telemarketing inbound
Article
October 23, 2022

Inilah Berbagai Jenis Layanan Telemarketing Inbound di Perusahaan Outsourcing

Inilah Berbagai Jenis Layanan Telemarketing Inbound di Perusahaan Outsourcing

Tahukah Anda, bahwa layanan pelanggan menjadi salah satu komponen paling penting dalam menjadikan bisnis bisa berkembang dan sukses di pasaran. Hal ini dikarenakan, pengalaman kepuasan dari konsumen secara tidak langsung dapat meningkatkan kepercayaan dan juga loyalitas mereka terhadap bisnis Anda. Maka dari itulah, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui mengenai cara layanan pelanggan yang tepat untuk diterapkan dalam bisnis Anda. Berkaitan dengan hal tersebut, di artikel kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai layanan pelanggan telemarketing inbound / inbound telemarketing yang banyak digunakan di perusahaan outsourcing.

Bagaimana kekuatan layanan pelanggan / telemarketing perusahaan jasa outsourcing di zaman serba digital?

Di era serba digital seperti sekarang ini, menjadi pelanggan merupakan sebuah hal yang terbilang cukup menyenangkan. Pasalnya, mereka memiliki banyak pilihan dalam menentukan hal – hal yang mereka sukai dengan memanfaatkan bantuan teknologi internet. Bahkan, hal ini juga mengartikan bahwasanya persaingan dalam bisnis menjadi semakin ketat dibandingkan dengan zaman – zaman sebelumnya. Terlebih dengan adanya kebebasan pelanggan dalam memilih ataupun membeli suatu produk ataupun jasa layanan, menjadikan mereka memiliki kekuasaan terbesar dalam perkembangan bisnis.

Selain itu, adanya media sosial, situs website dan juga e-commerce juga sangat membantu pelanggan untuk mendapatkan banyak pilihan dan mengambil keputusan dengan cepat sesuai dengan keinginannya masing – masing. Karena alasan itulah yang menjadikan dinamika kekuatan kian bergeser, yakni dari pelaku bisnis menuju ke pelanggan. Tentu saja, ada banyak hal yang mempengaruhi hal tersebut seperti misalnya media sosial Facebook dan Instagram yang bisa pelanggan akses dengan mudah sesuai kebutuhannya. Meski demikian, pelaku bisnis perusahaan outsourcing terbaik pastinya memiliki peranan penting dalam proses bisnis itu sendiri.

Dimana dalam hal ini, salah satu komponen penting yang harus para pelaku bisnis outsourcing b2b lakukan untuk menjadikan bisnis bisa berkembang pesat dan sukses di pasaran yakni dengan adanya layanan pelanggan. Dikarenakan, adanya layanan ini menjadikan bisnis Anda terlihat berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri dari para kompetitor yang lain. Bahkan, Anda bisa menjadikan pelanggan Anda sebagai tim pemasaran yang baik untuk menawarkan produk atau jasa terbaik lewat adanya review ataupun testimoni yang diberikan.

Sekilas tentang layanan pelanggan inbound telemarketing

Umumnya, ada banyak sekali perusahaan penyedia jasa tenaga kerja dengan memanfaatkan layanan pelanggan inbound telemarketing dalam membanu mempromosikan produk atau jasa layanan kepada konsumen. Namun yang jadi pertanyaannya disini adalah, tahukah Anda mengenai apa yang dimaksud dengan inbound telemarketing yang satu ini? Inbound telemarketing atau juga dikenal dengan inbound customer service merupakan salah satu pendekatan secara tradisional dimana layanan pelanggan yang diberikan biasanya dilakukan melalui telepon.

Dalam praktiknya sendiri, layanan pelanggan inbound telemarketing ini biasanya akan terjadi pada saat pelanggan menghubungi pihak perusahaan Anda dengan sejumlah pertanyaan ataupun permintaan layanan lainnya.  Adapun layanan pelanggan ini dilakukan oleh pelanggan untuk bertanya mengenai hal yang berkaitan erat dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan outsourcing terbaik serta biasanya akan memberikan keluhan terkait hal tersebut. Sehingga bisa dikatakan, bahwa peran customer service sangatlah penting pada posisi ini.

Pada saat Anda nantinya mampu memecahkan masalah pelanggan dan membantu mencapai kesuksesan menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan, maka disini Anda bisa memberikan kepuasan bagi pelanggan. Dengan demikian, maka Anda nantinya bisa menggubah hal tersebut menjadi mesin pertumbuhan bagi bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan di pasaran.

Jenis – jenis layanan telemarketing inbound

Tahukah Anda, bahwasanya berbagai jenis outsourcing perusahaan umumnya memberikan layanan inbound telemarketing dalam beberapa jenis. Meskipun panggilan masuk yang datang dalam berbagi bentuk, akan tetapi panggilan tersebut biasanya cenderung masuk ke dalam beberapa kategori seperti berikut :

  • Layanan pelanggan

Salah satu jenis layanan yang terdapat pada inbound telemarketing yakni layanan pelanggan. Dimana, layanan pelanggan ini biasanya akan digunakan pada saat pelanggan sedang menelepon dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan ataupun masalah atau juga untuk mengelola akun mereka.

  • Dukungan teknis

Berikutnya, ada layanan dukungan teknis yang terdapat pada situs website perusahaan outsourcing yang mana terjadi ketika konsumen memiliki masalah pada produk ataupun layanan Anda dan ingin segera menyelesaikan masalah tersebut. Adapun hal yang biasanya sering terjadi yakni berupa masalah teknis seperti komputer yang tidak mau menyala, putusnya jaringan dan berbagai masalah teknis lainnya.

  • Penjualan masuk

Tidak jarang orang yang menelepon ke tim inbound telemarketing Anda ini merupakan calon pelanggan yang ingin bertanya mengenai produk dan layanan yang Anda tawarkan. Apabila hal ini terjadi, maka panggilan inilah yang disebut sebagai penjualan masuk dan tim layanan inbound telemarketing Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Alasan mengapa inbound telemarketing sangat penting bagi perusahaan

Meskipun zaman sudah serba canggih, akan tetapi siapa sangka jika layanan inbound telemarketing masing banyak ditawarkan oleh pihak jasa penyedia layanan. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang menggunakan outsourcing layanan inbound telemarketing sebagai strategi pemasaran dengan menggunakan telepon sebagai medianya untuk menawarkan produk dan jasa layanannya. Terlepas dari hal tersebut, tahukah Anda apa sebenarnya alasan yang melatarbelakangi penggunaan inbound telemarketing tersebut bagi perusahaan? Strategi inbound telemarketing ini sendiri bukan tanpa alasan digunakan karena memiliki peranan penting di antaranya sebagai berikut :

  • Dapat membantu meningkatkan brand awareness perusahaan

Salah satu alasan perusahaan menggunakan outsourcing inbound telemarketing yakni karena dengan strategi pemasaran ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan brand awareness kepada kalangan masyarakat. Terlebih seperti yang kita ketahui, bahwa menjaga hubungan baik dengan pelanggan menjadikan mereka akan mengulas produk atau jasa dengan ulasan yang bagus. Oleh karena itulah, menjaga hubungan baik dengan pelanggan inilah bisa dilakukan dengan cara menghubungi mereka lewat media telepon dengan memanfaatkan layanan inbound telemarketing.

  • Membantu meningkatkan penjualan produk ataupun jasa layanan

Bukan hanya dapat meningkatkan brand awareness saja, inbound telemarketing juga terbilang masih memiliki peranan penting bagi bisnis perusahaan. Dimana, penggunaannya sangat membantu dalam meningkatkan produk / jasa layanan yang perusahaan Anda tawarkan kepada konsumen ataupun calon konsumen. Ini tentu saja merupakan hal yang wajar mengingat menawarkan barang via telepon menjadi peluang yang besar bagi seorang telemarketer untuk menarik minat dan perhatian calon pelanggan agar nantinya membeli barang tersebut.

  • Memiliki peluang besar untuk follow up pelanggan

Adapun keuntungan perusahaan outsourcing yang menggunakan layanan inbound telemarketing yakni dapat memiliki peluang yang besar untuk follow up pelanggan agar nantinya lebih mudah membuat pelanggan tertarik membeli produk yang ditawarkan. Sebab, follow up ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meyakinkan pelanggan yang tadinya mungkin merasa ragu akhirnya menjadi yakin untuk membeli produk tersebut.

Demikianlah ulasan menarik bagi Anda seputar jenis – jenis layanan telemarketing inbound di perusahaan outsourcing. Bagi Anda yang membutuhkan layanan ini, bisa menggunakan Covergence.id yang berkualitas dan terpercaya lantaran dibekali dengan agen atau karyawan yang baik, berpengalaman dan handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...