Article
July 13, 2023

Cara Terbaik & Hal yang Harus Dihindari Sebagai Customer Service

Anda pasti kenal dengan istilah customer service atau layanan pelanggan, bukan? Profesi satu ini tidaklah mudah, dan membutuhkan serangkaian keahlian khusus demi meningkatkan bisnis, menjaga loyalitas pelanggan.

Berikut ini ada cara-cara bagaimana melayani konsumen demi loyalitas dan retensi.

7 Cara Menjadi Layanan Konsumen yang Baik

1. Ramah

Peraturan terpenting untuk meraih pelayanan konsumen terbaik adalah keramahan. Cobalah sapa pelanggan dibarengi senyuman, penuh hormat, dan sopan. Jadilah orang yang proaktif dalam memperhatikan apa yang diperlukan oleh konsumen dan memberi rekomendasi sebelum ditanya.

Sangat penting untuk bersikap baik dan empati terhadap konsumen, meski tak jarang anda dalam situasi di mana konsumen bersikap kurang ramah.

2. Response cepat

Faktor kedua adalah soal durasi dalam memberikan respons. Konsumen lebih menyukai jawaban yang cepat, terutama saat mereka sedang berada dalam situasi genting.

Demi meningkatkan kepuasan, balaslah panggilan telepon atau email dalam 24 jam, jangan lupa beritahu mereka berapa lama durasi waktu pelayanannya.

Baca Juga: Simak Cara Mudah Negosiasi dan Mengelola Kontrak BPO

3. Pengetahuan produk/layanan luas

Untuk menawarkan pelayanan terbaik, anda juga harus memahami segala aspek dari produk atau layanan yang dijual. Idealnya, anda juga akan melakukan diskusi terkait fitur, kegunaan, dan manfaat yang didapat dari apa yang ditawarkan.

4. Dengarkan konsumen

Cara paling sederhana memberi pelayanan yang baik yaitu selalu mendengarkan pelanggan. Tak jarang pelanggan hanya butuh didengar, maka pastikan anda menyimak dengan baik.

Mereka mungkin saja memiliki beberapa poin valid yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa anda, serta memahami apa yang mereka butuhkan.

5. Ucapkan terima kasih

Konsumen seringkali mudah mengingat kebaikan yang dilakukan oleh para customer service. Ucapkanlah terima kasih di setiap transaksi. Tak hanya sebatas ucapan, anda juga dapat mengucapkan rasa terima kasih dengan cara berikut ini :

  • Tulisan tangan, mengirim ucapan menggunakan tulisan tangan sebuah cara menunjukkan betapa anda menghargai konsumen. Namun, di era digital ini bisa dilakukan lewat kartu digital yang dikirim lewat email.
  • Menawarkan sampel gratis, memberikan tawaran seperti ini juga banyak dipilih dan tentunya disukai konsumen. Ini juga bisa dijadikan cara promosi yang baik.
  • Tawaran diskon spesial, pemberian diskon khusus pada pembelian berikutnya adalah metode lain yang dapat dicoba demi meningkatkan penjualan.

6. Kenali siapa konsumen anda

Berikut ini beberapa tips untuk lebih mengenali konsumen anda :

  • Beri pertanyaan, bertanya beberapa pertanyaan sederhana adalah cara termudah dan tercepat.
  • Gunakan sosial media, banyak sosial media menyediakan insights untuk mengetahui apa yang disukai oleh konsumen, misal kebiasaan atau apa yang mereka beli.
  • Lakukan survey, menyebarkan survey juga cara bagus untuk mendapatkan umpan balik yang jujur dan mendapat informasi lebih spesifik soal kebutuhan dan keinginan mereka.

7. Meminta dan menggunakan umpan balik

Mintalah umpan balik kepada konsumen terkait pelayanan, produk atau jasa yang telah mereka gunakan. Umpan balik ini bisa dalam bentuk survey, formulit, atau pertanyaan singkat.

Setelah mendapatkan feedback, anda dapat memanfaatkannya demi meningkatkan kualitas kerja dan produk perusahaan.

4 Hal yang Harus Dihindari

Selain tujuh tips yang perlu dilakukan agar menjadi layanan konsumen terbaik, berikut ini beberapa hal yang harus anda hindari juga. Apa sajakah?

  • Cuek

Bersikap cuek dapat merusak citra anda dan perusahaan. Hal seperti ini tentunya tidak akan dilakukan oleh seorang layanan konsumen yang profesional.

  • Mengabaikan umpan balik

Pastikan anda betul-betul mendengarkan apa yang dikatakan konsumen. Mereka juga berperan besar dalam membuat bisnis lebih baik, jadi biarkan konsumen membagikan pengalaman dan opininya kepada anda.

  • Takut akan keluhan

Menerima keluhan adalah sebuah tantangan sebagai pelayan konsumen. Namun, jangan takut sebab keluhan merupakan kesempatan besar anda untuk menemukan dan memperbaiki sebuah masalah.

  • Rumit

Buatlah konsumen lebih mudah mendapat akses untuk menghubungi anda. Beri tahu bahwa layanan konsumen dapat dijangkau melalui email, FAQ, live chat, sosial media, hingga telepon.

Demikianlah tips yang harus dan perlu dihindari untuk menjadi customer service  terbaik. Semoga anda dapat menjadikan artikel ini sebagai inspirasi demi meningkatkan kinerja dan loyalitas pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...