Di era persaingan tinggi seperti sekarang ini efisiensi sangat diperlukan agar bisa survive dan terus berkembang, memenangkan kompetisi. Baik itu bisnis skala besar maupun bisnis kecil UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sekalipun, jika masih mau bertahan lama. Sehingga beberapa perusahan ada yang melakukan outsourcing misalnya, sebagai upaya penghematan biaya SDM. Selain itu sebenarnya dengan bantuan serta pengintegrasian ERP CRM maka akan bisa diperoleh penghematan yang lebih besar lagi, secara signifikan dan efisiensi bisnis pun meningkat, bahkan bisa berjalan lebih lancar, dan laba akan bertambah sebagai goal akhirnya.
Apa itu ERP dan CRM
ERP atau Enterprise Resource Planning adalah software yang akan mengintegrasikan bagian-bagian bisnis suatu perusahaan, secara menyeluruh, yakni mulai dari bagian produksi, lalu bagian marketing, HRD (Human Resource Department) hingga bagian Inventory atau pergudangan dan supply chain, menyeluruh. Sedangkan CRM atau Customer relationship management adalah aplikasi yang terkait dengan segala hal mengenai data customer dan pelayanannya.
Perbedaan antara ERP dan CRM
Tujuan dan fungsi ERP adalah untuk menekan biaya dan mengurangi biaya overhead serta memotong biaya yang tidak perlu. Pada dasarnya ERP berupaya untuk melakukan efisiensi dari segi biaya dan pengeluaran. Sedangkan tujuan dan fungsi CRM adalah pengumpulan data customer dan pelayanannya yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan pemasukan sebesar-besarnya. Integrasi keduanya akan sangat luar biasa. Kedua sisi ini, antara penghematan biaya dan peningkatan pemasukan akan melipatgandakan laba.
Fitur ERP
Fitur ERP antara lain sebagai berikut.
Pengelolaan Inventory
Yakni meliputi pengaturan pemesanan ulang otomatis, dan informasi jumlah stok barang, lalu status mesin produksi, dan lain sebagainya.
Manajemen Supply Chain
Yakni meliputi pengelolaan pesanan pembelian, dan distribusi, serta monitoring kualitas produk, dan ketaatan terhadap peraturan, serta manufaktur.
Manajemen Keuangan
Yakni meliputi informasi dan pengelolaan utang, dan piutang, juga buku besar, serta manajemen aset tetap.
Manajemen Sumber Daya Manusia
Yakni meliputi pengelolaan jadwal jam kerja, dan pendistribusian gaji, serta permohon izin sakit, dan lain sebagainya.
Fitur CRM
Fitur CRM antara lain sebagai berikut.
Manajemen Kontak
Yakni sistem yang memungkinkan pelacakan dan update informasi pelanggan, yaitu seperti data kontak, dan invoice, serta dokumen lainnya.
Pelacakan Interaksi Pelanggan
Guna melacak riwayat informasi pelanggan, seperti proses pembayarannya, produk yang dipesan dan lain sebagainya.
Manajemen Database
Sehingga semua departemen perusahaan dapat mengakses informasi yang sama dengan mudah dan terpusat.
Dapatkan informasi lebih lanjut di convergence.id Bisa konsultasi dan kondisi bisnis dan perusahaan agar bisa menjadi lebih efisien serta terdeteksi dan memangkas biaya yang tak perlu lalu juga meningkatkan penjualan, baik secara jumlah transaksinya maupun nilainya serta pemasukan perusahaan. Dengan demikian maka laba pun akan meningkat dengan secara signifikan. All in one solution layanannya. Juga tak perlu khawatir dengan biayanya karena flexible pricing.