Article
August 27, 2022

Jenis-Jenis dari Outsourcing

Jenis-jenis dari Outsourcing

Jenis-jenis dari Outsourcing, Evolusi Outsourcing saat ini telah menyebabkan berbagai layanan yang tersedia saat ini. Meskipun pada suatu waktu, gagasan Outsourcing tidak pernah terdengar, dalam ekonomi global saat ini, itu lebih masuk akal daripada sebelumnya. Dengan jalur komunikasi yang cepat antar negara, jauh lebih mudah (lebih hemat biaya) bagi perusahaan domestik untuk menggunakan layanan Outsourcing yang berbasis di belahan dunia lain. Ini membantu pemotongan biaya, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kualitas.

Jenis-jenis dari Outsourcing

Evolusi Outsourcing

Gagasan untuk mengalihdayakan area tertentu dari sebuah perusahaan tidak benar-benar mendominasi bidang bisnis sampai Revolusi Industri. Perusahaan mulai melakukan Outsourcing karena tingkat produksi meningkat pesat dan bisnis membutuhkan bantuan, yang membuat banyak orang bertanya-tanya apa lagi yang bisa di-Outsource.

Pada 1990-an, organisasi mulai lebih fokus pada strategi penghematan biaya. Ini termasuk fungsi yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan tetapi tidak secara khusus terkait dengan bisnis inti. Perusahaan-perusahaan saat ini banyak menggunakan jasa layanan Outsourcing seperti akuntansi, sumber daya manusia, pemrosesan data, distribusi surat internal, keamanan, dan pekerjaan pemeliharaan.

Saat ini, ada banyak jenis Outsourcing yang dapat meningkatkan produktivitas bisnis dan mengurangi biaya. Beberapa kategori utama meliputi:

  • Pengalihdayaan Profesional
  • Outsourcing Teknologi Informasi
  • Outsourcing Manufaktur
  • Pengalihdayaan Proyek

Perusahaan di seluruh dunia menawarkan layanan khusus untuk membantu perusahaan di berbagai negara dengan Outsourcing mereka, yang dikenal sebagai “Offshoring“, “Nearshoring“, atau “Reshoring“, bergantung pada lokasinya. Dengan semakin banyak jenis layanan yang meningkat, Outsourcing secara umum terus tumbuh dalam popularitas karena perusahaan berupaya mengurangi biaya bisnis sambil meningkatkan kinerja.

Jenis Outsourcing

Pengalihdayaan Profesional

Pengalihdayaan profesional mencakup akuntansi, hukum, pembelian, teknologi informasi (TI), dan TI atau dukungan administratif di antara layanan khusus lainnya. Ini adalah salah satu jenis Outsourcing yang paling populer karena ada potensi penghematan biaya tinggi. Perusahaan hanya membayar untuk layanan yang benar-benar diberikan sambil memiliki akses ke sumber daya berkualitas tinggi, yang secara signifikan mengurangi biaya Overhead.

Outsourcing Teknologi Informasi

Salah satu layanan paling umum saat ini, Outsourcing TI melibatkan subkontrak organisasi luar untuk mengurus semua atau sebagian kebutuhan TI bisnis, yang berkisar dari pengembangan perangkat lunak hingga pemeliharaan dan dukungan.

Hampir setiap jenis bisnis saat ini memiliki kebutuhan TI atau setidaknya bekerja dengan teknologi pada tingkat tertentu, menjadikannya departemen yang umumnya dialihdayakan. Bagi banyak perusahaan, pada akhirnya lebih murah untuk mengontrak tim manajemen TI pihak ketiga daripada membangun tim internal. Perusahaan akan sering menggunakan Outsourcing TI untuk menyimpan dan mengelola data, tetapi sebagian besar bisnis besar hanya mengalihdayakan sebagian fungsi TI.

Pengalihdayaan Produsen

Layanan outsourcing pabrik biasanya cukup spesifik untuk industri. Sebuah pabrik mobil, misalnya, mungkin memiliki pengaturan Outsourcing untuk membangun dan memasang jendela di semua model mereka. Pengaturan Outsourcing semacam itu dapat menghasilkan pengurangan biaya yang signifikan dan waktu perakitan yang lebih cepat.

Satu-satunya risiko utama dari jenis outsourcing ini adalah masalah kualitas dan mungkin gangguan pada jalur produksi. Banyak yang percaya Outsourcing produsen juga penting bagi usaha kecil dan menengah untuk bertahan hidup di pasar yang kompetitif tanpa henti saat ini.

Tanpa bantuan perusahaan pihak ketiga, beberapa bisnis hanya kekurangan skala ekonomi yang memungkinkan mereka bersaing dengan pesaing yang lebih besar. Lebih sedikit perusahaan yang memiliki kemampuan untuk benar-benar berinvestasi dan terus meningkatkan peralatan, personel, dan teknologi proses yang diperlukan untuk bersaing di pasar di mana siklus hidup produk menyusut.

Pengalihdayaan Khusus Proses

Saat ini, sangat umum untuk mengalihdayakan aspek terkait operasi tertentu ke perusahaan atau unit lain yang berspesialisasi dalam layanan tertentu. Misalnya, toko roti dapat mengalihdayakan pengiriman kue kemasan ke perusahaan kurir seperti UPS atau FedEx. Kontrak semacam itu kemudian akan melibatkan perincian tentang jadwal pengiriman, kontak pelanggan, dan biaya, yang memungkinkan setiap perusahaan untuk fokus pada kekuatannya dan meningkatkan layanan pelanggan sekaligus mengurangi biaya dan waktu. Proses Outsourcing juga digunakan untuk menggambarkan praktik penyerahan kendali atas layanan sektor publik seperti pemadam kebakaran, polisi, angkatan bersenjata, dll. kepada perusahaan nirlaba.

Pengalihdayaan Proyek

Terkadang perusahaan mengalami kesulitan mengelola salah satu proyek mereka atau bahkan menyelesaikan sebagian dari proyek tertentu. Inilah sebabnya mengapa banyak yang akan mengalihdayakan proyek ke perusahaan manajemen proyek. Dalam beberapa kasus, perusahaan mungkin tidak memiliki cukup orang internal dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengerjakan proyek tersebut. Mungkin juga lebih mahal untuk menyelesaikan proyek di rumah daripada melakukan Outsourcing ke perusahaan lain yang lebih berkualitas.

Perusahaan harus menyadari manfaat dari mengalihdayakan proyek atau area bisnis tertentu untuk membantu meningkatkan produktivitas dan menjalankan bisnis yang lebih efisien secara keseluruhan. Pertimbangkan area di mana bisnis Anda mungkin mendapat manfaat dari Outsourcing, dan jelajahi beberapa layanan Outsourcing lain yang tersedia untuk Anda.

Convergence.id hadir untuk memberikan solusi terbaik untuk mengurangi biaya operasional perusahaan melalui layanan jasa  Call Center Business Process Outsourcing (BPO). Layanan Call Center alih daya atau Outsourcing hadir untuk

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More Great Article

Tips Untuk Memilih Partner Outsourcing Seringkali perusahaan menghadapi permintaan yang lebih besar dari kemampuan mereka, baik mereka yang memulai bisnis dengan modal kecil, maupun perusahaan...

Penyandang Disabilitas Punya Kesempatan Untuk Bekerja Bekerja menjadi hal yang esensial bagi manusia. Dengan bekerja manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Tuntutan akan pemenuhan kebutuhan dan...

Apa itu Call Center dan Tujuannya ? Apa itu call center dan tujuannya ? Pengertian Call Center adalah sebuah layanan informasi yang disediakan oleh perusahaan...