Di dalam dunia kerja, umumnya beberapa perusahaan akan lebih memilih untuk mengalih dayakan pekerjaannya kepada karyawan BPO atau tenaga ahli dari jasa outsourcing dibandingkan dengan merekrut karyawan baru. Selain bisa membantu perusahaan untuk fokus pada tujuan bisnisnya, karyawan BPO ini juga bisa mengurangi biaya operasional dan juga meningkatkan kualitas layanan.
Akan tetapi, sebelum mempekerjakan karyawan BPO (Business Process Outsourcing), perusahaan harus memahami bagaimana cara melatih dan mengelola karyawan BPO. Hal itu bertujuan supaya segala pekerjaan bisa membuahkan hasil yang optimal.
Daftar Isi
Tips Melatih dan Mengelola Karyawan BPO
Supaya semua pekerjaan yang dialihkan kepada karyawan BPO ini bisa berjalan dengan lancar dan pastinya sesuai dengan visi misi perusahaan, maka pihak perusahaan harus bisa melatih dan mengelola karyawan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa cara dapat Anda lakukan.
-
Memberikan Pelatihan
Walaupun karyawan BPO ini sudah mempunyai pengetahuan dan juga keterampilan di bidangnya. Tapi saat mereka dipekerjakan oleh perusahaan penyewa jasa, maka mereka perlu memperoleh pelatihan terkait dengan kebijakan serta prosedur kerja perusahaan tersebut.
Dengan memberikan materi pelatihan yang mudah dipahami dan informatif, maka karyawan BPO ini akan lebih mudah menyesuaikan diri dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Pihak perusahaan harus melakukan hal tersebut sebelum karyawan BPO terjun langsung dalam tugasnya.
Karena dengan mengetahui berbagai aspek terpenting perusahaan, maka hal itu akan mempengaruhi hasil kerja dan juga performa mereka.
Baca Juga: Raih Sukses Menggunakan BPO Untuk Produktivitas Bisnis Anda!
-
Memperoleh Feedback dari Karyawan Internal
Perusahaan bisa meminta feedback dari karyawan internal tentang materi pelatihan yang akan diberikan kepada karyawan BPO. Dengan begitu, perusahaan dapat memperoleh perspektif yang lebih objektif tentang seberapa berguna pelatihan tersebut untuk karyawan BPO.
Selain itu, perusahaan juga harus mendiskusikan peran serta tanggung jawab yang akan dialihkan bersama dengan karyawan internal. Kira-kira, tugas mana saja yang lebih membutuhkan keahlian lebih, tugas yang berkaitan dengan pelanggan, atau tugas proyek berjangka.
-
Membangun Sistem Pendukung
Penting untuk perusahaan dan juga karyawan BPO selalu melakukan komunikasi dua arah. Hal tersebut bertujuan untuk membantu memastikan bahwa keduanya paham akan tujuan masing-masing.
Selain itu, perusahaan juga bisa memantau pekerjaan karyawan BPO, apakah mereka sudah sesuai dengan tujuan serta visi misi perusahaan. Untuk itu, perusahaan dapat melaksanakan rapat mingguan ataupun bulanan untuk mengetahui progres ataupun pencapaian yang sudah dilakukan.
-
Menetapkan Harapan yang Jelas
Sebagai pihak yang memberikan pekerjaan, perusahaan perlu menjelaskan kepada karyawan BPO tentang tugas, metode, serta tujuan kerjanya dengan jelas. Umumnya, para supervisor perusahaan akan memberikan target untuk dicapai setiap minggunya.
Misalnya saja memenuhi kuota penjualan, memperoleh pelanggan baru atau mendapatkan leads, dan lainnya. Dengan menetapkan tujuan serta harapan dengan jelas, maka karyawan BPO ini akan mengetahui cara ataupun strategi yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan kemampuan mereka.
-
Membantu Memahami Perusahaan
Perusahaan harus mengajarkan kepada karyawan BPO tentang budaya, peraturan, nilai, misi, departemen, dan juga tujuan jangka panjangnya. Hal itu juga termasuk penjelasan mengenai bagaimana cara peran mereka terhubung dengan departemen lain.
Misalnya saja, salah satu tugas dari karyawan BPO bidang pemasaran adalah riset pasar. Maka sebelum melakukan riset pasar, mereka harus berkoordinasi dengan departemen produksi tentang produk yang akan dipromosikan.
-
Menunjukkan Cara Merepresentasikan Brand Perusahaan
Perusahaan harus memastikan bahwa karyawan BPO ini bisa memahami cara mewakili ataupun membawakan brand perusahaan secara positif. Jadi, perusahaan membutuhkan sedikit usaha lebih untuk bisa membuat karyawan BPO mengerti tentang bagaimana cara merepresentasikan brand dengan baik.
Tujuannya yaitu supaya para karyawan BPO bisa mewujudkan nilai bisnis perusahaan, memastikan pelanggan memiliki persepsi yang positif pada brand, dan meningkatkan penjualan.
-
Melibatkan Karyawan BPO dalam Aktivitas dan Budaya Perusahaan
Dengan melibatkan dan juga mengajak karyawan BPO untuk mengikuti berbagai aktivitas perusahaan, maka akan tercipta hubungan kerja yang baik antar sesama karyawan. Selain itu, karyawan BPO juga akan menjadi lebih nyaman untuk bekerja.
Demikian penjelasan mengenai tips melatih dan mengelola karyawan BPO agar sesuai dengan tujuan serta visi misi perusahaan. Semoga bermanfaat.