Article
May 27, 2023

Apakah Benar BPO Dorong Inovasi Pada Perusahaan Yang Menggunakannya?

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa perkembangan teknologi pada bisnis berasal dari kemajuan akademi dan aplikasi IT. Hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar. Kebanyakan inovasi yang paten sekarang berasal dari penggunaan BPO pada niche industri tertentu. Dari kejadian ini, dapat disimpulkan BPO dorong inovasi bisnis.

BPO Telah Kembangkan Banyak Inovasi Beberapa Tahun Terakhir

Perkembangan ini dapat diobservasi lebih jelas dalam aplikasi teknologi baru pada bisnis beberapa tahun terakhir. BPO untuk pertumbuhan bisnis telah berkontribusi dalam perkembangan hal – hal sebagai berikut:

  • Perkembangan perangkat kerja dari rumah atau dan pendukung WFH.
  • Penggunaan AI untuk pembuatan konten grafik dan teks.
  • Penggunaan AI chat box untuk melayani pelanggan.
  • Perkembangan alat analisa impact marketing social media.
  • Penggunaan cloud yang makin umum untuk operasi bisnis dan komunikasi antar BPO.
  • Invasi perangkat akuntansi dan management untuk upah karyawan.
  • Penggunaan teknologi pengamanan dengan voice recognition.
  • Teknologi baru dalam hal software analisa.

Perkembangan di atas dimulai dari BPO dulu, tapi impactnya tetap dirasakan untuk semua bisnis secara meluas. Perkembangan teknologi yang awalnya ditujukan untuk efisiensi BPO malah menjadi senjata utama bagi perusahaan menggantikan peran BPO dalam usahanya.

Contoh saja untuk keperluan alat analisa impact marketing social media. Perusahaan yang awalnya pakai BPO untuk keperluan marketing social media, tentu bisa memilih pakai alat analisa tersebut sebagai pengganti. Daripada membayar BPO, bisnis tetap mudah berjalan dengan membuat bagian internal yang tugasnya dipermudah dengan alat tersebut.

Bagaimana Perkembangan Ini Berhubungan dengan Perusahaan dan Bisnis Anda?

Banyaknya inovasi yang muncul dari BPO tentu berimbas pada perkembangan perusahaan juga. Contoh saja pertumbuhan perusahaan yang menggunakan alat akuntansi dan penghitungan upah beberapa tahun terakhir.

Tool untuk akuntansi dan penghitungan gaji para karyawan awalnya berkembang pada tahapan BPO. Alat ini dapat membantu BPO akuntansi dan HR untuk kebutuhan ubah besaran untung menjadi angka pengeluaran untuk staff yang digunakan.

Berawal sebagai alat spesifik, lama – lama teknologi ini menjadi lebih simpel dan bahkan dipakai perusahaan bisnis inti. Selama menggunakan tool yang lebih sederhana dipakai ini, penggunaan BPO soal akuntansi dapat dikurangi pada perusahaan.

Pada gambaran ini sudah jelas bahwa BPO dorong inovasi hal baru yang dapat berdampak juga pada struktur perusahaan. BPO adalah perusahaan dengan konsep spesifik, jadi perkembangan dalam dunia spesifik tersebut jauh lebih cepat dibandingkan perusahaan besar yang banyak melakukan berbagai hal.

Karena BPO lebih fokus, menggunakan tenaga ahli dibidang tertentu dan tentunya lebih berusaha optimasi niche industri, perkembangan di dalamnya mudah sekali terjadi. Apalagi jika BPO tersebut bersentuhan dengan dunia IT.

Penggunaan Teknologi Baru VS BPO

Walaupun banyak inovasi membuat perusahaan memilih teknologi baru dibandingkan pakai BPO, keputusan ini tidak 100% selalu terjadi. Banyak perusahaan yang pakai tool inovasi teknologi baru tetap memakai BPO.

Hal ini terutama saat ukuran perusahaan terlalu besar. Perusahaan besar pasti memiliki uang lebih untuk operasi dengan dua hal tersebut sekaligus. Selain itu, penggunaan tool teknologi baru yang membantu plus BPO, akan hasilkan efisiensi ganda pada akhirnya.

Jadi tidak dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi selanjutnya akan hilangkan konsep BPO. Status BPO sekarang adalah hal yang penting bagi industri sebagai sumber perkembangan hal baru. Jika terus dipergunakan, banyak teknologi menarik pasti ditemukan dalam perusahaan spesialisasi ini.

BPO juga adalah lahan bisnis yang menarik untuk perusahaan startup. Jadi walaupun teknologi baru dapat gantikan peran mereka, tetap saja pasti ada yang memakai konsep outsource ini untuk tingkatkan efisiensi perusahaan.

Pastikan Tentukan Pilihan Penggunaan BPO Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda!

Sekarang Anda sudah lebih tahu bagaimana BPO dapat menjadi faktor pendorong penemuan baru dalam bisnis. Tidak banyak orang sadar bahwa perkembangan pada niche dan dunia industri tertentu dapat berefek luas pada dunia bisnis secara luas, tapi hal ini terus saja terjadi.

Bagi Anda yang ingin dorong inovasi pada perusahaan dan bisnis Anda, pastikan update terus seputar BPO. Pastikan arahkan penggunaan BPO dan support perkembangan industri mereka. Siapa tahu hasilnya adalah BPO dorong inovasi yang menguntungkan perusahaan inti Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...