cara mempersiapkan wawancara telepon
Article
April 17, 2023

Cara Mempersiapkan Wawancara Telepon Agar Sukses

Sebagai seorang fresh graduate yang akan masuk ke dalam dunia kerja, maka sangat penting untuk mengetahui cara mempersiapkan wawancara telepon. Kini, wawancara kerja tidak hanya bisa dilakukan secara langsung saja dan sudah bisa melalui telepon agar lebih mudah. Ada berbagai cara yang bisa anda terapkan untuk membuat wawancara tersebut menjadi sukses.

Berikut ini adalah cara mempersiapkan wawancara telepon agar sukses :

1. Pelajari Tentang Posisi Lamaran Pekerjaan

Cara pertama agar membuat suatu wawancara yang dilakukan via telepon menjadi sukses adalah mencari tahu mengenai posisi lamaran pekerjaan tersebut. Seperti misalnya, jika anda sudah memasukkan lamaran pada posisi digital marketing maka anda harus mencari tahu berbagai informasi mengenai digital marketing.

Anda bisa mencari tahu mulai dari definisinya, job desk nya, lingkup kerja, berbagai tanggung jawab, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan posisi pekerjaan tersebut. Dengan begitu, ketika anda melakukan wawancara nantinya bisa meyakinkan HRD bahwa anda merupakan orang yang memahami pekerjaan tersebut.

2. Pelajari Mengenai Perusahaan

Cara mempersiapkan wawancara telepon dengan baik yang selanjutnya adalah mempelajari mengenai perusahaan. Selain mempelajari mengenai posisi yang anda lamar, sangat penting juga untuk mempelajari perusahaannya. Dengan begitu, anda akan mempunyai kesan yang baik di mata para HRD.

Anda bisa mencari tahu mengenai perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan, serta berbagai informasi penting lainnya. Pengetahuan mengenai perusahaan ini sering kali ditanyakan oleh para HRD untuk menguji apakah para kandidatnya mempunyai niat yang besar untuk bekerja para perusahaan atau tidak.

3. Cari Tahu Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Ada berbagai pertanyaan yang sering kali ditanyakan ketika interview via whatsapp call. Biasanya, berbagai pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan dasar untuk menguji pengetahuan anda. Seperti misalnya pertanyaan mengenai posisi yang dilamar, pengetahuan akan perusahaan, pencapaian anda, dan lain sebagainya, 

Anda bisa mengumpulkan pertanyaan itu terlebih dahulu dan menulisnya pada kertas atau catatan di laptop. Kemudian, anda bisa menulis jawaban yang sesuai untuk berbagai pertanyaan tersebut. Lalu, berbagai pertanyaan dan jawaban yang sudah anda buat bisa anda pelajari dan hapalkan agar ketika nanti wawancara via telepon bisa menjawabnya dengan lancar.

4. Persiapkan Resume dan Dokumen Pendukung

Sebelum melakukan wawancara, anda juga harus mempersiapkan resume dan berbagai pendukung lainnya. Walaupun tidak dilakukan secara langsung, mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut sangat penting agar anda bisa menjelaskan dengan mudah apa saja yang sudah anda lampirkan kepada HRD perusahaan.

Dengan mempersiapkan dari awal akan membuat ketika wawancara nanti anda bisa menjadi lebih fokus menjawab pertanyaan dari HRD. Anda tak perlu lagi repot-repot mencari dokumen pendukung sehingga menjadi wawancara bebas. Wawancara bebas adalah wawancara yang tidak akan merepotkan anda.

5. Lakukan Wawancara dengan Tenang

Jika sudah mempersiapkan berbagai hal yang sudah dijelaskan diatas maka kini anda bisa melakukan wawancara dengan lancar. Lakukan wawancara dengan tenang agar anda bisa menjadi rileks. Pastikan juga untuk melakukan wawancara di tempat yang sunyi agar tidak mengalami gangguan dari orang lain.

Itulah berbagai cara mempersiapkan wawancara telepon agar lancar. Kini, anda sudah mengetahui berbagai caranya sehingga diharapkan bisa melaksanakan wawancara dengan lebih tenang dan mendapatkan hasil terbaik. Dengan berbagai persiapan tersebut akan membuka peluang kerja menjadi lebih besar sehingga anda bisa segera bekerja di perusahaan impian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...