buat surat pengantar
Article
April 7, 2023

7 Syarat Buat Surat Pengantar dan Proposal Yang Pasti Menang!

Dalam bisnis, pengajuan surat pengantar dan proposal memiliki peran penting untuk buka jalur kesuksesan. Jika ingin buat surat pengantar dan proposal yang pasti menang, banyak hal harus diperhatikan. Mari bahas bersama hal – hal penting tersebut dalam artikel berikut ini!

1. Pastikan Model Tulisan Singkat dan Padat

Saat membuat surat pengantar atau proposal, pastikan pakai bahasa yang singkat dan padat. Jangan buat kalimat terlalu panjang atau penuh dengan bunga – bunga penjelasan tidak fokus. Setiap kalimat harus memberi informasi jelas dan membuat isi dari proposal terkesan serius.

Penggunaan bahasa formal tidak harus, tapi lebih utamakan bahasa baku yang menyampaikan informasi secara akurat. Menggunakan jargon ataupun bahasa Inggris juga diperbolehkan selama mampu memberi informasi lebih ringkas pada surat pengantar tersebut.

2. Fokus Pada Penjelasan Masalah dan Bagaimana Isi Proposal Menyelesaikannya

Jika ingin proposal sukses, pastikan fokus membahas berbagai hal menarik pada inti proposal. Selain itu, tunjukan bahwa proposal memiliki tujuan baik dalam menyelesaikan masalah. Karena kemampuan proposal menyelesaikan masalah penting, usahakan memberikan bahasan detail tentang masalah yang akan diselesaikan juga.

3. Jangan Kaku dan Masukan Personalitas Anda Pada Tulisan

Saat buat surat pengantar dan proposal, pastikan menggunakan bahasa yang berwarna dan sesuai dengan bahasa Anda sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan memasukan bahasa yang mengajak pembaca berfikir ataupun diskusi. Memastikan kalimat dan bahasa seperti ini pada surat pengantar akan lebih menarik bagi pembacanya.

4. Buat Struktur Penjelasan Tidak Monotone Tulisan Saja

Saat membuat pengantar proposal, pastikan memberikan banyak variasi pada penulisannya. Mulai dari penggunaan gambar, grafik, tabel, list dan berbagai alat bantu penjelasan lain harus tersedia. Hal ini penting agar menghasilkan surat pengantar yang singkat tapi informati.

Memperlihatkan data pada diagram tentu lebih singkat daripada memberikan penjelasan dalam bentuk paragraf. Jadi hal seperti ini dapat mendukung menjelaskan isi proposal dalam bagian pengantarnya.

5. Hindari Janji – Janji yang Belum Pasti Dalam Proposal

Pastikan hindari memberi janji atau kepastian dalam proposal. Segala hal belum tentu lancar seperti yang direncanakan dan janji lebih tentu terpenuhi. Karena itu, lebih fokus pada memberi peluang dan kemungkinan yang di dasari data pada dokumen proposal saja.

6. Jangan Oversell

Untuk pastikan sukses dalam mengajukan pengantar proposal, Anda harus hindari melakukan oversell. Orang yang terlalu menekankan hal – hal bagus saja pada proposal tanpa menunjukan kelemahan, pasti terkesan seperti menipu.

Sebagai tips buat proposal yang sukses, Anda harus tunjukan benefit proyek pada proposal tersebut, tapi dengan batasan logis. Pastikan bahas tantangan dan resiko melakukan proyek dalam proposal. Pastikan juga beri argument masuk akal dan jelas dengan menggunakan data serta fakta yang sesungguhnya.

7. Target Isi Surat Pengantar Agar Sesuai dengan Pembacanya

Saat membuat surat pengantar, pastikan menarget penerima-nya. Buat bahasa dan arahan solusi spesifik untuk mereka yang membaca. Hal ini hanya dapat dilakukan dengan research terlebih dahulu siapa yang akan menerima proposal.

Contoh saja perangkat pemerintahan daerah. Anda bisa ajukan proposal pembangunan desa kecil yang beri keuntungan pada pemerintah daerah dan juga. Pastikan beri banyak penjelasan yang mendukung dengan program pemerintah daerah tersebut yang sudah berjalan. Hal ini memastikan proposal lebih menarik bagi pemerintah daerah tersebut.

Sekian bahasan tentang syarat buat surat pengantar yang pasti menang. Mudah – mudahan dengan bahasan di atas, Anda lebih ahli membuat proposal dan sukses dalam karir. Terima kasih sudah baca artikel seputar surat pengantar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...