erp crm
Article
November 6, 2022

ERP CRM: Pengertian dan Tujuannya

Di era persaingan tinggi seperti sekarang ini efisiensi sangat diperlukan agar bisa survive dan terus berkembang, memenangkan kompetisi. Baik itu bisnis skala besar maupun bisnis kecil UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sekalipun, jika masih mau bertahan lama. Sehingga beberapa perusahan ada yang melakukan outsourcing misalnya, sebagai upaya penghematan biaya SDM. Selain itu sebenarnya dengan bantuan serta pengintegrasian ERP CRM maka akan bisa diperoleh penghematan yang lebih besar lagi, secara signifikan dan efisiensi bisnis pun meningkat, bahkan bisa berjalan lebih lancar, dan laba akan bertambah sebagai goal akhirnya.

Apa itu ERP dan CRM

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah software yang akan mengintegrasikan bagian-bagian bisnis suatu perusahaan, secara menyeluruh, yakni mulai dari bagian produksi, lalu bagian marketing, HRD (Human Resource Department) hingga bagian Inventory atau pergudangan dan supply chain, menyeluruh. Sedangkan CRM atau Customer relationship management adalah aplikasi yang terkait dengan segala hal mengenai data customer dan pelayanannya.

Perbedaan antara ERP dan CRM

Tujuan dan fungsi ERP adalah untuk menekan biaya dan mengurangi biaya overhead serta memotong biaya yang tidak perlu. Pada dasarnya ERP berupaya untuk melakukan efisiensi dari segi biaya dan pengeluaran. Sedangkan tujuan dan fungsi CRM adalah pengumpulan data customer dan pelayanannya yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan pemasukan sebesar-besarnya. Integrasi keduanya akan sangat luar biasa. Kedua sisi ini, antara penghematan biaya dan peningkatan pemasukan akan melipatgandakan laba.

Fitur ERP

Fitur ERP antara lain sebagai berikut.

Pengelolaan Inventory

Yakni meliputi pengaturan pemesanan ulang otomatis, dan informasi jumlah stok barang, lalu status mesin produksi, dan lain sebagainya.

Manajemen Supply Chain

Yakni meliputi pengelolaan pesanan pembelian, dan distribusi, serta monitoring kualitas produk, dan ketaatan terhadap peraturan, serta manufaktur.

Manajemen Keuangan

Yakni meliputi informasi dan pengelolaan utang, dan piutang, juga buku besar, serta manajemen aset tetap.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Yakni meliputi pengelolaan jadwal jam kerja, dan pendistribusian gaji, serta permohon izin sakit, dan lain sebagainya.

Fitur CRM

Fitur CRM antara lain sebagai berikut.

Manajemen Kontak

Yakni sistem yang memungkinkan pelacakan dan update informasi pelanggan, yaitu seperti data kontak, dan invoice, serta dokumen lainnya.

Pelacakan Interaksi Pelanggan

Guna melacak riwayat informasi pelanggan, seperti proses pembayarannya, produk yang dipesan dan lain sebagainya.

Manajemen Database

Sehingga semua departemen perusahaan dapat mengakses informasi yang sama dengan mudah dan terpusat.

Dapatkan informasi lebih lanjut di convergence.id Bisa konsultasi dan kondisi bisnis dan perusahaan agar bisa menjadi lebih efisien serta terdeteksi dan memangkas biaya yang tak perlu lalu juga meningkatkan penjualan, baik secara jumlah transaksinya maupun nilainya serta pemasukan perusahaan. Dengan demikian maka laba pun akan meningkat dengan secara signifikan. All in one solution layanannya. Juga tak perlu khawatir dengan biayanya karena flexible pricing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...