interview online
Article
April 29, 2023

Punya Jadwal Interview Online? Lakukan 5 Cara Berikut untuk Membuat First Impression yang Baik

Anda ada jadwal interview online dalam waktu dekat ini? Sebaiknya lakukan persiapan dengan matang agar meninggalkan first impression yang luar biasa buat pewawancara. 

First impression atau kesan pertama orang lain setelah bertemu Anda sebenarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari cara berpakaian, berbicara, hingga penampilan Anda. Bagi job seeker dan fresh graduate, penampilan saat interview akan dijadikan pertimbangan pewawancara untuk merekrut Anda atau tidak.

Di era digital, banyak perusahaan yang melakukan wawancara online. Apalagi dengan maraknya aplikasi tatap muka yang memudahkan perekrut untuk melakukan wawancara secara online. Berbeda dengan wawancara offline, interview secara online justru menuntut perhatian lebih. Berikut ini persiapan wawancara online untuk fresh graduate.

1. Pilih Background yang Mendukung Saat Interview Kerja

Hal kecil tapi berdampak besar pada kesan pertama ketika interview secara online adalah pemilihan background. Mengingat wawancara kerja bersifat formal, sebaiknya pilihlah background yang rapi dan terlihat profesional juga.

Melakukan wawancara dengan background yang rapi akan memberikan kesan pertama kalau Anda adalah sosok yang terorganisir. Lain halnya jika Anda memilih background secara asal-asalan dan cukup mengganggu yang menimbulkan kesan pertama kalau Anda orang yang kurang memperhatikan detail dan tidak terorganisir.

Untuk wawancara kerja, Anda bisa memilih background berupa dinding kosong. Jika tidak ada, pilihlah tempat yang tidak banyak dekorasi mencolok. Dekorasi seperti bunga atau lukisan masih bisa ditolerir selama eksistensinya tidak mengganggu.

2. Hindari Distraksi Saat Interview Online

Selain memilih background yang tepat, Anda perlu menghindari distraksi. Caranya, pilihlah tempat yang jauh dari kebisingan agar fokus Anda tidak terganggu. Selain itu, senyapkan smartphone selama sesi wawancara kerja. Tujuannya adalah untuk menghindari bunyi notifikasi yang muncul di tengah-tengah wawancara.

Sebagian orang mungkin menganggapnya sepele, Namun untuk pewawancara, bunyi notifikasi smartphone di tengah-tengah wawancara menunjukkan kalau Anda tidak serius. 

3. Gunakan Laptop yang Kondisinya Prima

Sebelum hari wawancara, sebaiknya periksa lagi kondisi laptop atau komputer yang akan digunakan. Pastikan perangkat Anda berada dalam kondisi prima agar tidak menimbulkan kendala selama sesi interview.

Bagi yang menggunakan laptop, pastikan baterai terisi penuh untuk menghindari kemungkinan laptop mati ditengah-tengah wawancara. Jika perangkat yang digunakan ternyata tidak terlalu prima, cobalah untuk meminjam perangkat milik anggota keluarga lainnya atau teman.

Selain dari segi hardware, periksalah software pada laptop yang digunakan. Pastikan laptop atau komputer Anda sudah terinstal software yang akan digunakan untuk wawancara online.

4. Pastikan Jaringan Internet Stabil

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jaringan internet. Sesi wawancara kerja akan terkendala jika jaringan internet di tempat Anda tidak stabil. Apabila koneksi internet di tempat Anda tidak terlalu mendukung, cobalah mencari tempat lain yang cocok untuk melakukan interview.

Namun perlu diingat, jangan memilih tempat umum. Sebab, suasana ramai di tempat umum bisa mengganggu konsentrasi dalam mengikuti wawancara.

5. Berpakaian Rapi dan Sopan 

Terakhir, perhatikan penampilan sebelum sesi wawancara dimulai. Pilihlah pakaian yang formal dan rapi untuk menciptakan kesan profesional. Bagi wanita, gunakan makeup seperlunya agar wajah tidak terlihat pucat.

Bagi jobseeker laki-laki ataupun perempuan yang tidak berhijab, perhatikan lagi tatanan rambut Anda. Jangan sampai Anda mengikuti wawancara dengan kondisi rambut berantakan seperti bangun tidur karena hal ini justru meninggalkan kesan negatif bagi pewawancara.

Itulah cara menciptakan first impression positif saat interview online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...