Article
June 11, 2023

Keunggulan BPO dalam Meningkatkan Manajemen Hubungan Pelanggan

Business Process Outsourcing adalah pihak ketiga yang mengelola dan membantu perusahaan agar lebih fokus pada bisnis. Salah satunya ialah dalam urusan manajemen hubungan pelanggan. Sebagai sistem yang banyak dipakai oleh banyak perusahaan, tentu saja memiliki banyak keunggulan khususnya untuk pelanggan. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya :

Pelayanan Cepat dan Responsif

Keunggulan pertama pada pelayanannya yang cepat dan responsif. Aksi cepat dan responsive ini akan memberikan kepuasan tersendiri untuk pelanggan, sehingga mereka tidak perlu menunggu terlalu lama ketika mengalami keluhan. 

Sebagai contoh, perusahaan anda bergerak pada bidang e-commerce, lalu pelanggan protes karena barang yang dibeli mengalami kemacetan dan tak kunjung sampai. Kemudian, sistem manajemen akan mendata setiap aktivitas lalu mendeteksi barang tersebut. 

Memberikan Solusi dengan Cepat

Kepuasan pelanggan adalah keutamaan. Dengan adanya sistem pihak ketiga ini, pelanggan akan mendapatkan penawaran barang maupun jasa sesuai dengan kebutuhan mereka. Pelanggan akan merasa dibantu dalam memenuhi kebutuhan mereka dalam waktu cepat tanpa menunggu dan kebingungan lagi. 

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Semakin cepat dan tanggap sebuah pelayanan, maka dapat dipastikan akan semakin banyak pula pelanggan yang puas. Maka, selanjutnya akan terbentuk loyalitas pelanggan terhadap perusahaan yang anda jalankan. 

Sisi baiknya, perusahaan juga akan lebih mudah mendapatkan pelanggan baru dan tetap bisa mempertahan sekaligus menjaga pelanggan lama agar tetap betah dengan pelayanan barang atau jasa yang anda sediakan. 

Komunikasi Lebih Personal

Manajemen hubungan pelanggan dari pihak ketiga membuat komunikasi anda dengan pelanggan menjadi lebih personal dan intim. Anda bisa menciptakan atau menyampaikan pesan yang sesuai dengan masing – masing pelanggan sehingga hubungan dengan pelanggan menjadi lebih kuat.

Kemudahan dalam Menghubungi Bisnis dari berbagai Channel

Keunggulan selanjutnya yaitu banyak pilihan dan kemudahan dalam menghubungi bisnis melalui berbagai channel. Sebagai contoh, tidak semua pelanggan anda memiliki semua akun social media yang dapat menghubungkan mereka dengan bisnis anda, barangkali hanya memiliki 1 platform familiar saja untuk berkomunikasi. 

Nah, dengan adanya Business Process Outsourcing  (BPO) ini, maka akan disediakan saluran komunikasi dalam satu platform yang dijamin memudahkan pelanggan mendapatkan pelayanan, jawaban, solusi dengan cepat dibandingkan dengan jenis komunikasi lain. 

Mengelola Umpan Balik dari Pelanggan

Umumnya pelanggan akan memberikan umpan balik baik itu berupa review bagus atau sebaliknya. Jika umpan balik tersebut banyak, maka akan sangat merepotkan bila dikelola sendiri tanpa adanya ahli di dalamnya terlebih bila waktunya sangat terbatas. 

Nah, anda tidak perlu khawatir lagi sebab manajemen hubungan pelanggan yang disediakan pihak BPO dapat membantu anda dalam mengelola umpan balik secara otomatis beserta memberikan insight berharga dari feedback yang diberikan. 

Memberikan Kepercayaan Penuh pada Bisnis

Semakin bertambahnya kepercayaan pelanggan pada bisnis yang anda jalankan, maka anda bisa memberikan umpan balik juga kepada mereka. Misalnya, pelanggan mendapat pesan promosi secara personal, dengan begitu mereka akan merasa bahwa dirinya benar – benar menjadi prioritas dan selalu diingat. 

Memeriksa Database Pelanggan 

Database pasti menyimpan banyak data berharga yang berhubungan dengan pelanggan bisnis anda. Namun, yang jadi pertanyaan apakah data tersebut dijamin masih relevan dan aman untuk digunakan saat ini?

Nah, dengan menggunakan BPO untuk manajemen hubungan pelanggan, maka database pelanggan anda akan dibersihkan serta diaudit secara berkala. Sehingga, anda dapat menyisihkan lebih banyak ruang untuk diisi dengan data lain yang lebih relevan. 

Otomatisasi dalam Meningkatkan Keuntungan

Terakhir, BPO menggunakan strategi otomatisasi dalam meningkatkan keuntungan bisnis. Sederhananya, semua pekerjaan administrative yang berulang dan tidak efektif akan dikerjakan dengan mudah oleh sistem manajemen hubungan pelanggan. Dengan begitu, anda dapat berfokus ke pekerjaan yang lebih penting lainnya. 

Nah demikianlah beberapa keunggulan BPO dalam meningkatkan manajemen hubungan pelanggan. Yuk tingkatkan pelayanan perusahaan anda dan tingkatkan indikator kepuasan pelanggan dengan menggunakan perusahaan BPO dari convergence.id. 

Kami menyediakan karyawan yang terampil, teknologi yang digunakan aman dan terkini, tak hanya itu kami juga menyediakan banyak layanan untuk menopang bisnis anda dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...