Anda pasti kenal dengan istilah customer service atau layanan pelanggan, bukan? Profesi satu ini tidaklah mudah, dan membutuhkan serangkaian keahlian khusus demi meningkatkan bisnis, menjaga loyalitas pelanggan.
Berikut ini ada cara-cara bagaimana melayani konsumen demi loyalitas dan retensi.
Daftar Isi
7 Cara Menjadi Layanan Konsumen yang Baik
1. Ramah
Peraturan terpenting untuk meraih pelayanan konsumen terbaik adalah keramahan. Cobalah sapa pelanggan dibarengi senyuman, penuh hormat, dan sopan. Jadilah orang yang proaktif dalam memperhatikan apa yang diperlukan oleh konsumen dan memberi rekomendasi sebelum ditanya.
Sangat penting untuk bersikap baik dan empati terhadap konsumen, meski tak jarang anda dalam situasi di mana konsumen bersikap kurang ramah.
2. Response cepat
Faktor kedua adalah soal durasi dalam memberikan respons. Konsumen lebih menyukai jawaban yang cepat, terutama saat mereka sedang berada dalam situasi genting.
Demi meningkatkan kepuasan, balaslah panggilan telepon atau email dalam 24 jam, jangan lupa beritahu mereka berapa lama durasi waktu pelayanannya.
Baca Juga: Simak Cara Mudah Negosiasi dan Mengelola Kontrak BPO
3. Pengetahuan produk/layanan luas
Untuk menawarkan pelayanan terbaik, anda juga harus memahami segala aspek dari produk atau layanan yang dijual. Idealnya, anda juga akan melakukan diskusi terkait fitur, kegunaan, dan manfaat yang didapat dari apa yang ditawarkan.
4. Dengarkan konsumen
Cara paling sederhana memberi pelayanan yang baik yaitu selalu mendengarkan pelanggan. Tak jarang pelanggan hanya butuh didengar, maka pastikan anda menyimak dengan baik.
Mereka mungkin saja memiliki beberapa poin valid yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa anda, serta memahami apa yang mereka butuhkan.
5. Ucapkan terima kasih
Konsumen seringkali mudah mengingat kebaikan yang dilakukan oleh para customer service. Ucapkanlah terima kasih di setiap transaksi. Tak hanya sebatas ucapan, anda juga dapat mengucapkan rasa terima kasih dengan cara berikut ini :
- Tulisan tangan, mengirim ucapan menggunakan tulisan tangan sebuah cara menunjukkan betapa anda menghargai konsumen. Namun, di era digital ini bisa dilakukan lewat kartu digital yang dikirim lewat email.
- Menawarkan sampel gratis, memberikan tawaran seperti ini juga banyak dipilih dan tentunya disukai konsumen. Ini juga bisa dijadikan cara promosi yang baik.
- Tawaran diskon spesial, pemberian diskon khusus pada pembelian berikutnya adalah metode lain yang dapat dicoba demi meningkatkan penjualan.
6. Kenali siapa konsumen anda
Berikut ini beberapa tips untuk lebih mengenali konsumen anda :
- Beri pertanyaan, bertanya beberapa pertanyaan sederhana adalah cara termudah dan tercepat.
- Gunakan sosial media, banyak sosial media menyediakan insights untuk mengetahui apa yang disukai oleh konsumen, misal kebiasaan atau apa yang mereka beli.
- Lakukan survey, menyebarkan survey juga cara bagus untuk mendapatkan umpan balik yang jujur dan mendapat informasi lebih spesifik soal kebutuhan dan keinginan mereka.
7. Meminta dan menggunakan umpan balik
Mintalah umpan balik kepada konsumen terkait pelayanan, produk atau jasa yang telah mereka gunakan. Umpan balik ini bisa dalam bentuk survey, formulit, atau pertanyaan singkat.
Setelah mendapatkan feedback, anda dapat memanfaatkannya demi meningkatkan kualitas kerja dan produk perusahaan.
4 Hal yang Harus Dihindari
Selain tujuh tips yang perlu dilakukan agar menjadi layanan konsumen terbaik, berikut ini beberapa hal yang harus anda hindari juga. Apa sajakah?
-
Cuek
Bersikap cuek dapat merusak citra anda dan perusahaan. Hal seperti ini tentunya tidak akan dilakukan oleh seorang layanan konsumen yang profesional.
-
Mengabaikan umpan balik
Pastikan anda betul-betul mendengarkan apa yang dikatakan konsumen. Mereka juga berperan besar dalam membuat bisnis lebih baik, jadi biarkan konsumen membagikan pengalaman dan opininya kepada anda.
-
Takut akan keluhan
Menerima keluhan adalah sebuah tantangan sebagai pelayan konsumen. Namun, jangan takut sebab keluhan merupakan kesempatan besar anda untuk menemukan dan memperbaiki sebuah masalah.
-
Rumit
Buatlah konsumen lebih mudah mendapat akses untuk menghubungi anda. Beri tahu bahwa layanan konsumen dapat dijangkau melalui email, FAQ, live chat, sosial media, hingga telepon.
Demikianlah tips yang harus dan perlu dihindari untuk menjadi customer service terbaik. Semoga anda dapat menjadikan artikel ini sebagai inspirasi demi meningkatkan kinerja dan loyalitas pelanggan.