Article
October 29, 2023

Mengapa Integrasi Layanan Remote Agent Dengan Sistem CRM Diperlukan Bisnis?

Pernahkah Anda mempertimbangkan integrasi layanan remote agent dengan sistem CRM? Remote agent belakangan semakin diminati pelaku usaha untuk berinteraksi dengan pelanggan. Sementara itu, CRM atau Customer Relationship Management sudah umum dipakai untuk menyimpan berbagai kegiatan bisnis. Beberapa di antaranya adalah penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan.

Kini, dengan semakin umumnya sistem kerja remote, integrasi antara remote agent dengan CRM dianggap akan membantu Anda dalam hal-hal berikut:

Remote agent yang ditugaskan untuk menangani kegiatan usaha tentunya akan bersinggungan dengan berbagai data penting. Jika kurang hati-hati, mereka berisiko mengambil keputusan yang salah. Untuk itu, integrasi sistem dengan CRM dibutuhkan sebagai bentuk pencegahan agar remote agent dapat dengan mudah mengecek entri data dalam waktu cepat. Setelah itu, mereka bisa menentukan keputusan yang tepat dan minim risiko.

  • Memperoleh jawaban dan solusi tepat

Salah satu alasan remote agent masih mengandalkan tenaga manusia adalah kemampuan dan keahlian yang mereka miliki masih lebih baik dibandingkan teknologi. Kendati demikian, remote agent harus bergerak cepat mengikuti keinginan pelanggan yang tak mau menunggu lama-lama. CRM pun diintegrasikan untuk memaksimalkan pekerjaan, dalam hal ini menemukan jawaban dan solusi yang membantu memecahkan masalah pelanggan.

  • Terhubung dengan prospek dan pelanggan potensial

Integrasi layanan remote agent dengan sistem CRM juga dimanfaatkan untuk menghubungkan Anda dengan prospek maupun pelanggan potensial. Pasalnya, CRM mengumpulkan sejumlah data yang pelanggan masukkan melalui channel seperti media sosial dan website. Dari data tersebut, Anda akan menemukan informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, remote agent bisa memanfaatkannya dalam pengoptimalan layanan pelanggan.

  • Personalisasi dalam upaya dan strategi pemasaran

Tahukah Anda bahwa pelanggan kini lebih menyukai produk yang memiliki kedekatan secara emosional? Remote agent yang mengandalkan CRM dalam sistemnya bisa memakai data yang tersimpan untuk personalisasi strategi pemasaran. Entah dalam bentuk konten di website dan media sosial maupun newsletter di email. Semakin dekat hubungan produk dengan kebutuhan pelanggan, semakin besar peluang mereka membelinya.

  • Menyatukan anggota tim yang terlibat 

Satu lagi alasan yang membuat integrasi CRM dengan remote agent berguna untuk bisnis adalah kemampuannya dalam menyatukan anggota tim yang terlibat. Apalagi remote agent bekerja secara terpisah, sehingga kemungkinan mereka bertemu dengan karyawan lain tak terlalu besar. Namun, CRM memungkinkan remote agent berinteraksi melalui data dan informasi lain yang dapat mereka bagi untuk menunjang operasional.

Sederet alasan di atas tak hanya menguatkan remote agent sebagai solusi kerja dari rumah yang menjanjikan, tetapi juga menghasilkan. Maka, belum terlambat bagi Anda untuk melakukan integrasi layanan remote agent dengan sistem CRM pada bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...