Article
July 13, 2023

Membangun Citra Baik Bisnis Online, Lakukan Tips ini! Dijamin Retensi Dan Loyalitas Pelanggan Meningkat

Bisnis online menjadi trend kekinian yang banyak dilakukan. Selain tidak membutuhkan biaya banyak, bisnis online dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Salah satu tujuan berbisnis yaitu mendapatkan tambahan pendapatan. 

Perlu disadari, pendapatan tidak hanya hadir dari pembeli baru melainkan pembeli lama. Inilah hal kecil yang belum banyak diperhatikan oleh pebisnis. Pasalnya, statistika yang diperhatikan hanya performa pembelian baru yang dilakukan. Sedangkan pembeli langganan kurang diperhatikan. 

Seharusnya, jika bisnis yang dijalankan ingin berlanjut dan terus digunakan oleh pelanggan, pebisnis harus mampu mempertahankan pelanggan. Aktivitas ini dinamakan dengan retensi pelanggan atau customer retention. 

Mengingat retensi dan loyalitas pelanggan sangat penting, pebisnis harus mampu membangun citra baik bisnis online yang dijalankan. Lalu bagaimana caranya? tenang, jangan diambil pusing. Disini akan dijelaskan lebih detail mengenai tips membangun citra baik bisnis guna meningkatkan retensi. 

Lalu, Apa Itu Retensi Pelanggan? Seberapa Penting 

Sebelum lanjut kebahagian yang lebih mendalam, perlu diketahui tentang apa itu retensi pelanggan. retensi pelanggan atau customer retention sering diartikan sebagai upaya yang dilakukan pebisnis untuk mempertahankan pelanggan lama agar terus berlangganan. 

Mempertahankan pelanggan akan membawa benefit lebih untuk bisnis online. Tidak hanya income, testimoni yang diberikan juga membantu untuk meningkatkan citra baik produk. Tujuannya untuk lebih meyakinkan pelanggan baru, bahwa produk yang dijual memiliki kualitas bagus. 

Mengingat pentingnya retensi dan loyalitas pelanggan, pebisnis harus mempunyai taktik untuk tampil beda dan unik. Tidak hanya itu, membangun citra baik bisnis online di ingatan pelanggan juga penting. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut. 

Tips Membangun Citra Baik Bisnis Online Untuk Retensi Dan Loyalitas Meningkat

Meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan menjadi tujuan utama bisnis. Berbagai hal akan dilakukan untuk membuat nyaman mereka, baik dari segi packaging, pelayanan, pemesanan, dan lainnya. Berikut tips yang perlu diterapkan. 

  1. Bersikap Jujur Dan Transparan Kepada Pelanggan 

Pada bisnis online, sifat jujur dan transparan sangat dibutuhkan. Pasalnya, banyak penjual yang tidak secara terang-terangan menjelaskan produk yang dijual. Hal ini bisa membuat pembeli merasa kebingungan dan tidak yakin. 

Untuk itu perlu taktik cerdas untuk mengatasinya, yaitu dengan mengemas penjelasan produk dengan jujur dan transparan. Tentu akan lebih memudahkan pembeli untuk memahami komposisi, kegunaan, cara pemakaian, dan cara penyimpanan. 

  1. Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan 

Tentu dalam berbisnis hubungan baik antara penjual dan pembeli sangat dibutuhkan. Karena pembelian akan terjadi jika penjual dapat menarik minat dan keinginan pembeli. Oleh karena itu skill komunikasi yang baik sangat dibutuhkan. 

Untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan pelanggan, bisa dengan mengucapkan terima kasih atau berinteraksi melalui media sosial. 

Namun, seringkali pebisnis bingung dan mengalami kesulitan untuk menemukan jasa layanan yang bagus dan berkualitas. Tapi tenang, anda dapat menemukan solusi dan berbagai program lainnya di alamat website https://convergence.id/blog/ yang pastinya sangat bermanfaat dan kompeten.  

  1. Memberikan Pelayanan Yang Berkualitas Dan Mengesankan

Pelayanan yang berkualitas dan mengesakan sangat dicari oleh pelanggan. Mereka akan merasa nyaman jika harapan dan keinginan dapat terpenuhi. Misalnya saja, pelanggan banyak bertanya-tanya tentang produk atau masalah lainnya. 

Tugas penjual adalah memberikan jawaban dengan sopan dan ramah, agar terkesan pelayanan yang dilakukan baik dan kompeten. Tidak hanya membuat pelanggan puas, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan citra baik bisnis online. 

  1. Meminta Testimoni Pelanggan Guna Evaluasi Produk 

Pendapat dan komen pelanggan sangat penting bagi evaluasi produk di masa mendatang. Dari sini, akan diketahui apa yang dibutuhkan, kekurangan produk, dan inovasi apa yang diperlukan. Tidak hanya itu, testimoni sangat membantu bisnis online dalam bentuk pemasaran tidak langsung. 

Maksudnya, jika testimoni yang diberikan bagus, otomatis pelanggan lain juga akan tertarik untuk melakukan pembelian. Sebaliknya, jika testimoni yang diberikan jelek maka pelanggan akan memilih toko lain. 

Begitulah sedikit tips yang dapat diterapkan untuk meningkatkan citra baik bisnis online. Mudah bukan? tetap upgrade skill pelayanan bisnis kamu untuk meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan. karena datangnya income dari banyaknya pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...