Article
May 31, 2023

Ketahui 8 Cara Evaluasi Kinerja Jasa BPO

Jasa Business Process Outsourcing diperlukan oleh beberapa perusahaan yang lebih memilih mengalih dayakan pekerjaannya kepada tenaga ahli dari mereka daripada harus merekrut karyawan baru. Cara ini dikenal lebih membantu perusahaan. Namun, sebagai pengusaha Anda tetap harus mengevaluasi kinerja Anda agar bisa memberikan yang terbaik untuk klien Anda. Berikut ulasannya: 

  1. Memberikan Karyawan Pelatihan

Meskipun Anda sudah merekrut karyawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai bidangnya, namun sebagai perusahaan penyedia BPO mereka perlu mendapatkan pelatihan lagi terkait perusahaan tersebut. 

Hal ini dilakukan untuk memudahkan karyawan beradaptasi dan dapat mengerjakan tugasnya dengan maksimal. Karenanya, penyedia jasa BPO harus melakukan evaluasi kinerja saat awal, sebelum karyawan bergabung dalam banyak proyek. 

  1. Libatkan Karyawan Internal 

Anda dapat melakukan evaluasi kinerja dengan meminta karyawan internal untuk menanggapi materi pelatihan yang akan diberikan pada karyawan baru. Cara ini berguna agar perusahaan mengetahui manfaat pelatihan ini bagi evaluasi karyawan dari perspektif yang objektif.

Selain itu, Anda juga perlu membagi peran dan tanggung jawab pada karyawan internal. Buat tiga kelompok untuk evaluasi yang membutuhkan keahlian lebih, evaluasi yang berhubungan dengan pelanggan lama, dan proyek berjangka.

 Melibatkan karyawan internal secara langsung dalam pembagian tugas mengevaluasi ini dapat memberikan pengalaman para karyawan baru terkait kewajiban yang perlu mereka selesaikan dengan lebih jelas. Maka ketika nantinya mereka terjun ke lapangan untuk menjadi Jasa Business Process Outsourcing di perusahaan klien, tetap bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

  1. Buat Agenda Khusus 

Baik perusahaan maupun karyawan harus selalu melakukan komunikasi dua arah untuk memastikan keduanya mengerti tujuan perusahaan. Bahkan, sebagai penyedia jasa juga dapat memantau pekerjaan karyawan agar sesuai dengan visi misi perusahaan. Seperti halnya penyedia jasa http://convergence.id/

Karenanya, buatlah agenda rapat mingguan atau bulanan untuk mengevaluasi progres dan pencapaian yang telah dilakukan untuk perusahaan. Di sisi lain, para karyawan pun juga bisa menjadikan ini sebagai kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau memberi masukkan.

  1. Menentukan Harapan yang Jelas

Setelah memberikan pekerjaan, Anda harus menjelaskan kepada karyawan dengan jelas apa saja tugas, metode, dan tujuan kerja yang harus mereka capai. 

Umumnya, setiap perusahaan akan memberikan target yang harus dicapai karyawan setiap minggunya. Misalnya, untuk mencari pelanggan baru dan lainnya.

  1. Membantu Karyawan Mengenal Perusahaan

Perusahaan harus membantu karyawan mengetahui peraturan, departemen, nilai, budaya, misi, dan tujuan jangka panjang perusahaan. Hal ini juga termasuk penjelasan peran mereka ketika ditugaskan bekerja dengan klien jasa BPO.

Perusahaan harus menjelaskan pada karyawan terkait pentingnya tugas dan peran mereka di kantor. Melalui cara ini mereka akan mengetahui seberapa besar tanggung jawab yang harus dikerjakan sehingga bisa bekerja dengan maksimal.

  1. Menunjukkan Cara Merepresentasikan Brand Perusahaan

Setiap karyawan harus bisa mempresentasikan brand dan produk dari perusahaan dengan baik dan Anda memiliki kewajiban untuk mengajarkannya. Tugas mereka berbeda dengan karyawan internal yang memang harus mendedikasikan dirinya terhadap perusahaan.

Karena itu, pastikan perusahaan membantu karyawan untuk bisa merepresentasikan brand dengan baik dan tepat karena ini pun demi kebaikan perusahaan. Jika karyawan bisa mewujudkan nilai bisnis perusahaan, memastikan pelanggan mempunyai penilaian yang baik kepada brand, tentunya akan lebih banyak lagi yang menggunakan jasa BPO perusahaan.

Selain itu, semakin baik karyawan memahami cara merepresentasikan brand, akan semakin memudahkan mereka dalam menentukan strategi atau metode kerja yang akan dilakukan jangka panjangnya.

  1. Mengapresiasi Pekerjaan Karyawan 

Perusahaan harus memberikan apresiasi dan dukungan terhadap karyawannya yang telah memberikan tenaga dan pikirannya untuk Anda. Cara inipun membuat para karyawan merasa dihargai dan lebih semangat untuk menghasilkan performa yang terbaik bagi perusahaan kedepannya.

Perusahaan bisa mengapresiasi pekerjaan mereka dengan cara langsung, bisa juga dengan pengumuman di papan buletin digital, atau memberikan hadiah kepada karyawan yang bersangkutan. Maka, hasil evaluasi perusahaan pun sesuai dengan kinerja yang dilakukan karyawannya. 

Itulah cara evaluasi kinerja jasa BPO Jasa Business Process Outsourcing yang perlu dilakukan perusahaan terkait. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...