Cara Mengelola Stress
Article
April 19, 2023

Pentingnya Tahu Cara Mengelola Stress Saat Mencari Kerja

Selama masa pencarian kerja, tidak jarang dari kita merasa stress dan juga tertekan yang luar biasa. Agar tidak mengganggu aktivitas serta kesehatanmu penting bagimu untuk tahu cara mengelola stress.

Dalam masa pencarian kerja, kamu harus dituntut aktif untuk menggali informasi seputar perusahaan, terlebih lagi kamu juga harus mampu bersaing dengan banyaknya kandidat dengan pengalaman yang sangat beragam.

Namun, mendaftar kerja bukanlah sesuatu hal yang bisa dipastikan kamu akan lolos dan diterima menjadi karyawan di perusahaan besar yang kamu impikan.

Banyak sekali pesaing dengan latar belakang yang berbeda berkompetisi untuk menempati posisi yang sama sepertimu. Selain itu banyak pula perusahaan yang mensyaratkan pengalaman bekerja untuk posisi yang dibuka.

Tanpa disadari hal itu bisa membuat kita merasakan kelelahan hingga stress saat mencari pekerjaan. Terlebih bagi para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Hal ini tentu menjadi sangat penting bagi kita untuk bisa mengelola stress kita agar tidak berlarut.

Pengelolaan stress yang baik membuat kamu tidak kehilangan motivasi serta fokus saat mengerjakan sesuatu hal, selain itu juga penting untuk membantu kamu dalam mengelola emosi kamu. 

Emosi negatif karena stress jika dikelola dengan baik akan bisa mengembalikannya ke energi positif yang sangat mempengaruhi aktivitasmu sehari-hari.

Lantas, bagaimana cara mengelola stress saat mencari kerja? Simak ulasannya

1. Kenali sumber

Sebelum mengatasi stress yang kamu alami, terkadang kita tidak begitu paham dari mana asalnya stress. Kamu harus mengenali sumber stress kamu. Agar nantinya ketika kamu paham dari mana sumber stress itu berasal, kamu bisa mengatasinya sendiri.

2. Terima serta mengakui jika tertekan

Jangan mencoba untuk menekan perasaan saat kamu merasa kamu tidak baik. Mulailah coba untuk berdiam diri dan memperbolehkan perasaan tertekanmu itu mengalir dan menerima keadaanmu jika sedang tidak baik.

3. Meditasi

Pengelolaan stress bisa dimulai dengan melakukan meditasi rutin. Kamu bisa melakukan itu berturut-turut minimal selama 8 minggu. Cukup berdiam diri dan mulai untuk fokus kepada dirimu, cobalah untuk fokus kepada tarikan nafas selama 10-15 menit, rutin setiap hari. 

4. Tarikan napas dalam

Cobalah untuk menarik napas yang dalam hingga tulang rusuk dan perut mengembang dan tarikan napas tidak berhenti di dada. Menarik napas secara dalam dan mengeluarkannya secara perlahan dapat membantu kamu untuk merasa rileks sehingga otot kamu tidak tegang.

5. Berdiskusi

Banyaklah berdiskusi kepada senior, atau keluargamu seputar dunia kerja. Manfaatkan prosesmu dalam mencari kerja untuk menambah banyak ilmu dari pengalaman mereka yang telah lama bekerja. Kamu akan mendapatkan banyak wawasan serta menyiapkan mentalmu sebelum bekerja.

Ada kabar gembira bagi kamu yang sedang aktif dalam mencari kerja khususnya para fresh graduate. Salah satu perusahaan BPO (outsourcing) convergence saat ini tengah banyak membuka peluang kesempatan kerja bagi kamu.

Kamu bisa mengunjungi website nya di https://convergence.id/ untuk mengetahui profil perusahaan. Untuk mengetahui posisi pekerjaan yang dibuka, kamu bisa mengunjungi website link di https://www.careers-page.com/convergence .

Bahkan, untuk kamu yang belum memiliki pengalaman bekerja, kamu bisa mendaftarnya. Kamu hanya perlu mendaftar satu kali saja untuk posisi yang ingin kamu lamar di laman websitenya. Sangat mudah dan praktis.

Tapi jangan lupa juga bagi kamu yang sedang mencari kerja untuk tetap memberikan kesempatan diri untuk istirahat sejenak agar tidak kelelahan secara mental. 

Nah itu tadi adalah pembahasan singkat bagaimana cara mengelola stress kamu saat mencari kerja. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...