layanan call center jarak jauh
Article
December 5, 2023

Manfaat Penggunaan Layanan Call Center Jarak Jauh Bagi Perusahaan

Hampir setiap bisnis di berbagai perusahaan kini sudah memiliki yang namanya layanan call center jarak jauh sebagai wadah informasi penting bagi setiap pelanggan. Dengan menggunakan layanan ini, maka pelanggan akan lebih mudah dalam mengetahui produk atau jasa layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan di sini adalah, tahukah Anda mengenai apa saja manfaat penting penggunaan layanan call center tersebut bagi bisnis perusahaan? Apabila Anda sendiri mungkin penasaran dan ingin tahu informasi lebih detailnya, maka tidak ada salahnya untuk menyimak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Sekilas tentang call center layanan remote agent untuk dukungan teknis

Apabila kita mengulas sedikit tentang apa itu call center, maka istilah ini biasanya diartikan sebagai pusat layanan informasi yang menerima panggilan telepon / inbound call dari para pelanggan. Adapun tujuan utama dari penggunaan layanan call center ini yakni untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Sehingga dengan menggunakan layanan call center ini, maka sebuah bisnis bisa lebih mudah dalam melakukan panggilan telepon / outbond call untuk melakukan penawaran, clientele dan debt collection.

Lebih lanjut, manajemen tenaga kerja call center jarak jauh sendiri sebenarnya juga bisa digunakan oleh para pelanggan untuk memudahkan dalam memperoleh informasi lebih detail terkait produk ataupun jasa untuk menyampaikan keluhan atas produk / jasa yang mereka gunakan. Dalam hal ini, seorang petugas call center dikatakan berhasil jika dia sudah berhasil memberikan pelayanan dan jawaban yang memuaskan serta dapat membantu memberikan solusi atas pertanyaan atau keluhan yang disampaikan oleh para pelanggan.

Sebagai contoh jika seseorang mengalami kerusakan produk ataupun bingung mengenai cara penggunaan produk yang dibeli, maka mereka di sini dapat menghubungi layanan call center sebagai solusi call center jarak jauh yang terukur. Bahkan biasanya hampir setiap perusahaan sering kali mencantumkan detail layanan konsumen / call center di kemasan produknya demi memudahkan bagi para pelanggan.

Jenis – jenis layanan call center jarak jauh yang ditawarkan perusahaan

Penting untuk Anda ketahui, bahwa kepuasan pelanggan di call center jarak jauh menjadi faktor utama yang diburu oleh banyak perusahaan demi menunjang kelancaran bisnis usahanya. Berkaitan dengan hal tersebut, Anda perlu tahu bahwa layanan call center sendiri dalam menjalankan tugasnya terbagi menjadi dua jenis yakni inbound call center dan outbound call center. Agar supaya Anda lebih paham dan mengenal jenis – jenis dari layanan call center tersebut, maka bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

1. Inbound call center

Inbound call center merupakan jenis layanan call center yang khusus menangani panggilan masuk dari para pelanggan. Biasanya, jenis layanan call center ini lebih berfokus pada layanan pelanggan. Dimana untuk layanan yang diberikan biasanya terdiri dari dukungan teknis, masalah pelanggan, keluhan pelanggan dan juga pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan mengenai produk atau jasa layanan yang ditawarkan perusahaan.

2. Outbond call center

Jenis layanna call center selanjutnya yakni ada outbond call center yang mana khusus digunakan untuk menangani panggilan keluar kepada pelanggan. Jenis layanan call center ini biasanya lebih berfokus pada penjualan. Yang mana, pihak agen call center nantinya akan menghubungi pelanggan untuk menawarkan produk / jasa layanan baru, melakukan survey maupun sebagai tindak lanjut dari panggilan masuk sebelumnya.

Apa saja manfaat menggunakan layanan solusi inbound dan outbound call center jarak jauh?

Adanya call center sebagai salah satu layanan remote agent untuk bisnis kecil dinilai sangat penting bagi bisnis lantaran dapat membantu memberikan pelayanan pelanggan dengan baik. Bahkan dengan memiliki layanan call center ini, maka bisnis bisa berupaya untuk dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka lantaran layanan call center ini dapat menangani banyak pertanyaan dan keluhan pelanggan secara cepat dan efektif. Selain itu, layanan call center sendiri juga bisa digunakan untuk membantu bisnis mengumpulkan data pelanggan yang berguna dalam meningkatkan produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Anda tentunya penasaran bukan mengenai apa sebenarnya manfaat penggunaan call center sebagai salah satu bentuk layanan remote agent untuk e-commerce tersebut bagi sebuah bisnis di perusahaan, bukan? Umumnya, layanan call center sendiri hadir dengan memberikan banyak sekali manfaat bagi bisnis perusahaan di antaranya yakni sebagai berikut.

1. Membantu meningkatkan layanan pelanggan

Salah satu manfaat penting dari penggunaan call center sebagai outsourcing layanan remote agent yakni dapat membantu meningkatkan layanan pelanggan. Dimana disini perusahaan akan menyediakan tim yang berkualitas untuk menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat dan efisien. Sehingga, hal inilah yang akan memudahkan bagi para pelanggan untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan mereka dan juga solusi mengenai masalah yang mereka hadapi dengan cepat. Dan hasilnya, perusahaan akan memperoleh kepuasan pelanggan dengan lebih baik.

2. Membantu mengumpulkan feedback dari pelanggan

Adanya call center juga berguna untuk membantu mengumpulkan feedback / umpan balik dari pelanggan dengan adanya tim berkualitas untuk menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat dan efisien. Tentu saja, layanan call center ini akan menjadikan pelanggan merasa dihargai dan dimengerti sehingga mereka akan lebih tertarik untuk memberikan umpan balik mengenai layanan yang mereka peroleh dari perusahaan itu sendiri. Dengan umpan balik yang diperoleh ini, maka perusahaan bisa meningkatkan produk dan layanan yang ditawarkan serta dapat meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan nantinya.

3. Dapat menghemat biaya operasional

Manfaat lain dari call center sebagai layanan remote agent dengan biaya terjangkau yakni dapat menghemat biaya dengan cara menggunakan tenaga kerja yang lebih efisien. Biasanya dalam hal ini, call center akan menggunakan tim yang sudah terlatih dan profesional untuk menangani sejumlah pertanyaan dan keluhan dari para pelanggan sehingga menjadikan bisnis tidak perlu lagi menggunakan staf tambahan dalam menangani layanan pelanggan. Hal ini tentu saja akan menjadikan perusahaan bisa menghemat biaya operasional dan meningkatkan laba perusahaan, bukan?

4. Dapat meningkatkan reputasi bisnis perusahaan

Penggunaan call center juga akan bermanfaat dalam membantu meningkatkan reputasi bisnis perusahaan. Sebab ketika perusahaan menyediakan layanan call center yang berpengalaman dan profesional di bidangnya, bukan tidak mungkin hal ini akan menjadikan pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan. Sehingga ketika ada pelanggan yang menyampaikan keluhan atas suatu produk / jasa layanan tertentu, maka bisnis bisa langsung memperbaiki masalah tersebut dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Dan hasilnya, hal inilah yang akan menjadikan perusahaan bisa meningkatkan reputasi bisnis dan juga tingkat kepercayaan pelanggan. 

Jadi, itulah tadi pembahasan menarik yang bisa Anda ketahui dan pahami seputar manfaat penggunaan layanan call center jarak jauh bagi bisnis perusahaan. Apabila Anda ingin memperoleh layanan call center berkualitas untuk menunjang kemajuan bisnis perusahaan, maka bisa menggunakan layanan dari https://convergence.id/remote-agent/ sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...