perusahaan bpo
Article
October 24, 2022

Perusahaan BPO: Jenis dan Layanannya yang Wajib Anda Ketahui

Pernahkah anda mendengar atau mengetahui tentang nama perusahaan BPO? Jenis perusahaan seperti ini sudah banyak tersebar di Indonesia dan merupakan perusahaan penyedia jasa. Apabila anda masih belum memahami tentang apa itu BPO, ini adalah singkatan dari Business Process Outsourcing.

Apa itu Business Process Outsourcing? Ini adalah kegiatan alih tugas pada sebagian proses bisnis suatu perusahaan untuk pihak ketiga yang tujuannya ke arah efisiensi anggaran dan pengurangan resiko pada perusahaan. Apa saja jenis jenis BPO dan bentuk layanan di dalamnya? Simak artikel berikut.

Jenis Jenis Perusahaan BPO (Business Process Outsourcing)

Poin sebelumnya tadi, bersama-sama sudah mengenal tentang pengertian dari BPO atau outsourcing. Berikut ini terdapat jenis jenis BPO atau Business Process Outsourcing yang terbagi berdasarkan tempat lokasi dari penyedia layanan.

  • Onshore Outsourcing

Yang pertama adalah Onshore Outsourcing atau jenis BPO di darat. Terjadi alih daya apabila sebuah perusahaan mengontrak jasa yang telah disediakan oleh perusahaan lain yang beroperasi pada negara yang sama dengan perusahaan yang menggunakan atau mempekerjakannya.

  • Offshore Outsourcing

Kebalikan dari Onshore, Offshore Outsourcing berarti di daerah luar atau lepas pantai. Pada jenis BPO kedua ini merupakan sebuah proses yang akan terjadi apabila suatu perusahaan atau organisasi mengontrak layanan yang ditawarkan dengan perusahaan lain yang berada pada wilayah negara asing. Jadi, bukan di negara yang sama.

  • Nearshore Outsourcing

Ketiga, ada Nearshore Outsourcing yang berarti dekat pantai. Ini akan terjadi apabila suatu perusahaan atau organisasi mengontrak layanan yang ditawarkan oleh perusahaan lain yang basisnya di daerah negara negara tetangga.

Bentuk Layanan BPO

  • LPO

Adapun arti dari LPO adalah Legal Process Outsourcing atau proses hukum dan legal. Sesuai dengan namanya, ini merupakan jenis layanan pada perusahaan BPO yang secara khusus untuk hal-hal hukum. Misalnya tentang penyusunan dokumen hukum, hingga penelitian dan penawaran saran.

  • KPO

KPO atau Knowledge Process Outsourcing adalah berkaitan dengan proses pengetahuan. Penyewaan penyedia dari layanan outsourcing bukan hanya karena kapasitasnya dalam melakukan proses bisnis maupun fungsi tertentu, melainkan juga untuk memberi keahlian khusus.

  • RPO

Yang terakhir yaitu RPO atau Research Process Outsourcing atau berkaitan dengan penelitian. RPO merujuk pada fungsi-fungsi penelitian dan juga analisis, perusahaan investasi, perusahaan biotek, serta agen pemasaran yang termasuk beberapa tipe perusahaan yang akan terlibat RPO pada pelayanannya.

Perlu diingat juga, bahwa terdapat 2 jenis sistem pekerjaan dalam dunia outsourcing yaitu telemarketing inbound dan juga telemarketing outbound. Membahas soal outsourcing, kami akan menyarankan kepada Anda, solusi yang tepat, yaitu Convergence yang telah terpercaya dan mempunyai keunggulan menarik.

Setelah memahami berbagai jenis dan macam bentuk layanan BPO, pastikan anda telah memiliki pilihan yang terbaik, periksa latar belakang perusahaan, layanan, dan penggunaan teknologinya. Demikianlah informasi seputar jenis BPO dan bentuk-bentuk layanan pada perusahaan BPO, semoga bisa menjadi referensi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...