-page.com/convergence.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...