Article
October 31, 2023

Infrastruktur Pemulihan Bencana, Langkah Tepat untuk Keamanan Data Bisnis Anda

Sebagai orang yang memiliki bisnis, tentunya Anda paham bahwa data merupakan salah satu hal krusial yang menentukan keberlangsungan bisnis Anda. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau saat ini sudah banyak perusahaan atau instansi yang mulai memperhatikan perlindungan data. Infrastruktur pemulihan bencana menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi data bisnis Anda dari kemungkinan rusak ataupun hilang.

Pentingnya Perlindungan Data

Perlindungan data menjadi langkah yang cukup penting untuk diperhatikan, karena Anda bisa kehilangan data bisnis kapan saja. Apalagi jika Anda menyimpan data dalam waktu yang lama. Hilangnya data penting perusahaan tersebut bisa disebabkan oleh kesalahan manusia ataupun hal lain yang tentunya tidak disengaja.

Semua data yang Anda miliki besar kemungkinan bisa terkena virus seperti malware, ransomware dan yang lainnya. Belum lagi jika terjadi bencana alam tidak terduga yang bisa merusak data penting Anda. Maka dari itu, sebagai orang yang berurusan dengan data perusahaan, Anda perlu mengantisipasi hal tersebut dengan benar.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan layanan yang bisa mengamankan data perusahaan dari risiko hilang maupun rusak, yakni layanan Disaster Recovery Center atau biasa dikenal juga dengan DRC untuk pemulihan bisnis.

DRC sendiri merupakan pusat data atau data center yang memang dirancang khusus untuk mengatasi berbagai masalah yang bisa terjadi pada data perusahaan. Layanan ini akan membuat pencadangan data perusahaan Anda.

Sehingga, saat perusahaan Anda menggunakan layanan DRC, Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan data perusahaan karena DRC bisa memulihkan data Anda yang mengalami kerusakan dari data center utama.

Infrastruktur Pemulihan Bencana

Dengan berbagai kemungkinan di masa mendatang yang membuat data perusahaan hilang maupun rusak, memilih layanan DRC menjadi langkah perencanaan terbaik yang bisa perusahaan Anda lakukan. Sehingga perusahaan tetap bisa berjalan dalam kondisi apapun.

Penggunaan layanan DRC ini tentu perlu dilakukan dengan benar dan memenuhi persyaratan yang diperlukan, seperti jarak antara lokasi perusahaan dengan infrastruktur DRC setidaknya sejauh 30 kilometer.

DRC ini terdiri dari beberapa tipe yang bisa perusahaan Anda pilih dan gunakan. Tipe-tipe tersebut diantaranya adalah,

  1. Cold DRC

Tipe yang satu ini paling sederhana, sistem yang tersedia sama seperti di pusat data, yang mana aplikasi dan data diunggah sebelum fasilitas DRC bisa digunakan. Proses pemindahannya dilakukan secara manual.

  1. Warm DRC

Tipe Warm DRC menyediakan komputer dengan berbagai komponen seperti aplikasi, link komunikasi dan backup data terbaru. Sistem tidak berpindah secara otomatis, tapi perlu melalui proses manual seminimal mungkin.

  1. Hot DRC

Jika Anda ingin segala sesuatunya dilakukan dengan cepat, maka Hot DRC jadi pilihan yang tepat. Link komunikasi sudah terpasang dan juga tersedia di lokasi DRC. 

Infrastruktur pemulihan bencana menjadi salah satu langkah yang tepat untuk mengantisipasi hilang maupun rusaknya data perusahaan. Untuk mendapatkan layanan berkualitas dan terpercaya, Anda bisa menggunakan layanan DRC dari https://convergence.id/drc/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...