Article
May 17, 2023

5 Tips Menjaga Hubungan dan Komunikasi Baik Di Business Process Outsourcing

Bagi Anda yang mengelola suatu bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan Business Process Outsourcing (BPO). Tidak sedikit pelaku usaha yang kini menggunakan layanan BPO untuk meringankan pekerjaan perusahaan. Sektornya pun sangat beragam, mulai dari bidang manufaktur, digital, hingga BPO untuk industri healthcare.

Menggunakan layanan BPO memang pilihan tepat ketika bisnis Anda sudah makin berkembang dan butuh penangan lebih. Layanan ini juga sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda. Namun, karena mengingat layanan BPO dikelola oleh pihak ketiga, maka komunikasi antar mitra kerja menjadi hal utama yang harus dijaga.

Tips Menjaga Hubungan dan Komunikasi di BPO

  • Berkomunikasi Secara Berkala dengan BPO

Komunikasi menjadi kunci penting dalam setiap aspek, tak terkecuali untuk menjaga kolaborasi dan hubungan baik dengan BPO. Komunikasi juga diperlukan untuk memastikan kerja sama antara perusahaan Anda dan penyedia layanan BPO berjalan sesuai dengan semestinya.

Komunikasi yang terjaga dengan baik antara pengguna dan penyedia layanan akan membuat bisnis berjalan secara efektif. Dari komunikasi yang terjaga inilah, lahir sinergi antar kedua belah pihak.

  • Saling Terbuka Antara Perusahaan dan Penyedia Layanan 

Kolaborasi antara penyedia layanan Business Process Outsourcing dengan perusahaan Anda tidak akan tercipta jika kedua belah pihak tidak saling terbuka. Idealnya saat melakukan kerja sama, Anda dan penyedia layanan BPO harus saling percaya dan terbuka satu sama lain. Salah satunya terbuka mengenai layanan BPO apa saja yang Anda butuhkan.

Jika ada kendala dalam penggunaan layanan BPO pun seharusnya Anda terbuka dan membicarakannya dengan penyedia layanan. Dengan begitu, Anda dapat mengatasi masalah tersebut secara bersama-sama. Tidak adanya keterbukaan antara kedua belah pihak justru menimbulkan kesalahpahaman yang bisa mempengaruhi kontrak kerja sama.

  • Fleksibel dan Tetap Profesional dalam Menjalankan Bisnis

Ketika Anda menggunakan layanan BPO dari pihak ketiga, artinya Anda tidak lagi bekerja sendiri. Segala keputusan yang berkaitan dengan layanan BPO tak bisa Anda putuskan seorang diri. Sebagai pemilik bisnis, Anda juga tidak boleh bersikap egois.

Jangan sampai keputusan yang Anda buat justru merugikan salah satu pihak dan mencederai kerja sama dengan penyedia layanan BPO. Andai kata terdapat masalah dalam kerja sama, bicarakan baik-baik dengan mitra bisnis Anda dengan kepala dingin untuk mendapatkan keputusan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

  • Berikan Informasi yang Jelas dan Tepat

Kepercayaan adalah salah satu faktor yang harus dijaga dalam sebuah hubungan kerja sama. Untuk menunjukkan kepercayaan antar mitra kerja, Anda perlu menjaga komunikasi yang baik dengan perusahaan penyedia layanan Business Process Outsourcing.

Salah satu cara membangun komunikasi yang baik adalah dengan memberikan informasi yang jelas dan tepat kepada mitra bisnis. Sampaikan layanan seperti apa yang Anda butuhkan dari jasa BPO. Anda pun bisa bertanya mengenai teknis pelaksanaannya, anggaran yang diperlukan, dan hal-hal lain yang belum Anda pahami.

  • Adakan Sebuah Pertemuan untuk Mempererat Kolaborasi

Dalam berhubungan dengan mitra kerja, penting untuk senantiasa berkomunikasi. Sebagai mitra kerja, Anda bisa mengadakan sebuah pertemuan dengan penyedia layanan BPO. Hal semacam ini sangat diperlukan untuk memperkuat hubungan kerja sama sekaligus meningkatkan kolaborasi.

Saat sesi pertemuan, Anda dapat membahas hal-hal apa saja yang dirasa penting dan perlu dirundingkan oleh kedua belah pihak. Selain itu, Anda dapat memberikan feedback terhadap layanan BPO yang Anda gunakan.

Namun perlu diingat, bahwa pertemuan semacam ini masih bersifat formal. Jadi, pastikan Anda memilih waktu dan tempat yang tepat. Lebih lanjut, perhatikan pula gaya bahasa dan nada bicara yang Anda gunakan selama pertemuan.

Pada dasarnya, menjaga komunikasi dan kolaborasi yang solid dengan penyedia layanan BPO tidaklah sulit. Namun, juga tidak bisa dianggap remeh. Sebagai mitra kerja, tentunya Anda harus bersikap profesional dalam menjalin komunikasi dengan penyedia layanan BPO.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan layanan Business Process Outsourcing, pastikan untuk memilih perusahaan yang terpercaya dan profesional. Selain itu, pilihlah layanan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...